Baru Terbit

Help Me: Menolongmu Juga Mereka

11 April 2019
review aplikasi help me Indonesia, soft launching aplikasi help me, melia lustojoputro, aplikasi baru untuk jasa pembantu rumah tangga, jasa bersih rumah bekasi, jasa bersih rumah jakarta, jasa bersih rumah bekasi, jasa cleaning service kantor, jasa cleaning service tangerang


"When you need, just call for help," begitulah tagline aplikasi Help yang baru soft launching pada Kamis, 11 April 2019, siang tadi. Aplikasi yang baru berusia 2 bulan ini punya misi membantu banyak orang dengan jasa-jasa yang mereka sediakan. Tak hanya itu, pengguna aplikasi jasa ini juga bisa menolong sesama dengan fitur Charity Cornernya.

Seperti namanya, "Help", aplikasi ini berusaha menolong mereka yang kesusahan.

Salah satu kendala yang lazim dihadapi oleh masyarakat urban, termasuk kamu mungkin, adalah waktu. Kamu kerap kehabisan waktu untuk mengurus hal-hal seperti kerjaan, gaya hidup, relasi, dan lain-lain. Padahal, masih banyak hal yang cukup penting untuk diurus seperti rumah, anak, bahkan pakaian.

Sadar akan masalah tersebut, Help hadir untuk menolongmu yang minim waktu dan tenaga mengurusi hal-hal tersebut. Aplikasi ini menyediakan jasa perawat, supir, juru masak, shopper, sampai pembantu rumah tangga.

Khusus untuk pembantu rumah tangga, bisa diberi lebih dari satu tugas, seperti mencuci, menyetrika, membersihkan rumah, merawat taman, hingga merenovasi rumah.

Layanan jasa pembantu rumah tangga yang disediakan Help Indonesia memiliki tarif yang beragam, sesuai dengan kualitas pekerja dan durasi bekerjanya, yaitu Rp35,000 sampai Rp125,000 per jamnya.

Semua pekerja itu sudah dilatih secara khusus oleh Help Indonesia sebelumnya sesuai prosedur. Mereka juga diwajibkan merekam kegiatan mereka bekerja secara langsung, sehingga pemakai jasa dapat memantau langsung kinerja pembantu rumah tangga dari jauh atau menontonnya kembali nanti-nanti.

"Help Apps merupakan platform yang diciptakan berdasarkan pengalaman pribadi saya dan teman-teman ibu rumah tangga yang mendukung karir suami, mengurus anak, dan menjalankan bisnis," kata Melia Lustojoputro, Founder sekaligus CEO Help Apps, di Artotel Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Help Membuka Peluang Bagi yang Tak Ahli


Help Me Apps Membuka lowongan pekerjaan, aplikasi penyedia jasa
Melia Lustojoputri usai soft launching di Artotel Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Melia menjelaskan, Help Indonesia tidak hanya membantu masyarakat urban dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, tapi juga memiliki misi sosial untuk membantu mereka yang kurang mampu dan butuh pekerjaan.

Caranya? Cukup unik. Mereka memberikan kesempatan bagi pekerja yang kurang terlatih untuk menjadi mitra Help Indonesia. Tentunya, mereka akan diberi pelatihan khusus sebelum terjun ke lapangan untuk bekerja.

"Training paling cepet satu hari, itu untuk service yang paling gampang. Tapi untuk nursing itu minimal tiga hari, itu kan untuk keamanan dan kenyamanan anak, jadi kita harus hati-hati," kata Melia.

"Yang melatih nursing itu kita panggil dari rumah sakit dan mereka memberikan basic-basic dan cara praktiknya mengasuh anak, memandikan bayi, semuanya sudah ada SOP-nya," lanjutnya.


Tampilan Help Me Apps


Melia sadar, banyak pembantu rumah tangga yang kurang mendapat pelatihan dan bekerja secara otodidak. Oleh karena itu, dengan Help Indonesia, ia ingin memediasi para pekerja itu untuk mendapatkan upah dan pasar yang lebih jelas.

Ia berharap bisa menolong banyak orang dengan membuka peluang besar bagi mereka yang ingin menjadi mitra Help Indonesia. "Semakin banyak semakin bagus," katanya.

Untuk diketahui, saat ini jumlah mitra Help Indonesia ada sekira 132 orang, sejak dua bulan berjalan Februari lalu. Sementara ini, Help Indonesia hanya membuka jasa di wilayah Jabodetabek.

Ada strategi khusus yang menjadi pembeda Help Indonesia dengan penyedia jasa lainnya. "Salah satunya menyediakan jasa bersih-bersih kandang peliharaan seperti kucing, dan sebagainya," ujar Melia.

Bagaimana sistem pembagian komisinya?


Melia menjelaskan bahwa mitra Help Indonesia akan mendapat 70% dari order jasa yang diterima. Selain itu, mitra Help Me juga berkesempatan mendapat 10% lagi jika reputasinya baik dan giat bekerja.

"Sisa sepuluh persen-nya lagi untuk pihak bank, dan sepuluh persennya lagi untuk meningkatkan aplikasi," kata Melia kepada tuminesia.com.

Help Indonesia Menolong Mereka yang Kurang Mampu


Tidak hanya memberikan peluang kerja bagi yang kurang ahli, Help Indonesia juga menyediakan fitur Charity Corner bagi mereka yang ingin berdonasi ke mereka yang kurang mampu. Pengguna Help Indonesia bisa memberikan donasi mulai dari Rp20,000 yang akan disalurkan dalam bentuk 2 porsi nasi bungkus dengan lauk pauk bernutrisi lengkap.

Makanan itu akan dibagikan kepada para pemulung di jalanan Jakarta. "Kita melakukannya itu dengan senang hati, memberikan kebahagiaan dan kepuasan sendiri buat kita," ucap Melia.

Melia berharap, kegiatan ini dapat dilakukan setiap hari, bergantung pada banyaknya donasi yang diberikan. Saat ini, Help Indonesia masih menjalani pembagian makanan bagi mereka yang kurang mampu selama 7 hari di sekeliling Jakarta.

Untuk diketahui, aplikasi penyedia jasa ini sudah digunakan lebih dari 291 pengguna dan diperkuat 132 mitra yang tersebar di Jabodetabek. "So far feedbacknya minimal bintang empat, semoga bisa jauh lebih baik lagi ke depannya," tutup Melia. Rencananya, Help Indonesia akan membuka cabang di Bandung dalam waktu dekat.

Help Indonesia juga bekerjasama dengan pihak dari negara lain seperti India. Dua diantaranya ialah Vaibhav Srivastava, sebagai CPO Help Indonesia, dan Pankaj Kumar, sebagai CTO Help Indonesia.

Lowongan mitra kerja help me Indonesia, lowongan kerja jabodetabek, lowongan kerja start up jakarta
Vaibhav Srivastava sedang berbicara kepada peserta soft launching Help Me Apps Indonesia, Kamis (11/4/2019)


Menurut Vaibhav, tidak ada kesulitan dalam membangun aplikasi ini. "Semua sudah direncanakan dengan rapih oleh Melia, sehingga kami tidak menemukan masalah yang berarti," katanya saat soft launching di Artotel Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Untuk kalian yang ingin mengunduh aplikasi Help Indonesia, bisa klik di bawah ini atau langsung ke www.helpme.co.id:


Via App Store - Klik
Via Play Store - Klik

=============================================

1 comment:

  1. Mantul, progressif sekali kak. Dan, kehadiran aplikasi Help ini cocok banget untuk masyarakat urban yg sibuk dengan segala rutinitasnya. Wajib dicoba

    ReplyDelete

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!