Kisah Singkat Maybelline New York, Brand Makeup Keluarga yang Mendunia ~ Tuminesia - Media Inspirasi Bisnis Indonesia //-----Scripts Komen Facebook -------
//---------


Baru Terbit

Kisah Singkat Maybelline New York, Brand Makeup Keluarga yang Mendunia

01 July 2020


#Profil #Brand - Berdirinya Maybelline New York diawali dengan eksperimen. Pemilik Maybelline saat itu, Mabel Williams, mengombinasikan Vaseline dengan bubuk batu bara untuk bulu matanya. Perempuan asal Chicago, Amerika Serikat, itu sengaja mencampurkan bahan-bahan itu agar bulu matanya tampak lebih tebal dan hitam.

Ternyata hasilnya pun bagus. Melihat itu, Tom Lyle Williams, selaku adik Mabel William, terkagum-kagum. Ia langsung punya ide liar, yaitu membuat maskara menggunakan bahan-bahan kimia yang dinamakan lash-in-brow-line.

Bahan racikan Tom dan Mabel itu pun teracik dengan baik sehingga mereka berani mendirikan perusahaan bernama "Maybelline" disertai laboratorium khusus bernama Maybell Laboratorium. Nama itu dipilih karena menghargai ide awal dari Mabel Williams.

Eksperimen itu juga yang menjadi cikal bakal maskara pertama Maybelline New York, Maybelline Cake Mascara.

Tak heran bila produk yang diunggulkan merupakan maskara."Produk kami unggul seperti Hypercurl dan Magnum Mascara yang telah menginspirasi jutaan wanita di seluruh dunia," kata Monika Ardianti, Bussines Unit Manager Maybelline Indonesia.

Kemunculan Maybelline ternyata mendapat respon baik dari para perempuan di Amerika Serikat. Pembelian terus bertambah hingga pada 1930, perusahaan keluarga itu mulai menjual ke toko-toko lokal. Semenjak itu, produk-produk kosmetik pun mulai bertumbuhan.

Tahun 1971, tepatnya setengah abad setelah berdirinya Maybelline, dunia kosmetik mulai berevolusi. Saat itu juga, Maybellin mulai memunculkan Lash Mascara dengan kemasan yang dominan berwarna pink dan hijau.

Pertumbuhan Maybelline didukung oleh para selebriti dan make-up enthusiast di dunia. Hingga pada 2009, Maybelline meluncurkan BB Cream pertama di Asia dan foundation yang tahan lama.

Maybelline New York, Brand Makeup Keluarga yang Mendunia


Tom Lyle Williams (kiri) dan kakaknya Mabel (kanan) [Source: dnainfo.com/ Provided/Sharrie Williams]



Sejak saat itu, jutaaan wanita di seluruh dunia jatuh cinta dengan Maybelline karena formulanya unik, segar, dan efektif karena ada 8 keunggulan dalam 1 kemasan.

Tak hanya BB Cream, Maybelline juga menyentuh kosmetik untuk produk bibir. Dalam kategori ini, mereka memperkenalkan warna-warna yang variatif. Bahkan pada 2009, mereka merilis koleksi warna Array yang terbagi menjadi empat kelompok, agar setiap wanita mudah mengidentifikasi warna sesuai keiinginan.

Pada tahun itu juga, Maybelline New York melebarkan sayapnya di Amsterdam, Berlin, dan Moskow. Mereka meraih produk makeup yang paling diminati saat itu dalam acara yang disponsori oleh Mercedes Benz Fashion Week.

Semenjak saat itu, Maybelline mulai rutin menggelar pamerah fashion untuk tren kecantikan tiap musimnya.

Pada 2012, Maybelline merilis cat kuku dengan tekstur yang edgy dan unik, sehingga membuat para pecinta fashion begitu antusias untuk menggunakannya.

Seabad usianya, pada 2015, Maybelline New York merilis foto-foto makeup sepuluh dekade belakangan dan mengampanyekan kalau para perempuan bisa tampil cantik dengan makeup tanpa rasa sungkan.




Maybelline juga menegaskan peran spokesperson pertamanya yaitu supermodel Christy Turlington. Sebagai spokesperson internasional pertama, Christy memang identik sekali dengan Maybelline.

Christy yang dijuluki 'Queen of New York Inspiration' itu memang punya kepribadian yang kuat dan positif. Ia memang sudah lama mengajak para perempuan untuk tampil percaya diri dnegan kelebihannya masing-masing.

Kalau di Indonesia, Maybelline New York memilih Velove Vexia dan Eva Celia sebagai brand ambassador.

#MAKEITHAPPEN


Dengan kemewahan dan energi yang dibawa Maybellin edari New York City, para perempuan di seluruh dunia lebih berani untuk mengekspresikan diri. Teknologi mereka semakin berkembang dan nama brand mereka juga semakin dikenal bahkan dicintai.

Mereka pun membuat campaign khusus dengan tajuk #MAKEITHAPPEN. Mereka percaya kalau setiap wanita bisa membuat langkah nyata dengan tampil maskimal setiap hari.