Baru Terbit

Penyakit Herpes itu Seperti Apa Sih? Yuk, Kita Cari Tahu

04 May 2019
penyakit herpes itu apa dan ciri-cirinya


Penyakit herpes merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh serangan virus herpes. Virus herpes itu sendiri terdiri dari 8 jenis. Dari kedelapan jenis virus tersebut, hanya ada 2 jenis virus saja yang sering terjadi yakni herpes simpleks dan juga zoster.

Herpes simpleks termasuk ke dalam jenis penyakit kelamin, yang sering dikenal dengan sebutan herpes genital atau kelamin. Untuk herpes genital terdapat 2 jenis virus yang menyerang seperti di bawah ini :

* HSV 1


HSV 1 ini dikenal dengan nama herpes oral yang bisa menimbulkan luka dan benjolan berupa lepuhan di sekitar mulut dan juga wajah.

* HSV 2


SHV 2 termasuk kedalam golongan herpes genital (kelamin), yang biasanya muncul pada kelamin bagian luar serta daerah sekitar anus.

Selain herpes simpleks, herpes zoster juga merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan virus herpes. Penyakit herpes zoster ini biasanya ditandai dengan ruam kemerahan pada kulit yang menyebabkan rasa sakit dan terbakar.

Itu sebabnya, mengapa herpes zoster sering disebut dengan nama cacar ular atau cacar api. Ya, hal itu dikarenakan munculnya lepuhan pada kulit berupa garis atau area kecil di bagian salah satu sisi wajah, atau tubuh yang terasa panas seperti terbakar api.

1. Ciri-ciri dan gejala penyakit herpes simpleks

Ketika seseorang terinfeksi herpes simpleks, biasanya akan ada beberapa gejala yang bermunculan setelah berbulan-bulan sampai bertahun-tahun terinfeksi.

Pada awal kemunculannya ditandai dengan beberapa ciri-ciri sperti di bawah ini :

- Lecet dan luka di alat kelamin pada bagian luarnya.
- Lepuhan merah berisi air di sekutar mulut, anus, atau organ intim.
- Keputihan.
- Rasa sakit dan gatal pada lepuhan.
- Tidak enak badan
- Demam.
- Rasa nyeri saat hendak buang air kecil.
- Kelenjar getah bening membengkak.

Pada umumnya, orang yang menderita herpes simpleks ini akan mengalami gejala yang terus kambuh secara berulang. Namun, gejala pada infeksi berulang ini cenderung lebih ringan dan tidak akan berlangsung lebih dari 10 hari.

Adapun mengenai gejala yang ditimbulkannya sebagai berikut:

- Rasa terbakar atau kesemutan di area alat kelamin sebelum luka lepuhan yang berisi air tersebut kembali muncul.
- Terdapat lecet dan luka pada serviks.
- Luka lepuhan di sekitar mulut yang berisi cairan yang berwarna kemerahan.

2. Penyakit Herpes Zoster

- Ruam yang disertai dengan lenting berkelompok, yang hanya terjadi pada satu sisi tubuh saja.
- Ruam diawali dengan benjolan berwarna merah, yang kemudian berubah menjadi pembengkakkan yang sedikit berair, dan akhirnya menjadi kerak kering.
- Rasa sakit, gatal, dan kesemutan pada ruam. Hal itu pun berlaku di bagian tubuh pada saat ruam batu akan muncul.
- Demam.
- Sakit kepala.
- Panas dingin.
- Kelelahan.
- Sensitif terhadap paparan cahaya.

Jika sudah terjadi kodisi yang seperti demikian, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dalam hal ini, biasanya dokter akan segera melakukan penanganan maksimal untuk mencegah agar tidak terjadi lebih parah lagi.

Terlebih jika Anda termasuk salah satu orang yang aktif secara sexual, maka akan lebih baik lagi untuk segera memeriksakan diri ke dokter terdekat. Bergitu pun dengan jenis herpes zoster, dimana Anda harus segara pergi ke dokter.

=========
Sumber foto utama: flo.health


No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!