Fungsi Load Bank Terhadap Operasional Industri yang Berkelanjutan ~ Tuminesia - Media Inspirasi Bisnis Indonesia //-----Scripts Komen Facebook -------
//---------


Baru Terbit

Subscribe Tuminesia dan dapatkan inspirasi terupdate dari e-mailmu. Daftarkan di sini ↓

Fungsi Load Bank Terhadap Operasional Industri yang Berkelanjutan

21 July 2020
Fungsi Load Bank Terhadap Operasional Industri yang Berkelanjutan


Dalam rangka menjalankan operasional industri yang berkelanjutan dan seimbang, maka sebuah industri skala besar membutuhkan backup atau cadangan listrik yang selalu siap ketika kondisi genting.

Oleh sebab itulah penggunaan load bank bagi industri besar dibutuhkan untuk mengontrol listrik dalam satu sistem seperti yang dibahas di https://sewatama.com/mengenal-ragam-manfaat-load-bank-untuk-operasional-industri/.

Kondisi genting kelistrikan biasanya terkait dengan adanya masalah dalam hal transmisi listrik dari PLN yang membuat aliran listrik terganggu. Selain itu beban operasional industri cukup dinamis karena bergantung dari alat yang sedang dioperasikan.

Fungsi Load Bank untuk Mendukung Operasional Industri Berkelanjutan

Keberadaan load bank akan membantu agar aliran listrik tetap mengalir dengan stabil. Perangkat ini memiliki fungsi untuk mengembangkan beban listrik agar beban operasional bisa dikontrol dari satu sistem saja. Berikut adalah fungsi load bank untuk industri:

1. Mendukung Pengujian Sinkronisasi Mesin


Fungsi Load Bank Terhadap Operasional Industri yang Berkelanjutan


Uji sinkronisasi mesin dalam sebuah perusahaan dilakukan secara rutin untuk mengetahui performa setiap mesin kelistrikan tersebut. Load bank memiliki fungsi untuk memastikan agar pengujian sinkronisasi mesin dapat berjalan secara lancar sehingga tidak mengganggu asupan listrik untuk operasional industri.

Oleh sebab itu sebelum memulai uji sinkronisasi mesin maka load bank akan diatur terlebih dahulu sesuai kebutuhan.

2. Menguji Beban Kinerja Generator


Fungsi Load Bank Terhadap Operasional Industri yang Berkelanjutan


Pada industri skala besar, biasanya peralatan yang membutuhkan asupan listrik besar namun tidak digunakan secara kontinu akan mendapat asupan listrik dari generator. Sebagai contoh crane akan menggunakan generator sebagai asupan listriknya. Namun, penggunaan generator untuk memasok listrik ke beban besar akan membuat generator mengalami overspeed.

Generator yang mengalami overspeed akan membuat beban kejut menghilang mendadak. Untuk itulah load bank berfungsi untuk menguji beban alat berat tersebut terlebih dahulu agar penggunaan generator bisa lebih tepat.

Jika Anda membutuhkan load bank untuk kebutuhan industri, maka perusahaan Sewatama menawarkan layanan penyewaan load bank dengan harga yang kompetitif serta kualitas yang sudah dipastikan sesuai untuk industri utility.

Sewatama adalah perusahaan yang memiliki pengalaman dalam bidang industri kelistrikan selama lebih dari 27 tahun di Indonesia. Ada banyak produk yang ditawarkan oleh Sewatama seperti sewa genset, maintenance peralatan listrik industri dan sebagainya.