Baru Terbit

Tips Tepat Cara Menyimpan ASI yang Aman

15 July 2019
Cara Menyimpan ASI ibu Yang Aman


Susu ASI menjadi sumber nutrisi yang sangat penting untuk sang buah hati atau anak bayi. Hal tersebut dikarenakan ASI sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan si anak bayi tersebut termasuk lancarnya pertumbuhan mereka.

Ada saatnya susu ASI ini dipompa untuk stock dan disimpan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih mendalam mengenai tips simpan susu asi bayi dengan aman, Anda bisa langsung simak ulasan cara menyimpan asi di bawah ini.

Banyak orang tentu yang ingin tahu jelas mengenai cara tepat menyimpan air susu asi. Terutama bagi mereka yang ingin menyimpan susu asi dan ingin digunakan lagi, pastinya harus tahu tips simpan susu asi bayi dengan aman.

Ada salah satu cara tepat menyimpan air susu asi yaitu dengan sterilisasi tempat atau botol penyimpan air susu asi ibu. Pada umumnya, sterilisasi tempat air susu asi ibu bisa dilakukan dengan merebusnya. Tetapi selain merebus tempat air susu asi ibu secara manual, para bunda juga bisa menggunakan alat yang lebih efektif dan efisien seperti sterilisasi elektrik.

Tetapi sebelumnya, jangan sampai para bunda lupa untuk mengecek keamanan terlebih dahulu dan juga ketahanan produk tersebut. Lebih baik Anda berhati-hati pada saat melakukan proses sterilisasi botolair susu asi ibu yang bahannya terbuat dari material kaca. Hal tersebut dikarenakan bahan botol air susu asi ibu seperti ini bisa saja lebih memiliki resiko pecah.

Cara Menyimpan ASI ibu yang Aman
Ilustrasi (foto: Unsplash.com/Rainier Ridao)

Ada lagi tips lain pada saat menyimpan air susu asi ibu ini yaitu membersihkan tangan. Hal yang satu ini tidak kalah pentingnya demi mencegah bakteri berkembang. Anda harus menjaga bersihnya tangan Anda pada saat memerah air susu asi ibu, ataupun pada saat Anda menyimpan air susu asi ibu tersebut dalam kemasan.

Anda bisa menggunakan sabun pada saat mencuci tangan Anda sebelum Anda memerah air susu asi ibu, disamping itu Anda bisa juga sekalian mencuci bersih botol atau tempat penyimpanan air susu asi ibu sebelum Anda lakukan sterilisasi. Tips penting lainnya yaitu untuk air susu asi ibu perah yang nantinya akan dibekukan, maka Anda bisa memasukkan air susu asi ibu tersebut langsung botol di dalam freezer langsung segera seusai diperah.

Lebih baik para Bunda tak mengisi penuh tempat atau botol plastik kemasan air susu asi ibu. Hal tersebut dikarenakan air susu asi ibu perah cenderung dapat mengembang pada saat keadaan membeku. Memang selain dari yang di atas, masih ada beberapa lagi tips simpan susu asi bayi dengan aman lain yang bisa Anda ketahui kalau ingin menyimpan susu asi dan ingin digunakan lagi.

Tips lainnya yaitu khusus untuk botol atau tempat kemasan air susu asi ibu plastik, lebih baik tempatkan lagi di dalam kontainer ataupun kotak kemasan lainnya sebelum Anda memasukkan ke lemari pendingin atau kulkas.

Hal ini dikarenakan kemasan air susu asi ibu plastik bisa lebih berisiko bocor. Dengan mengetahui cara tepat menyimpan air susu asi di atas, maka tentunya Anda bisa dimudahkan lagi kalau ingin menyimpan susu asi dan ingin digunakan lagi.

Demikian saja bahasan tentang tips simpan susu asi bayi dengan aman. Bagi Anda yang ingin menyimpan susu asi dan ingin digunakan lagi, maka Anda harus tahu dulu info di atas. Semoga Anda bisa lebih terbantu dengan info cara tepat menyimpan air susu asi kali ini. Para bunda juga harus membiasakan memberi label dengan info tanggal air susu asi ibu diperah di botol penyimpanan karena dirasa juga sangat penting.

Sumber foto utama: Instagram/rawpixel

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!