Resep Kue Tradisional yang Mudah dan Dijamin Enak ~ Tuminesia - Media Inspirasi Bisnis Indonesia //-----Scripts Komen Facebook -------
//---------


Baru Terbit

Subscribe Tuminesia dan dapatkan inspirasi terupdate dari e-mailmu. Daftarkan di sini ↓

Resep Kue Tradisional yang Mudah dan Dijamin Enak

13 August 2020

Resep Kue Tradisional yang Mudah dan Dijamin Enak


#Intermezzo - Kue memang menjadi sajian yang pas ketika ada acara di rumah. jika kue bolu atau tart biasanya cocok untuk acara ulang tahun. Maka untuk acara yang lebih formal, anda bisa memilih kue tradisional.


Kue tradisional juga akan memberikan kesan Indonesia dan lebih epic. Kue tradisional sendiri banyak sekali. Dari satu daerah di Indonesia saja, kue tradisinal banyak sekali.


Namun ada beberapa kue tradisional yang sudah umum diketahui dan banyak yang suka. Cara pembuatan kue tradisional bahkan lebih mudah daripada kue modern biasanya. Berikut resep kue tradisional yang bisa anda buat di rumah untuk menu cemilan.


1. Lemper


Resep Kue Tradisional yang Mudah dan Dijamin Enak - media inspirasi indonesia lemper

Kue tradisional yang satu ini terbuat dari ketan dan ada isi ayam atau daging. Kue lemper yang akan kita buat adalah isi ayam. Bahan yang dibutuhkan adalah ketan putih 500 gram, ayam 500 gram, bawang putih 5 siung, merica dan garam. Anda juga membutuhkan daun pisang untuk membungkus lemper.


Cara membuat lemper yang pertama harus anda lakukan adalah dengan membuat isian lemper. Rebus ayam terlebih dahulu lalu anda suwir dengan tangan. Setelah itu sisihkan dalam wadah. Selanjutnya anda haluskan bawang putih dan merica. Tumis kemudian bumbu dengan minyak dan tambahkan garam. Masukan ayamnya dan beri air sedikit. Lalu masak hingga airnya kering.


Setelah itu kukus ketan hitam yang sudah diaduk dengan garam. Setelah matang masukan sesuai potongan daun pisang. Lalu isi dengan isian ayamnya. Bungkus lagi dan sajikan.


2. Bakwan Udang


Resep Kue Tradisional yang Mudah dan Dijamin Enak - media inspirasi indonesia bakwan udang


Kue tradisional yang selanjutnya adalah bakwan udang yang gurih. Bahan yang anda butuhkan dalam membuat bakwan udang adalah udang berukuran sedang segar 250 gram, tepung terigu 1 Kg, labu siam, kol, dan wortel. Bumbunya anda siapkan bawang putih dan garam


Parut wortel dengan parutan yang menghasilkan hasil parutan yang memanjang. Selanjutnya iris wortel dan labu siam. Taruh tepung terigu pada wadah besar lalu berikan air hingga tekturnya mengental. Masukkan bumbu bawang putih dan garam yang telah dihaluskan.


Setelah itu masukan sayuran ke dalamnya. Dan aduk lagi hingga tercampur semuanya. Setelah itu ambil centong sayur yang dari besi dan ambil adonan bakwan.


Tambahkan udang di atasnya lalu goreng dengan adonan tetap pada centong sayur. Sehingga hasilnya akan tercetak layaknya bentuk centok sayur yaitu bulat memipih.


3. Kue Lumpur


Resep Kue Tradisional yang Mudah dan Dijamin Enak - media inspirasi indonesia kue lumpur


Kue yang satu ini bukan berarti menggunakan lumpur. Kue ini dinamakan kue lumpur karena ketika digigit sangat lembut dan buyar di mulut. Bahan yang anda butuhkan untuk membuat kue lumpur adalah tepung terigu, kentang beberapa buah, mentega, gula, pasta kuning dan garam.


Untuk toppingnya anda siapkan kismis. Anda juga sebaiknya punya cetakan kue lumpur yang bentuknya sepertu cetakan kue cubit atau takoyaki.


Hal pertama adalah blender kentang hingga halus. Lalu masukan juga tepung terigu dan air secukupnya. Masukkan mentega cair, pasta kuning dan garam. Kemudian taruh cetakan kue lumpur di atas kompor.


Masukan adonan kue ke dalam masing-masing cetakan kue. Masak dengan api kecil dan tutup. Setelah setengah matang, masukkan kismis ke atas kue lumpurnya. Sajikan lumpur di atas piring yang cantik. Kue lumpur ini bisa anda ganti topingnya dengan kurma jika anda mau. Topping keju juga enak.