Skill Wajib Sebelum Memasuki Dunia Kerja, Salah Satunya Bahasa Inggris ~ Tuminesia - Media Inspirasi Bisnis Indonesia //-----Scripts Komen Facebook -------
//---------


Baru Terbit

Subscribe Tuminesia dan dapatkan inspirasi terupdate dari e-mailmu. Daftarkan di sini ↓

Skill Wajib Sebelum Memasuki Dunia Kerja, Salah Satunya Bahasa Inggris

26 October 2020


Karena kita berada di tengah-tengah dampak transformatif Revolusi Industri Keempat, sekaranglah waktunya untuk mulai mempersiapkan masa depan pekerjaan.


Bahkan hanya lima tahun dari sekarang, lebih dari sepertiga keterampilan yang kami yakini penting bagi tenaga kerja saat ini akan berubah menurut Laporan Pekerjaan Masa Depan dari Forum Ekonomi Dunia.


Inovasi teknologi yang serba cepat berarti bahwa sebagian besar dari kita akan segera berbagi tempat kerja dengan kecerdasan buatan dan bot, jadi bagaimana kamu agar bisa tetap terdepan?


Mulailah dengan mengadopsi komitmen untuk belajar seumur hidup sehingga kamu dapat memperoleh keterampilan yang kamu perlukan untuk berhasil di tempat kerja di masa depan.


1. Kreativitas


Pekerja manusia di masa depan harus kreatif untuk sepenuhnya menyadari manfaat dari semua hal baru untuk masa depan — produk, cara kerja, dan teknologi baru. Robot saat ini tidak dapat bersaing dengan manusia dalam hal kreativitas. Tempat kerja masa depan akan menuntut cara berpikir yang baru, dan kreativitas manusia adalah kuncinya.


2. Kecerdasan Emosional (EQ)


Kemampuan seseorang untuk menyadari, mengontrol dan mengekspresikan emosi mereka sendiri serta menyadari emosi orang lain menggambarkan kecerdasan emosional mereka.


Kamu menunjukkan kecerdasan emosional yang tinggi jika kamu memiliki empati, integritas, dan bekerja dengan baik dengan orang lain. Mesin tidak dapat dengan mudah menggantikan kemampuan manusia untuk terhubung dengan manusia lain, sehingga mereka yang memiliki EQ tinggi akan banyak dicari.


3. Bahasa Asing


Ya, saat ini memiliki kemampuan lebih dalam menguasai bahasa asing akan membuatmu mendapatkan poin yang lebih, karena dalam dunia pekerjaan kamu harus bisa berkomunikasi dengan siapapun. Terlebih lagi jika kamu menginginkan bekerja di kantor berkelas internasional.


Paling tidak kamu dapat menguasau bahasa Inggris yang merupakan bahasa dunia. Skill ini dapat diasah dengan berlatih dan mengikuti kursus bahasa Inggris. Tidak perlu malu untuk belajar, karena sekarang pun banyak dibuka kelas kursus bahasa inggris untuk karyawan karena di dorong dengan kebutuhan penguasaan bahasa Inggris di dunia kerja.


4. Berpikir Analitis (kritis)


Seseorang dengan keterampilan berpikir kritis dapat menyarankan solusi dan ide inovatif, memecahkan masalah kompleks menggunakan penalaran dan logika, serta mengevaluasi argumen. Langkah pertama dalam berpikir kritis adalah menganalisis aliran informasi dari berbagai sumber.


Setelah mengamati, seseorang yang merupakan pemikir analitis yang kuat akan mengandalkan penalaran logis daripada emosi, mengumpulkan pro / kontra dari suatu situasi dan berpikiran terbuka untuk solusi terbaik. Orang dengan pemikiran analitik yang kuat akan dibutuhkan untuk menavigasi pembagian kerja manusia / mesin.