Baru Terbit

6 Cara Alami Meninggikan Badan di Usia Dewasa

19 March 2019


Selama masa puber akan bertumbuh dengan pesatnya tinggi badan manusia dan akan berhenti di penghujungnya yaitu di usia 16 hingga 18 tahun. Lalu apakah kamu sudah merasa puas dengan tinggi badan yang dimiliki saat ini?

Meninggikan badan di usia dewasa akan dianggap sebagai sesuatu hal yang mustahil. Faktor utama yang menentukan tinggi badan seseorang adalah genetic atau keturunan. Faktor lain yang dapat menentukan tinggi badan seseorang adalah kecukupan nutrisi penting dan aktivitas fisik selama masa tumbuh kembang mulai dari awal hingga berakhirnya pubertas.

Banyaknya yang beranggapan jika cara meninggikan badan di usia dewasa hanya bisa dilakukan dengan menggunakan obat atau alat alat tertentu saja yang banyak dijual dipasaran. Padahal untuk meninggikan badan di usia dewasa dapat dilakukan secara alami.

Berikut 6 cara alami meninggikan badan di usia dewasa diantaranya yaitu :

1. Dengan Mengkonsumsi Makanan Bergizi 


Tulang yang semakin rapuh di usia dewasa pada umumnya akan membuat lebih bungkuk dan pendeknya perawakan tubuh dari yang seharusnya. Hal tersebut dikarenakan sudah tidak cukup kuatnya tulang untuk menahan beban badan yang semakin hari terus bertambah. Untuk menjaga tulang tetap kuat maka konsumsilah makanan yang mengandung sumber protein, Vitamin D, dan juga kalsium. Misalnya saja mengkonsumsi susu sapi.

2. Tidur Yang Cukup 


Secara tidak langsung badan akan bertambah tinggi jika dimalam hari memiliki waktu tidur yang cukup. Pasalnya selama tidur malam, akan dilepaskannya hormon pertumbuhan manusia atau HGH oleh tubuh. Akan berkurangnya produksi hormon ini jika kamu memiliki hobi begadang atau kurang tidur. Setiap malamnya orang dewasa rata rata disarankan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam.

3. Memperbaiki Postur Tubuh 


Secara alami manusia postur tubuhnya akan semakin memendek seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan akan semakin menurunnya kepadatan tulang sehingga rangka tubuh tidak sekuat dulu lagi didalam menopang beban. Berbagai kebiasaan buruk yang sering dilakukan didalam aktivitas sehari hari tanpa disadari akan membuat postur tubuh terlihat lebih pendek seperti duduk, berdiri, dan berjalan membungkuk. Oleh karena itu supaya tulang belakang lebih selaras maka perbaikilah postur tubuh sehingga akan tampak lebih tinggi semampainya perawakan.

4. Dengan Berlatih Yoga 


Supaya badan tinggi juga kamu bisa melakukannya dengan berlatih yoga. Dengan berlatih yoga maka seluruh bagian tubuh akan tergerakkan sehingga otot akan menjadi lebih kuat, dapat meluruskan, dan dapat membantu tetap tegaknya postur tubuh. Untuk berlatih yoga ini kamu bisa melakukannya sendiri dirumah atau bergabung dengan pusat kebugaran yoga. Bagi pemula yang akan melakukan yoga maka sebaiknya mengikuti terlebih dahulu kelas dengan instruktur.

5. Dengan Menguatkan Otot-Otot Tubuh 


Badan akan meninggi secara perlahan jika kamu menguatkan otot-otot tubuh. Jika bagian otot tubuh tengah kuat maka akan membantu seseorang untuk tetap mempertahankan postur tubuhnya untuk terlihat baik dan lebih tinggi.

Otot-otot yang harus diperkuat adalah otot-otot yang ada pada bagian perut dan juga otot-otot yang ada disepanjang tulang belakang. Otot-otot tersebut nantinya akan membantu untuk menopang tulang bagian belakang. Pada saat terlalu lemahnya otot-otot dan dukungan tulang belakang tidak benar maka akan membungkuknya tubuh secara lambat laun.

Selain itu juga supaya badan tinggi bisa dilakukan dengan berenang, karena pada saat berenang maka tubuh akan bergerak melawan gravitasi dan arus air sehingga kekuatan seluruh otot tubuh akan terlatih. 

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!