Peran Penting Manajer Investasi, Apa Saja itu? ~ Tuminesia - Media Inspiratif Indonesia //-----Scripts Komen Facebook -------
//---------


Baru Terbit

Peran Penting Manajer Investasi, Apa Saja itu?

10 January 2020
Peran Penting Manajer Investasi terbaik


Berinvestasi sejak usia muda memang sangat dianjurkan. Hal ini mengingat bermanfaatnya investasi untuk kesejahteraan hidup di masa depan. Produk investasi yang bisa Anda pilih sekarang cukup beragam salah satunya adalah reksadana. Di reksadana maka Anda akan menemui dan membutuhkan seorang manajer investasi (MI).

Manajer investasi merupakan pihak yang akan membantu Anda mengelola dana investasi hingga mendapatkan keuntungan yang berlipat. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi khususnya di reksadana maka Anda wajib mengetahui secara pasti peran penting seorang manajer investasi terbaik. Berikut peran pentingnya MI:

1. Mengelola dana investasi


Pertama kali yang akan Anda lakukan ketika berinvestasi tentu saja menyiapkan dana yang digunakan untuk investasi. Dana yang terkumpul dari investor kemudian akan dikelola oleh manajer investasi sedemikian rupa untuk selanjutnya diinvestasikan ke berbagai instrumen seperti deposito, surat berharga, obligasi dan lain sebagainya. Nantinya akan menjadi portofolio investasi ataupun portofolio efek.

Baca Juga: Tips Sejahtera dengan Gaji UMP Jakarta

Keputusan dalam mengelola inilah yang merupakan peran seorang manajer investasi. Kelihaian dalam mengelola merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki seorang MI.

2. Menghitung dan melaporkan secara berkala kepada investor

Peran Penting Manajer Investasi laporan berkala


Sembari mengelola, manajer investasi juga memiliki peran wajib untuk menghitung sekaligus melaporkan perkembangan dana investasi secara berkala kepada investor. Dengan begitu, investor bisa mengetahui secara pasti perkembangan investasi serta berapa keuntungan yang mungkin akan didapat.

Selain itu, dari transparansi laporan ini juga investor bisa menilai kinerja manajer investasi. Umumnya, Anda bisa menilai bagaimana kinerja seorang manajer investasi ketika sudah 3 bulan lamanya Anda mempercayakan investasi kepadanya.

3. Menganalisa kelayakan investasi


Peran seorang manajer investasi selanjutnya adalah mampu menganalisa kelayakan investasi yang dilakukan baik sebelum maupun sesudah investasi berjalan. Ini penting untuk mengetahui secara pasti layak tidaknya instrumen yang digunakan karena berkaitan erat dengan besar kecilnya keuntungan yang akan didapat.

Baca Juga: Alasan Mengapa Milenial Harus Nabung Saham

Bingung untuk memilih MI yang terpercaya? Memilih Tanamduit adalah solusinya. Tanamduit sendiri merupakan platform digital yang telah dipercaya banyak nasabah untuk berinvestasi. Bagi Anda yang pemula jangan khawatir, Anda akan dibantu sampai bisa oleh ahlinya.

Selain itu, Tanamduit juga telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa keuangan (OJK) sehingga sudah pasti aplikasi ini sangat aman dan terpercaya untuk berinvestasi. Tidak hanya itu, di Tanamduit Anda juga bisa memilih asuransi kesehatan yang bagus dengan premi yang murah.

Bagaimana tertarik untuk bergabung? Segera download aplikasinya atau bisa mengunjungi https://id.tanamduit.com/