Baru Terbit

Dialah King Pop dengan Moonwalk, Profil Michael Jackson

23 March 2019
Profil Michael Jackson


Tokoh satu ini dikenal sebagai “King Pop” Dunia. Ia sangat terkenal dengan gaya “moonwalk” saat di atas panggung. Inilah profil musisi: Michael Jackson.

Nama lengkapnya Michael Joseph Jackson. Ia lahir di Gary, Indiana, Amerika, pada 29 Agustus 1958.

Selama karirnya, Michael tidak hanya dikenal sebagai penyanyi R&B, penulis lagu dan aktor. Melainkan ia juga menjadi ikon break dance dunia dengan dandanannya yang khas.

Anak ke-7 dari 9 bersaudara ini lahir dari pasangan Joseph Walter dan Katherine Esther. Masa kecilnya tidak begitu indah karena ayahnya terus melecehkannya.

Namun hal itu justru membuatnya bersemangat untuk membuktikkan bahwa dirinya mampu menjadi musisi keren. Pada 1975, ia bersama empat saudara kandungnya, membentuk grup vokal bernama JAKSON 5. Grup itu terus berjalan hingga berubah nama menjadi The Jakson dan berhasil melahirkan enam album.

Biografi Michael Jackson


Secara singkat, Michael Jackson adalah pria yang kontroversial. Hidupnya penuh masalah dan berkali-kali menghadapi tuntutan pengadilan. Salah satunya ialah tuduhan melakukan aktivitas seks menyimpang dengan anak-anak, yang akhirnya tuduhan itu tidak terbukti kebenarannya.

Kasus itu terjadi pada 1993. Michael Jackson dituduh melecehkan bocah laki-laki 13 tahun. Polisi sampai menggeledah rumah Jackson di "Neverland" di California.Ia pun harus membayar kompensasi setahun kemudian, yang dilaporkan senilai 23 juta dolar AS, kepada keluarga anak korban pelecehan seksual tersebut.

Profil Michael Jackson
Michael Jackson kecil (foto: mamamia.com.au)


Kasusnya pun tidak berhenti sampai di situ. Di tahun yang sama, ia kecanduan obat penenang dan membatalkan tur dunianya dalam rangka mempromosikan album "Dangerous".

Masih belum habis kasusnya, pada 2003, satu tayangan dokumenter televisi “Living with Michael Jackson” diudarakan. Film itu menyatakan bahwa Jackson masih suka tidur bersama bocah laki-laki dan bahwa ibu dari anak terakhirnya seorang wanita misterius.

Jackson kemudian menjawab video dokumenter ini dengan meluncurkan film dokumenter tandingan. Jackson disidangkan pada 2005 dengan tuduhan melecehkan anak laki-laki berusia 13 tahun pada 2003. Ia pun diancam hukuman penjara 20 tahun jika terbukti bersalah.

Peradilan selama empat bulan berakhir pada Juni 2005 dimana dia dibebaskan dari semua dakwaan. Jackson kemudian hidup berpindah-pindah di Bahrain, Irlandia dan Prancis semenjak kasus pelecehan seks itu berakhir.

Masa Keemasan


Jackson meraih masa keemasannya saat bersolo karir tanpa keempat saudaranya. Ia meluncurkan album "Thriller" pada 1982.

Hasilnya mengejutkan karena tujuh lagu dari album itu menduduki sepuluh tangga lagu terpopuler di Amerika Serika (AS). Album ini terjual 21 juta kopi di AS dan sekurang-kurangnya 27 juta di seluruh dunia.

Dalam setiap penampilannya membawakan lagu "Billie Jean", ada satu keunikan Michael Jackson, yaitu gerakan moonwalk. Gerakan seperti berjalan di bulan ini begitu fenomenal, bahkan hingga sampai sekarang. Ia mematenkan gerakan tersebut saat tampil secara istimewa di NBC.


Adapun rekor penjualan album lagu Michael Jackson adalah 750 juta kopi. Tak hanya itu, ia juga meraih 13 Anugerah Grammy dan menjadi salah satu entertainer paling sukses sepanjang masa.

Menikahi Anak Elvis Presley


Pernikahan dengan satu-satunya anak Elvis Presley, yaitu Lisa Marie, terjadi pada 1994. Saat itu keduanya terlihat begitu mesra, namun dua tahun kemudian berakhir dengan perceraian.

Jackson pun tidak lama-lama move on dan menikahi Debbie Rowe di tahun yang sama. Ia dikaruniai dua anak, sebelum kemudian cerai lagi pada 1999. Ironisnya, pasangan ini tidak pernah tinggal bersama.

Untuk diketahui, tiga anaknya itu bernama Prince Michael I, Paris Michael dan Prince Michael II, yang terakhir ini dikenalkan kepada publik oleh sang ayah dengan dianggkat dari loteng hingga mendatangkan kritik luas masyarakat.

Nafas Terakhir


Saat terakhirnya cukup mengecewakan banyak fansnya. Saat itu, ia berjanji kembali menggelar konsernya yang dimulai dengan konser 30 hari di arena O2 London, Inggris.

Namun rencananya itu kandas, karena Kamis, 25 Juni 2009, ia menghembuskan nafasnya terakhirnya karena serangan jantung yang fatal.

Sebelumnya, Raja Pop ini sempat tak sadarkan diri di mansionnya di kawasan Holmby Hills, Los Angeles. Segera ia dilarikan ke rumah sakit.

Petugas medis berupaya keras memberikan pertolongan dan berusaha agar ia tetap hidup. Mereka melakukan berbagai bantuan pernafasan, namun sayangnya Michael tidak bereaksi sama sekali.

Jacko meninggal di usia ke-50 dengan ditemani para anggota keluarga termasuk ibu dan saudara laki-lakinya yang terus berada di samping tempat tidurnya. Michael meninggalkan tiga orang anak, Prince Michael (12), Paris (10), dan Prince Michael II (10) pada saat itu.

Foto utama: Sky News

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!