Baru Terbit

Tips Sejahtera dengan Gaji UMP Jakarta

09 March 2019
Ilustrasi budgeting

Jakarta termasuk kawasan berbiaya hidup termahal di Indonesia. Sungguh, perlu cara tertentu untuk bertahan hidup di Ibu Kota.

UMP 2019 saja sudah menyentuh Rp3,9 juta per bulan. Dibandingkan kota-kota lain, tingkat UMP tersebut jauh lebih tinggi.

Namun, nominal segitupun masih kurang bagi para pekerja di Jakarta. Terutama mereka yang masih tergolong millenial.

Alasan "tuntutan gaya hidup yang tinggi" membuat upah sebesar itu sangat pas-pasan. Padahal, ada cara untuk mengakali gaji yang katanya pas-pasan itu.

Tuminesia ingin memberikan sejumlah tips hidup sejahtera dengan gaji UMP Jakarta khusus buat kalian sobat tumiers. Apa saja? Berikut tipsnya:

1. Jangan Tinggal Sendiri


Tips Sejahtera dengan Gaji UMP Jakarta Ngekos


Iya, meskipun kamu jomblo, tolong jangan tinggal sendiri. Ini semua demi kesehatan keuanganmu.

Tinggalah bersama teman-teman sekantor atau teman-teman kuliahmu. Dalam satu kosan atau kontrakan yang sama, agar biaya sewanya bisa bagi-bagi. Patungan lebih baik ketimbang bayar sendiri.

Sekadar info, biaya sewa tinggal di Jakarta berada di kisaran Rp800 ribu per bulan sampai Rp2 juta per bulan. Bahkan lebih dari itu pun banyak. Ada sih yang di bawah Rp800 ribu, tapi biasanya tempatnya sangat kecil atau paling tidak berada di pinggiran Jakarta.

Eh lupa, tinggal sama teman yang sekelamin dan normal ya (alias nggak homo atau lesbi). Kan bahaya kalo beda kelamin... bisa kesesoiadaihewqlah pokoknya.

2. Masak Sendiri


Tips Sejahtera dengan Gaji UMP Jakarta Masak Sendiri


Ini klise, tapi memang ampuh. Tolong jangan keraskan kepalamu untuk memilih makan di luar ketimbang masak sendiri. Swear, total pengeluarannya bakal beda jauh.

Contoh, biaya makan nasi sayur seporsi di Jakarta bisa Rp15 ribu. Bila ditambah lauk pauk bisa Rp20 ribu per piring. Untuk sehari, kamu makan bisa tiga kali, jadi total pengeluaran Rp60 ribu.

Rp60,000 x 30 hari (1 bulan) = Rp1,800,000

Buset... setengah gaji kamu... sayang banget.

Lebih baik masak sendiri, dengan biaya Rp50 ribu, kamu bisa membeli sayur mayur dan lauk pauk yang cukup untuk lebih dari sehari. Rata-rata harga sayur untuk satu ikat hanya Rp2,000, sementara kalaupun kamu makan ayam, satu ekornya hanya Rp30,000. Tetap tidak lebih mahal dari biaya makan di luar.

Oh iya, jangan lupa bawa bekal minum juga. Lumayan lho, air mineral harganya Rp4,000. Sementara kamu hampir setiap jam ingin minum. Masa iya setiap jam kamu keluar Rp4,000? Kamu sultan? Hahaha

3. Hemat Ongkos


Tips Sejahtera dengan Gaji UMP Jakarta Budgeting Transportasi


Kurangi ongkos transportasi adalah misi penghematan yang wajib kamu jalani. Jangan terlalu sering naik ojek online apalagi ojek konvensional (sorry nih kalau ada yang tukang ojek konvensional, tapi emang beneran mahal...)

Baca Juga: 7 Cara Cepat Dapat Kerja versi Tuminesia

Lebih baik, pakai angkutan umum seperti Commuterline dan Transjakarta. Harga tiketnya tidak lebih dari Rp10,000. Kecuali kamu jauh-jauh perginya.

Atau, kalaupun kamu memang benar-benar butuh ojek online untuk hadir tepat waktu, tinggal padukan saja. Untuk pergi ke titik tertentu, kamu bisa naik Transjakarta atau Commuterline, baru di titik tertentu yang mungkin sudah dekat dengan kantor, kamu bisa memesan ojek online. Secerdas-cerdasnya kamulah.

4. Kurangi Biaya Pulsa

Tips Sejahtera dengan Gaji UMP Jakarta Budgeting Pulsa


Kalau nggak penting-penting amat, lebih baik kurangi biaya kuota per bulanmu. Sekarang sudah banyak sinyal Wi-Fi di ruang-ruang publik.

Apalagi jika kerja kamu kantoran, nggak mungkinlah kalau nggak ada Wi-Fi. Kalau belum ada, minta ke bos, jelaskan kalau Wi-Fi membantu kinerja karyawan dan menghemat pengeluaran karyawan juga. Siapa tahu si bos mau...

Contoh kasus, kalau internet kamu hanya digunakan untuk bermain Instagram dan media sosial lainnya, tak perlu banyak kuota. Tidak perlu paket yang harganya Rp300 ribu per bulan. Kamu hanya perlu membuka media sosial pada saat ada Wi-Fi.

Apalagi kalau kerjaan kamu tidak ada hubungannya dengan media sosial, ngapain ambil paket kuota yang mahal-mahal?

5. Biaya Hiburan


Tips Sejahtera dengan Gaji UMP Jakarta Budgeting Biaya Hiburan


Kamu butuh hiburan demi keseimbangan hidup. Minimal nonton bioskop dengan gebetan untuk memecah kepenatan kerja selama berhari-hari.

Maka, kamu perlu menyiapkan pos khusus untuk biaya hidup. Tapi, jangan sampai lebih dari 20 persen penghasilanmu.

Kamu bisa mensiasatinya dengan menonton film di rumah saja dengan DVD player, atau mungkin download film saat berada di kawasan Wi-Fi dan menontonnya saat di rumah. Banyak cara untuk menghibur diri.

Kalau benar-benar tidak punya uang, kamu bisa berolahraga di RPTRA. Olahraga bisa melepaskan unsur dopamin dari otakmu untuk memberi kesan bahagia.

Sehat raga juga sehat jiwa. Indahnya hidup...

Nah itulah tips-tips hidup sejahtera dengan gaji setara UMP di Jakarta. Lagipula kamu bisa menyisihkan untuk tabungan investasi...

Baca artikelnya di sini: Alasan Mengapa Milenial Harus Nabung Saham

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!