Baru Terbit

Cara membuat Kandang Kelinci yang Sederhana

07 August 2019
Cara membuat Kandang Kelinci yang Sederhana


Memang sekarang ini anda bisa membeli kandang kelinci yang sudah jadi di pasar tanpa harus repot-repot membuatnya, namun kandang tersebut belum tentu nyaman bagi kelinci anda.

Jadi, jangan sampai anda beli kandang kelinci mahal-mahal namun kelinci tersebut tidak merasa nyaman untuk menempatinya.

Oleh karena itu lebih baik anda membuat kandang kelinci sendiri di rumah. Karena memang cara membuat kandang kelinci itu cukup mudah dan murah. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat kandang kelinci yang sederhana sebagai berikut :

* Bahan Yang Diperlukan

  • Pertama siapkan kayu
  • Lalu siapkan bambu untuk dasar kandang kelinci
  • Asbes atau genteng untuk atapnya.
  • Kemudian siapkan ram maupun kawat untuk kandang di sekitar ujung.
  • Lalu siapkan engsel yang digunakan sebagai pintu kandang.
  • Yang terakhir siapkan paku besar atau kecil.


Cara Membuatnya

Cara membuat Kandang Kelinci yang Sederhana Tips


Dalam hal ini, anda bisa buat rangka kandang untuk ukuran tinggi sekitar 75 cm dengan tinggi kandang mencapai 50 kaki atau sekitar 25 cm, panjang mencapai 100 cm dan lebar 50 cm. Ukuran kandang ini merupakan salah satu ukuran yang cukup ideal bagi kelinci.


  1. Lalu anda bisa buatkan alas dari bambu, karena dengan menggunakan bambu akan terjaga lebih dalam untuk keadaan kering dan tidak lembap, karena urine dari kelinci akan terbuang secara langsung.
  2. Lalu anda bisa membuat pintu kandang di salah satu bagian sisinya.
  3. Bisa anda gunakan dengan memasang kawat untuk ujung kandang.
  4. Setelah itu anda bisa buat atap dengan menggunakan asbes atau bisa juga menggunakan genteng, terpal maupun plastik.
  5. Langkah berikutnya kandang kelinci tersebut bisa anda variasi atau membuat secara unik yang sesuai dengan keinginan anda.


Tips Memelihara Kelinci

Cara membuat Kandang Kelinci yang Sederhana Memelihara


Selain membuatkan kandang untuk kelinci, anda juga juga harus memberikan perawatan khusus untuk kelinci. Berikut tips memelihara kelinci yang benar:


  • Anda bisa membelikan pelindung serta tali kekang untuk mengajak kelinci anda berjalan-jalan.
  • Selalu memperlakukan kelinci anda dengan baik seperti kelinci tersebut bagian dari keluarga anda.
  • Memotong kuku kelinci setiap 1-2 bulan sekali, ini sangat tergantung pada aktivitas serta lokasi ia tinggal.
  • Jauhkan kelinci dari kucing serta anjing di area rumah anda dan area kelinci.
  • Apabila anda membeli kelinci, pastikan anda memilih kelinci yang nampak sehat. Dalam hal ini, anda bisa memeriksanya mulai dari mata, telinga dan hidung. Pastikan bahwa semuanya bersih dari kotoran dan untuk gigi depannya harus rata serta bulunya bersih. 
  • Pada kulit bagian bawah kakinya harus bebas dari kerusakkan (bulu menggumpal) maupun kemerahan. Selain itu, sebaiknya pelihara anak kelinci yang baru supaya anda tahu proses pemeliharaan kelinci dengan baik dan benar.
  • Bukan hanya itu, anda juga bisa melatih kelinci dengan cara memanggil namanya supaya kelinci anda terbiasa dan pasti akan mendekati anda seperti anda memanggil kucing.


Peringatan!

Perlu diketahui bahwa kelinci juga bisa menggigit serta mencakar yang bisa membuat anda terluka. Jika terjadi kondisi seperti itu, maka segeralah berobat ke dokter. Namun jika lukanya tidak parah anda bisa mengobatinya sendiri di rumah.

Jangan pernah memberikan obat kutu pada kelinci anda. Lebih baik meminta saran ke dokter hewan bagaimana cara mengatasi kutu pada kelinci.

Nah, itulah informasi tentang cara membuat kandang kelinci dan cara merawat kelinci dengan baik dan benar di rumah. Semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang akan memelihara kelinci di rumah.

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!