Baru Terbit

Founder Blog yang Menjelma jadi Unicorn, Emily Weiss

25 March 2019
Blog yang Menjelma jadi Unicorn, Emily Weiss, INTOTHEGLOSS.COM & GLOSSIER


Emily Weiss, seorang blogger kecantikan yang begitu antusias menulis, kini sudah menjadi pemilik perusahaan sekelas unicorn setelah meraih pendanaan Seri D senilai US$100 juta yang dipimpin oleh Sequoia Capital. Perusahaan itu bernama Glossier, yang awalnya hanya berupa blog sehari-hari. Kini valuasi Glossier mencapai 1,2 miliar US Dolar. Meningkat tiga kali lipat dibandingkan valuasi tahun lalu pada 2018, senilai 52 juta US Dolar.

Jauh sebelum perusahaanya launching pada 2014, Emily Weiss sering sekali membuat konten soal kecantikan dan fashion untuk majalah Teen Vogue and W Magazine. Ia merupakan kontributor di kedua majalah tersebut.




Hingga pada 2010, ia mulai menulis blog dengan nama Into the Gloss, setelah menemukan peluang bisnis media soal kosmetik dan fashion.

Karena konsistensinya menulis blog dan kegigihannya, Weiss meraih dukungan dan sponsor dari berbagai pihak, termasuk artis, model, dan perusahaan kosmetik. Setelah dana yang cukup, ia mampu membentuk tim penuh waktu yaitu Nick Axelrod, sebagai direktur editorial yang sebelumnya editor berita Elle, dan Michael Harper sebagai direktur digital.

Emily Weiss (foto: Intothegloss.com)


Saat situsnya mengalami re-launch pada July 2012, jumlah pengunjungnya meningkat tiga kali lipat setiap malamnya. Semakin banyak pengunjung semakin komersil blog tersebut. Namun, saat situsnya mulai membesar, Axelrod dan Harper memutuskan keluar. Tidak dijelaskan alasannya mengapa.

Meski begitu, pengunjungnya masih terus bertambah bahkan sudah mencapai jutaan pengunjung unik (unique visitors) dalam sebulan. Situs blog Weiss pun direkomendasikan sebagai situs terbaik untuk review kosmetik dan tips kecantikan.

Weiss kemudian membuat produk sendiri dengan harga yang murah karena tak melewati distributor. Saat itu, Weiss menerbitkan empat produk pada Oktober 2014.

Produknya laku keras dan mendapatkan kerjasama dengan logistik Net-a-Porter untuk pengiriman barang-barang dagangannya.


Saat diwawancara, Weiss bernostalgia saat masih zaman sekolah dulu, ia tidak memperhatikan gayanya alias cuek. "Aku datang ke sekolah dengan stoking setinggi paha, rok mini kotak-kotak dari Contempo Casuals, dan sepatu pantofel, dan aku punya pulpen bulu. Seluruh tampilan Clueless," katanya, seperti dilansir dari Business of Fashion.

Ia baru mendalami dunia fashion dan kecantikan saat kuliah jurusan seni studio di New York University. Namun, ia lebih sering menghabiskan waktunya sebagai kontributor di Teen Vogue, sejak semester 3 sampai tingkat akhir.

Setelah lulus, Weiss bekerja sebagai asisten fashion Elissa Santisi di W Magazine selama dua setengah tahun, meski ia lebih suka berperan secara langsung. Selama itu jugalah, Weiss mulai menulis blognya Into the Gloss pada 2010, setelah melihat celah pasar di dunia media untuk kategori fashion dan kecantikan.

Karir Emily Weiss:


- Founder dan Creative Director Intothegloss.com

- Asisten Penata Gaya Vogue Magazine

- Kontributor W Magazine

=========================
Sumber foto utama: Forbes

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!