Baru Terbit

Pengajuan Klaim Asuransi Ditolak? Ini Kemungkinan Alasannya

15 September 2019



Ada cukup banyak perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang siap membantu siapa saja untuk meminimalisir potensi kerugian akibat suatu risiko. Sayangnya, pengurusan klaim terkadang dianggap sebagai hal yang sulit dan ini justru menjadi momok bagi para pemegang polis asuransi. Bahkan, akibat sulitnya pengurusan klaim ini, tidak sedikit orang yang enggan membeli polis asuransi.

Tentunya, sulitnya pengurusan klaim bukan tanpa alasan karena memang semuanya sudah ada dalam kesepakatan antara nasabah yang memegang polis asuransi dengan perusahaan asuransi. Jadi memang perusahaan asuransi tidak akan sembarangan menolak pengajuan klaim tersebut. Kalaupun ditolak, tentu ada alasan yang kuat dan beberapa diantaranya disebutkan di bawah ini.

Kemungkinan Alasan Kenapa Klaim Asuransi Ditolak


1. Wilayah Terjadinya Risiko yang Tidak Termasuk dalam Kesepakatan




Dalam polis terkadang juga disebutkan bahwa klaim hanya akan dilayani apabila risiko terjadi di suatu wilayah tertentu. Jadi, semisal ada orang yang ikut asuransi jiwa di Indonesia dan polis juga menyebutkan bahwa klaim cuma bisa diajukan jika yang bersangkutan meninggal di Indonesia, maka klaim jelas akan ditolak apabila orang tersebut meninggal di luar negeri.

2. Adanya Unsur Kebohongan




Terkadang ada pemilik polis atau justru ahli warisnya yang melakukan sabotase atau tindakan tertentu secara sengaja supaya klaim asuransinya disetujui. Ini dinamakan dengan kejahatan asuransi dan jika memang terbukti bahwa suatu risiko itu terjadi karena kecurangan, maka pihak perusahaan asuransi jelas akan menolak pengajuan klaimnya.

3. Pemegang Polis Asuransi Melakukan Pelanggaran Hukum



Klaim asuransi juga akan ditolak apabila pemegang polis yang bersangkutan melakukan pelanggaran hukum. Contohnya, ada orang yang mengasuransikan mobilnya dengan asuransi all risk. Tapi kemudian mobil tersebut mengalami kecelakaan akibat melanggar lalu lintas. Pengajuan klaim yang seperti ini juga jelas akan ditolak oleh perusahaan asuransi.

4. Dokumen Klaim yang Tidak Lengkap




Klaim juga akan otomatis ditolak apabila dokumen-dokumen yang diperlukan tidak lengkap. Jadi, untuk Anda yang mengikuti dan telah membayar premi asuransi kesehatan Generali atau yang lainnya, wajib untuk melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan sebelum mengajukan klaim supaya klaim tidak ditolak.

Selain keempat hal di atas, masih banyak alasan lain yang menguatkan perushaan asuransi untuk menolak sebuah klaim. Karenanya, setiap pemilik polis asuransi wajib mencermati apa saja syarat, ketentuan dan kondisi yang bisa membuat klaimnya disetujui atau ditolak, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!