Baru Terbit

Seperti inilah Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Bunda Persiapkan

02 September 2019
perlengkapan bayi baru lahir


Proses persalinan merupakan hal yang paling mendebarkan sekaligus membahagiakan bagi para calon ayah ibu. Ya, terang saja demikian, sebab momen tersebut merupakan pertanda bahwa sebentar lagi mereka akan dikaruniai seorang anak. Berbagai persiapan pun telah diupayakan untuk menyambut kehadiran sang buah hati ke dunia.

Akan tetapi, ternyata masih ada saja diantara para orangtua yang belum terlalu paham tentang perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan. Tapi bunda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan membahas seputar perlengkapan bayi yang baru lahir. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Perlengkapan Baju Bayi


- Sediakan baju lengan pendek dan lengan panjang, agar dapat dipakai sesuai dengan kondisi. Khusus bayi yang baru lahir, sebaiknya menggunakan jumper.

- Cermati bahan dan model bajunya, disarankan untuk memilih baju yang bahannya tidak panas.

- Usahakan untuk tidak memilih baju yang gambar-gambar jahitannya menembus ke dalam, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Disamping itu, baju dengan gambar tersebut tidak akan membuat si kecil nyaman saat memakainya.

2. Perlengkapan Celana Bayi


- Bisanya, celana pendek lebih diperlukan ketimbang celana panjang. Namun, bukan berarti juga bahwa celana panjangnya tidak dipersiapkan ya!

- Saat membeli celana, jangan memilih celana yang karetnya terlalu kencang.

3. Perlengkapan Kaus Kaki Bayi

- Pastikan bahwa kaus kakinya terbuat dari bahan yang nyaman, dan memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

- Terdapat tiga hal yang menentukan kenyamanan kaus kaki yakni motif, elastisitas, dan ukuran.

4. Perlengkapan Sarung Tangan Bayi

- Pilihlah sarung tangan bayi yang terbuat dari bahan katun, agar tidak panas dan nyaman saat dipakai.
- Sarung tangan tersebut hanya digunakan saat cuaca dingin, dan jangan digunakan saat cuaca sedang panas.

5. Perlengkapan Topi Bayi

- Sebenarnya topi bayi ini memang tidak diwajibkan untuk bunda beli. Namun, topi tersebut sangat bermanfaat ketika bunda mengajaknya berpergian.

6. Perlengkapan Popok Bayi

- Siapkan popok bayi dan popok kain, usahakan untuk memilih popok yang berpori-pori agar dapat menyerap dengan sempurna.

7. Perlengkapan Baby Wipes (Tisu Basah Khusus Bayi)

- Sama halnya dengan topi, dimana tisu basah khusus bayi ini sangat berguna ketika bunda mengajaknya berpergian ke luar rumah.

8. Botol susu

- Usahakan untuk selalu membersihkan botol susu, dikarenakan bayi masih rentan terhadap virus yang menempel pada botol susu kotor.

9. Perlengkapan Sabun Bayi

- Usahakan untuk tidak memilih sabun bayi yang aromanya terlalu menyengat. Pasalnya, sabun yang beraroma menyengat tersebut mengandung bahan kimia yang tidak bagus untuk kulit bayi.

- Selain itu, hindari pula sabun yang tidak menciptakan ekstra busa, anti bakteri, dan tidak mempunyai kandungan pelembap yang baik.

10. Shampoo Bayi

- Pilihlah shampoo bayi yang merk terkenal, agar tidak perih di mata.

11. Handuk Bayi

- Pastikan bahwa handuk bayi tersebut berbahan halus dan lembut.

12. Body Lotion Bayi

- Pilihlah body lotion bayi yang sesuai dengan usianya, dan pastikan juga produk tersebut tidak memiliki kandungan iritan.

Itulah beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan. Dengan mengetahui semua perlengkapan bayinya, tentu saja bunda juga dapat menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan.

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!