3 Tips Penting Agar Mendapatkan Tiket Pesawat Terjangkau ~ Tuminesia - Media Inspirasi Bisnis Indonesia //-----Scripts Komen Facebook -------
//---------


Baru Terbit

Subscribe Tuminesia dan dapatkan inspirasi terupdate dari e-mailmu. Daftarkan di sini ↓

3 Tips Penting Agar Mendapatkan Tiket Pesawat Terjangkau

02 March 2020
3 Tips Penting Agar Mendapatkan Tiket Pesawat Terjangkau


Dengan kenaikan harga tiket pesawat, semakin banyak orang mencari cara untuk mendapatkan tiket murah.

Untuk menghindari pembayaran tiket yang berlebihan, mulailah mencari setidaknya 2 bulan sebelumnya, dan daftarkan diri anda dengan subscription pada beberapa website penyedia tiket pesawat agar Anda akan selalu diberi tahu saat harga penerbangan turun.

Sebagai contoh jika anda ingin melakukan penerbangan dari Surabaya ke Jakarta, anda bisa langsung mengunjungi website Blibli.com untuk membeli tiket pesawat Surabaya Jakarta dengan harga yang terjangkau karena beberapa website e-commerce seringkali menyediakan diskon yang menguntungkan.

1. Mulailah mencari tiket domestik setidaknya 6 minggu sebelumnya.


3 Tips Penting Agar Mendapatkan Tiket Pesawat Terjangkau


Jika Anda merencanakan penerbangan domestik, sebaiknya mulai mencari tiket sekitar satu setengah bulan sebelumnya. Lanjutkan memeriksa setiap minggu untuk mengetahui apakah tiket lebih murah hingga Anda melakukan pembelian. Jika Anda berencana melakukan penerbangan internasional, mulailah mencari tiket Anda sekitar 20-24 minggu sebelumnya.

Tidak ada gunanya bagi Anda untuk mencari tiket lebih dari 6 minggu (untuk domestik) atau 24 minggu (untuk internasional) terlebih dahulu karena harga tiket dapat berfluktuasi secara luas sebelum Anda benar-benar melakukan pembelian.

Mencari penerbangan internasional 24 minggu sebelumnya mungkin terlihat seperti waktu yang lama, tetapi maskapai menaikkan harga penerbangan internasional mereka beberapa minggu sebelum mereka menaikkan biaya penerbangan domestik.

2. Beli tiket penerbangan minimal 2 minggu sebelum jadwal terbang.


3 Tips Penting Agar Mendapatkan Tiket Pesawat Terjangkau


Idealnya, untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah adalah 2-4 minggu sebelum Anda berencana untuk terbang. Sebagian besar maskapai penerbangan akan menaikkan harga tiket mereka kurang dari 14 hari sebelum penerbangan. Ini sangat penting jika Anda terbang selama waktu perjalanan yang sibuk.

Misalnya, Saat masa liburan panjang sekolah atau sebelum pertengahan tahun, karena harga penerbangan kadang-kadang bisa dua atau tiga kali lipat ketika mendekati tanggal penerbangan. Jika Anda terbang secara internasional, rencanakan untuk mulai mencari lebih jauh di awal, karena penerbangan internasional lebih mahal. Rencanakan untuk membeli tiket setidaknya 3 bulan sebelum Anda terbang.

Jika Anda menunggu sampai 1 minggu sebelum terbang, Anda akan terjebak membeli tiket yang sangat mahal, bahkan jika Anda terbang dengan maskapai murah sekalipun. Jika Anda lupa membeli tiket Anda 2-3 minggu sebelum hari penerbangan Anda, opsi terbaik berikutnya adalah menunggu untuk membeli tiket hingga kurang dari 24 jam sebelum penerbangan Anda.

Maskapai penerbangan akan sering menurunkan harga tiket secara drastis untuk mengisi semua kursi di pesawat. Namun, jika Anda menunggu hingga menit terakhir, Anda dapat mengetahui bahwa tiketnya telah terjual habis, atau bahwa satu-satunya tiket yang tersisa sangat mahal.

3. Jadwalkan keberangkatan Anda untuk pertengahan minggu atau Sabtu.


3 Tips Penting Agar Mendapatkan Tiket Pesawat Terjangkau


Maskapai penerbangan umumnya melepaskan penjualan untuk rute tertentu pada Senin malam karena mereka ingin biro perjalanan menangkap angin penjualan di awal minggu. Pesaing mencocokkan penawaran pada Selasa pagi, yang menyebabkan maskapai penerbangan menurunkan biaya penerbangan.

Jadi, kesempatan terbaik Anda untuk mendapatkan penawaran murah adalah mencari penerbangan yang berangkat pada hari Selasa, Rabu, atau Sabtu. Jumat dan Minggu cenderung menjadi hari perjalanan domestik paling mahal, jadi hindari membeli tiket untuk hari-hari ini.

Jika Anda terbang secara internasional, terbang di hari kerja hampir selalu lebih murah daripada terbang di akhir pekan.

Tentu saja, strategi ini tidak 100% efektif. Sebaiknya lakukan pencarian sepintas lalu untuk rute tertentu yang menarik pada beberapa hari dalam seminggu (termasuk akhir pekan). Dengan begitu Anda memiliki gagasan tentang berapa harga tiket dan Anda dapat mengidentifikasi penjualan saat itu muncul.