Doa Meminta Keselamatan Dunia dan Akhirat ~ Tuminesia - Media Inspirasi Bisnis Indonesia //-----Scripts Komen Facebook -------
//---------


Baru Terbit

Subscribe Tuminesia dan dapatkan inspirasi terupdate dari e-mailmu. Daftarkan di sini ↓

Doa Meminta Keselamatan Dunia dan Akhirat

26 November 2020

Kita sebagai muslim tentunya ingin diberi keselamatan oleh Allah Subhana wa Ta’ala. Bukan hanya ingin keselamatan di dunia saja tetapi juga keselamatan di akhirat kelak. Karena percuma saja kalau hanya selamat di dunia tapi tidak selamat di akhirat. 


Maka dari itu, kita diharuskan selalu memanjatkan doa selamat dunia akhirat setiap waktunya, terutama setelah melaksanakan sholat fardhu. 


Adab Berdoa Agar Cepat Dikabul


Doa Meminta  Keselamatan Dunia dan Akhirat


Agar doa terkabul maka kita harus mengetahui adab-adab berdoa terlebih dahulu. Karena bagaimanapun kita akan bermunajat pada Sang Pencipta. Kalau kita mau meminta sesuatu pada seseorang saja harus ada tata caranya, apalagi meminta sama Sang Khalik. Berikut adab berdoa yang baik agar doa terkabul:

  • Diawali Dengan Memuji Keagungan Allah, Bersholawat, dan Memohon Ampun


Dalam hal ini, anda bisa mengawali doa dengan membaca kalimat pujian kepada Allah. Seperti hamdalah, takbir, atau asmaul husna. Lalu dilanjutkan dengan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wassallam, sebagai Nabi dan Rasul utusan Allah yang menjadi suri tauladan bagi seluruh ummat muslim.


Hal ini disampaikan dalam sebuah hadits riwayat Ahmad dan Abu Daud, Rasulullah bersabda, “Apabila diantara kalian berdoa, hendaknya mengawalinya dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian hendaklah bersholawat kepada Nabi shallalahu ‘alaihi wassallam. Kemudian berdoalah kalian sesuai kehendak.” 


Sesudah memuji keagungan Allah dan sholawat kepada Nabi, selanjutnya anda memohon ampun kepada Allah. Anda dapat membaca doa untuk memohon ampun atas segala dosa yang sudah diperbuat. Tentunya Allah yang Maha Pemaaf, akan membuka pintu maafnya bagi hamba-hamba-Nya yang benar-benar bertaubat. 


  • Ketika hendak berdoa maka sebaiknya anda menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan.


Dalam hadits riwayat Muslim, dari Jabir radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wassallam saat berada di Padang Arafah, menghadap arah kiblat lalu berdoa kepada Allah hingga matahari tenggelam.


Selain itu, ada juga hadits riwayat Abu Daud dan At-Tirmizi, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kamu sekalian itu Malu dan Maha Memberi. Dua malu kepada hamba-Nya ketika hamba itu mengangkat tangan kepadanya namun kembali dengan tangan kosong.”


  • Khusyuk


Khusyuk merupakan salah satu adab dalam berdoa yang harus anda lakukan. Khusyuk ini artinya sebagai merendahkan hati, menyerahkan diri atau tunduk, dan menempatkan diri serendah-rendahnya dihadapan Allah Subhana wa Ta’ala.


Sikap khusyuk ini bukan hanya diterapkan saat sholat saja, namun juga ketika memanjatkan doa kepada Allah Subhana wa Ta’ala.


Berikut beberapa doa meminta keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. 


  • Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat


Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wal Fil Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaa Bannaar.


Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”. 


Allhumma Inna Nas’aluka Salaamatan Fiddiini Wadduna-Ya Wal Aaakhirah. Wa ‘Aafiya-Tan Fil Jasadi Wa shihhatan Fil Badani Wa Ziyaadatan Fil ‘Ilmi Wa Barakatan Fiirizqi Wa Taubatan Qablal Maut Warrohmatan ‘Indal maut Wa Maghfiratan Ba’dal Maut. Allahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaratil Maut Wan Najaata Minan Naari Wal ‘Afwa ‘Indal Hisab.


Artinya : “Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rizqi, bertaubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab”.