Baru Terbit

Ini Dia Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Memperlancar Siklus Menstruasi

27 April 2019
Ini Dia Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Memperlancar Siklus Menstruasi

Pada dasarnya, setiap wanita  itu memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ya, ada yang teratur, dan sebagaiannya lagi ada yang tidak teratur.

Siklus menstruasi yang normal itu akan berlangsung selama 3 – 5 hari, atau bahkan bisa dalam 28 – 30 hari. Siklus menstruasi itu sendiri bisa kita hitung berdasarkan tanggal pertama periode pada bulan lalu sampai bulan berikutnya.

Adapun mengenai berbagai faktor yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak normal seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, olahraga yang berlebihan, konsumsi obat-obatan, dan lain sebagainya.

Kendati demikian, ada pula beberapa jenis makanan yang dapat melancarkan siklus menstruasi lho. Jenis makanan apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Ikan Salmon


Jenis makanan pertama yang dapat melancarkan siklus menstruasi, yakni adalah ikan salmon. Mengapa demikian? Pasalnya, ikan salmon ini kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat meningkatkan serta menstabilkan hormone. Dengan begitu, hal tersebut akan membantu dalam mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Selain dapat melancarkan siklus menstruasi, daging ikan salmon juga dapat memperkuat tulang.

2. Kacang Almond


Almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan asam folat dan protein. Bahkan, kacang almond juga kaya akan kandungan serat yang dapat melancarkan system pencernaan. Dengan mengonsumsi kacang almond, tentunya masalah haid yang tidak teratur dan masalah susah BAB dapat diatasi.

3. Biji Wijen


Dibalik ukurannya yang sangat kecil, ternyata biji wijen ini sangat efektif untuk membantu dalam melancarkan siklus menstruasi lho. Akan tetapi, kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, hal itu dapat meningkatkan panas tubuh.

4. Yogurt


Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada makanan yang memiliki rasa asam menyegarkan ini? Ya, tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan yogurt. Mengingat yogurt terbuat dari fermentasi susu, maka tak heran jika kandungan protein dan vitaminnya cukup tinggi. Nah, kandungan protein dan vitamin tersebutlah yang akan membantu dalam melancarkan siklus menstruasi.

5. Susu Kedelai


Tak berbeda jauh dengan yogurt, dimana susu kedelai ini juga kaya akan kandungan vitamin dan protein yang dapat melancarkan siklus menstruasi. Bahkan tak hanya itu saja, susu kedelai ini dapat memperkuat tulang dan gigi.

6. Telur


Jenis makanan berikutnya yang dapat melancarkan siklus menstruasi, yakni adalah telur. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa telur ini merupakan sumber protein, kalsium, dan vitamin. Dalam hal ini, ada baiknya jika kame mengonsumsi telurnya dengan cara direbus dan bukan digoreng ya!

7. Minyak Ikan


Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan merkuri yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 itu sendiri berfungsi untuk melindungi pembuluh darah di ovarium, dari kerusakan yang bisa menghambat menstruasi normal. Dengan mengonsumsi minyak ini, tentunya siklus menstruasimu akan kembali normal.

8. Bayam


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan gizi, vitamin, dan protein. Tentu saja bayam ini wajib kamu konsumsi, untuk melancarkan kembali siklus menstruasi.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat melancarkan siklus menstruasi. Dari deretan makanan tersebut, makanan manakah yang menjadi favoritmu?

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!