Baru Terbit

Download Video Youtube Menggunakan Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox

23 November 2019
cara download video youtube pakai chrome mozilla firefox


Dari kaum millenials hingga ibu rumah tangga pasti pernah mendengar tentang platform social media bernama Youtube. Youtube merupakan perusahaan penyedia jasa streaming video terbesar yang ada di dunia, perusahaan yang berada di California ini lahir pada tahun 2005.

Berdasarkan data yang didapatkan dari omnicoreagency.com pada tahun 2019 Youtube berhasil meraih pencapain berupa 1 trilliun jam per hari viewers Youtube di seluruh dunia mengakses video-video yang berada di Youtube.

Dari Indonesia sendiri Youtube merupakan salah satu kebutuhan primer dalam bersosial media, Youtube merupakan tempat pertama yang ada di pikiran masyarakat luas ketka mereka ingin mengakses video edukatif berupa ragam tutorial atau hanya sekedar mencari hiburan semata dengan cara menonton rilis video terbaru dari content creato favorit mereka.

Namun youtube pun memiliki suatu permasalahan dalam mengakses website tersebut, yang menjadi suatu permasalahan adalah membutuhkan sinyal yang kuat dan kuota yang cukup banyak untuk mengakases Youtube, satu video saja dengan durasi 5 menit dan kualitas 720p atau HD membutuhkan kuota sekitar 70 megabyte. Dari data ini saja bisa dikatakan masyarakat akan banyak mengalami pemborosan kuota ketika menjadikan youtube sebagai konsumsi sehari-hari.

cara download video youtube pakai chrome mozilla firefox


Jika kita mengakses Youtube via laptop dan untuk mengkoneksikan laptp ke internet menggunakan tethering dari smartphone maka pemborosan kuota adalah hal yang mutlak yang akan di alami.

Untuk memprevenifkan pemborosan kuota maka alangkah baiknya jika memiliki video yang kita sukai di Youtube downloadlah video tersebut agar dapat tersimpan, entah menggunakan wifi kampus, kuota tengah malam, atau koneksi internet gratis dari coffee shop segala macam upaya tersebut dapat menghemat kuota anda. Anda download video di Youtube melalui koneksi Cuma-Cuma, save di internal memory laptop anda, dan nikmati video yang telah anda download.

Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang cara mendownload video Youtube, maka dari itu, artikel ini dapat digunakan sebagai petunjuk anda agar anda dapat mengetahui cara mendownload video yang ada di Youtube, simak step-step berikut ini.


1. Menggunakan Google Chrome

cara download video youtube pakai chrome mozilla firefox
By Jon Xavier Google Chrome

  • Pertama anda harus mendownload suatu add-on bernama “Professional Video Downloader” di Google Chrome Webstore.
  • Selanjutnya download add-on tersebut dan tambahkan sebagai ekstensi dari Google Chrome anda
  • Buka halaman Youtube dan pilih video yang hendak di download 
  • Klik pada icon Youtube downloader yang sudah di install dan proses mendownload video tersebut akan segera dimulai

2. Menggunakan Mozilla Firefox


Download Video Youtube Menggunakan Browser Google Chrome dan Mozilla Firefox
sumber: blog.mozilla.org

  • Pertama, buka browser Mozilla Firefox dan klik CRTL + SHIFT + A untuk membuka menu add on 
  • Cari add on bernama “Easy Youtube Video Downloader Ekspress” lalu download add-on tersebut agar dapat ditambahkan ke browser 
  • Buka Youtube dan pilih video yang ingin di download, setelah add on “Easy Youtube Video Downloader Ekspress” maka akan muncul tombol tamabahan di samping tombol subscribe 
  • Klik tombol tambahan tersebut dan download as lalu pilih resolusi dan jenis video sesuai dengan kebutuhan anda
  • Akan muncul pop up tambahan, kamu klik save as, dan video pun akan segera memulai untuk di download


Setalah anda membaca artikel ini besar harapan penulis agar anda sekarang sudah mengetahui tentang cara mendownload video youtube, tanpa menggunakan software atau hanya bermodalkan browser yang ada di laptop anda, anda pun dapat mecari cara download video youtube yang anda sukai dari Youtube.


No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!