Baru Terbit

Agar Usaha Sampingan Tak Ganggu Kerjaan Kantor

10 March 2019
cara Agar Usaha Sampingan Tak Ganggu Kerjaan Kantor


Gajimu tidak cukup? Ah... kamu perlu usaha sampingan...

Usaha sampingan bisa meningkatkan penghasilanmu. Dengan begitu, sejumlah kebutuhan penting bisa ditutupi secara masuk akal.

Tapi, setiap keputusan pasti ada risikonya. Salah satunya dapat mengganggu kinerja kamu di kantor akibat pusing mikirin usaha sampingan.

Jangan sampai, kamu malah diomelin bos akibat tidak fokus. Apalagi kalau sampai bos tahu kamu hilang fokus karena usaha sampingan. Wah... bisa dihskafhaksha

Lalu bagaimana cara agar usaha sampinganmu tidak mengganggu kerjaan kantor? Tuminesia punya caranya. Berikut 5 tips tips agar usaha sampingan tidak mengganggu tugas kantor, dikutip dari MoneySmart:

1. Tepat Waktu Selesaikan Tugas Kantor


Jangan pernah menunda pekerjaan kantor. Sebab, kamu butuh waktu lebih untuk mengerjakan 2 pekerjaan. Jika kamu menunda-nunda, waktu yang seharusnya untuk mengerjakan bisnis sampingan, malah terkuras akibat tugas kantor yang belum selesai.

Manfaatkan waktu seefisien mungkin. Kalau bisa cepat dan tepat dalam mengerjakan tugas kantor, kenapa tidak? Maka ada beberapa hal yang harus kamu atur, yaitu waktu, tenaga, emosi, dan kemampuan berpikir cepat.

Semua unsur itu harus kamu perhatikan karena kamu berada di ritme kerja yang cepat dan membutuhkan fokus lebih.

2. Pilih Bisnis Online


Jika kamu ingin bisnis sampingan, sebaiknya pilih bisnis yang bergerak di dunia dalam jaringan (daring) atau bisa disebut online. Mengapa? Karena waktunya lebih fleksibel dan bisa dikerjakan di mana saja.

Kamu bisa mengerjakan bisnis online ini saat makan siang, ke toilet, atau saat waktu lenggang. Kalaupun ada yang darurat, kamu bisa izin ke toilet dulu untuk melihat apa yang salah dan selesaikan dengan segera jika memang memungkinkan.

Kalau tidak memungkinkan, kamu bisa mengerjakannya segera setelah pulang kerja. Banyak aplikasi-aplikasi maupun web yang bisa membantumu mengurusi bisnis.

Misalnya, kamu berjualan di Instagram, kamu bisa memakai tools auto posting, like, dan follow seperti Gramcaster. Dengan aplikasi tersebut, kamu tinggal menjadwalkan postingan dan menentukan total auto follow maupun auto unfollow per harinya, dan masih banyak lagi untuk membantu bisnis online-mu berkembang pesat.

Jika kamu belum punya produk? Simple, zaman sudah sangat maju, ada yang namanya dropship. Kamu tinggal memilih produsen-produsen yang terpercaya dan memperhatikan dropshipernya dengan baik.

Kami merekomendasikan Sahabat Dropshiper sebagai solusi bisnis onlinemu. Tak perlu stok produk, hanya kasih alamat dan memasarkannya. Baca selengkapnya di sini: Klik

Cara Agar Usaha Sampingan Tak Ganggu Kerjaan Kantor

3. Fokus pada Satu Pekerjaan atau Usaha


Ingat, jangan hanya karena kamu punya robot seperti Gramcaster untuk membantu jualanmu, bukan berarti kamu bisa berjualan banyak barang. Fokuslah pada satu bisnis.

Karena kalau kamu mencoba banyak bisnis, kamu akan kewalahan dan malah mengganggu kerjaan kantormu bahkan relasimu.

4. Rencanakan Bisnis dengan Baik


Perencanaan selalu perlu dilakukan. Jangan pernah memulai bisnis dengan mata tertutup. Kamu perlu tahu seluk beluknya, kekurangan dan kelebihannya.

Rencanakan dengan baik tujuan bisnisnya, marketnya, segmentasi pembelinya, branding, dan sebagainya. Dengan perencanaan yang matang, kamu akan lebih efektif mengerjakan bisnis meskipun masih berstatus karyawan.

Jika kamu masih bingung media apa yang dipakai untuk merencanakan bisnis, kamu bisa memakai Dream Book. Buku perencana mimpi ini berfungsi untuk membuat setiap langkahmu dalam meraih mimpi lebih tertata, sesuai visi dan misi yang seharusnya. Jadi tidak mudah melenceng.

5. Kolaborasi adalah Kunci


Kunci tidak kerepotan dalam berbisnis adalah kolaborasi. Entah kolaborasi dengan teman kantor, sekolah, atau rekan bisnis yang baru dikenal.

Terpenting, pilihlah rekan bisnis yang dapat membantumu meraih visi dan misi bisnis yang sudah kamu rencanakan. Jelaskan dengan baik dan terbukalah soal keuntungan dan kekurangannya.

Disarankan adalah teman lama yang punya gairah tinggi untuk berbisnis. Sehingga kamu dan dia bisa sama-sama semangat dan bertukar pikiran dalam perkembangan bisnis kalian nantinya.

Nah, itulah tips-tips agar usaha sampinganmu tidak mengganggu kerjaan kantor. Semoga bisnismu bisa semakin berkembang dan lebih menjanjikan dari kerjaan kantormu. Agar lebih independent dan menjadi seorang preneur sukses.

Semangat tumiers!

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!