Cara Tenangkan Pikiran Agar Bebas Stres ala SehatQ.com ~ Tuminesia - Media Inspirasi Bisnis Indonesia //-----Scripts Komen Facebook -------
//---------


Baru Terbit

Subscribe Tuminesia dan dapatkan inspirasi terupdate dari e-mailmu. Daftarkan di sini ↓

Cara Tenangkan Pikiran Agar Bebas Stres ala SehatQ.com

11 October 2020



#Rekomendasi - Dalam berbisnis, sering kali masalah-masalah datang silih berganti. Mulai dari masalah internal sampai eksternal, semua menguras tenaga, pikiran, dan jadi beban hati.


Kalau sudah begini, kamu pasti penat. Biasanya jadi tidak fokus, suka marah-marah, atau bahkan lari dari masalah. Jangan begini ya sobat...


Lalu bagaimana?


Sebetulnya, ada banyak cara menenangkan pikiran agar emosimu bisa redam. Dari yang paling sederhana sampai butuh komitmen untuk melatihnya.


Nah kali ini, sebuah aplikasi kesehatan yang berafiliasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yaitu SehatQ.com, punya berbagai solusi untuk masalahmu itu.


Berikut cara-cara menenangkan pikiran ala SehatQ.com:


1. Cobalah Bersosialisasi


Kalau kamu sedang mumet, cobalah bersosialisasi dengan rekan-rekan sekantor atau sahabat-sahabatmu. Sekadar hang out di kedai kopi, atau pesta kecil-kecilan, bisa membuat masalahmu jadi terasa lebih ringan.


Kalau aku introvert gimana?


Ajaklah beberapa teman dekat saja. Kamu pasti suka itu. Dengan demikian, emosimu bisa redam dan kamu bisa berpikir lebih jernih.


2. Bantulah Orang Lain


Membantu orang lain bisa berdampak baik untuk pikiran dan emosimu. Tak perlu rumit-rumit, bantulah orang yang ada di sekitarmu atau orang-orang terdekatmu, seperti sahabat dan keluarga.


Membantu tidak hanya dalam bentuk tenaga dan materi, tapi kamu juga bisa membantu dalam bentuk saran atau sekadar mendengarkan sahabatmu yang sedang galau.


3. Berolahragalah


Tips ini memang klise, tapi yang klise biasanya benar. Olahraga bisa menenangkan pikiran karena tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang lebih banyak dan menurunkan kadar hormon kortison yang menjadi hormon stress.


Nggak cuma itu, olahraga juga bisa memperbaiki kualitas tidurmu. Sehingga keesokan harinya, kamu akan lebih bertenaga dan tenang dalam menghadapi masalah.


Beberapa olahraga yang disarankan SehatQ.com adalah jalan santai, menari, dan jogging.


4. Pakai Minyak Aromaterapi


Secara psikologis dan medis, aroma terapi, salah satunya dari minyak atsiri, seperti wangi lavender, mawar, sandalwood, sampai geranium, cukup ampuh untuk menenangkan pikiran. Aroma yang tidak menyengat, bisa meringankan rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur.


Salah satu cara menikmati aroma terapi yaitu dengan memasukkan minyak atsiri ke dalam diffuser yang telah diisi air. Kemudian, nyalakan diffuser tersebut dan aroma harum minyak atsiri memenuhi ruangan.


5. Kunyahlah Permen Karet


Mungkin tampak seperti anak remaja, tapi nyatanya, permen karet cukup ampuh menenangkan pikiran.


Menurut para ahli, orang yang mengunyah permen karet punya peluang stress lebih kecil sehingga jadi lebih tenang dalam menghadapi masalah.


6. Selesaikan Target-Target Kecil


Buatlah daftar prioritas, urutkan dari yang paling susah sampai mudah. Coba kerjakan dari yang paling mudah, maka kadar stressmu sedikit reda.


Stress bisa muncul dari banyaknya tugas yang menumpuk. Maka cepatlah selesaikan agar kamu bisa jauh lebih tenang.


7. Ikut Kelas Yoga


Yoga adalah cara yang cukup populer untuk menenagkan pikiran. Hal itu karena Yoga terbukti baik secara penelitian maupun praktik, efektif menjadi antidepresan untuk mereka yang sedang stress berat.


Manfaat yoga untuk ketenangan pikiran diklaim berkaitan dengan sistem saraf dan respons stress. Dengan begitu, kadar stress menurun, tekanan darah stabil, begitupun detak jantung.


Itulah beberapa tips dari SehatQ.com soal cara menenagkan pikiran agar bebas dari stress.


Solusi SehatQ lainnya? Cari dokter yang bisa diajak konsultasi online? Cek SehatQ.com


Kalau kamu ingin beragam info kesehatan lainnya, kamu bisa memakai SehatQ.com sebagai refrensi terbaikmu.


Hal ini karena SehatQ.com sudah terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan didukung 34,104 dokter.


Aplikasi ini membantu kamu untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. Berbagai tips pencegahan, sampai solusi pengobatan dan perawatan setelah sembuh tersedia di sini.


Tim SehatQ berkomitmen untuk memberikan saran terbaik untuk setiap orang. Hal itu karena mereka percaya, setiap individu punya kebutuhan masing-masing, tergantung keluarga, lingkungan, dan kondisi.


Penasaran? Kunjungi SehatQ.com atau langsung unduh aplikasinya di ponsel pintarmu dengan klik logo di bawah ini: