Baru Terbit

Dari Blog Kecantikan jadi Unicorn

25 March 2019


Jakarta (tuminesia.com) - Glossier, perusahaan yang memproduksi kosmetik ini meraih pendanaan senilai 100 juta US Dolar yang dipimpin oleh Sequoia Capital.

Pendanaan itu juga membuat perusahaan yang dipimpin oleh Emily Weiss ini menjadi unicorn dengan valuasi 1,2 miliar US Dolar. Meningkat tiga kali lipat dibandingkan valuasi tahun lalu pada 2018, senilai 52 juta US Dolar.

“Kami membangun perusahaan kecantikan yang sama sekali baru, yang memiliki chanel distribusi dan membuat pelanggan menjadi mitra kami,” ujar Founder and CEO Glossier Emily Weiss, seperti dilansir dari Tech Crunch, Minggu (24/03/2019).




Untuk diketahui, Glossier bermula dari blog kecantikan bernama Into The Gloss yang dibuat oleh Emily Weiss, yang saat itu bekerja untuk Vogue. Karena blog tersebut memiliki pembaca yang setia dan terus berkembang, Weiss kemudian memutuskan untuk mendirikan perusahaan rintisan di bidang kecantikan yang memotong rantai distribusi dengan menjual produk langsung dari perusahaan kepada konsumen.

Semenjak saat itu, bisnis Glossier terus berkembang dan produknya telah dipakai oleh artis Hollywood seperti Beyonce, Chrissy Teigen dan Miranda Kerr. Hingga 2018, perusahaan rintisan itu telah mempekerjakan setidaknya 200 orang dengan keuntungan tahunan mencapai US$100 juta.

Emily Weiss (foto: Forbes)


Setelah mendapat dana segar ini, Glossier merekrut Vanessa Wittman sebagai Chief Finansial Officer yang menggantikan Henry Davis. Wittman sebelumnya menduduki jabatan yang sama di Oath dan Dropbox.
Adapun pendanaan terbaru Glossier berasal dari Tiger Global Management dan Spark Capital, juga dengan investor terdahulu Forerunner Ventures, Thrive Capital, IVP dan Index Ventures. Hingga saat ini, perusahaan yang berbasis di New York itu telah berhasil meraih pendanaan total hingga US$ 200 juta.

Selanjutnya, CEO Emily Weiss mengaku mungkin bagi perusahaan untuk melakukan penawaran saham perdana, tetapi dia tidak dapat memastikan waktunya. Menurutnya, masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnisnya yang saat ini telah lima tahun berjalan.

====================
Foto utama: Google

5 comments:

  1. Blognya keren nih, kontennya juga keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren, tulisannya juga di baca enak....

      Delete
    2. Terimakasih bro! Jadi semangat nih nulisnya :D

      Delete
  2. Blog yg keren,Konten nya jg keren,suka sm foto flatlay nya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak kak Kesih! Semoga bermanfaat yaa :D

      Delete

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!