Baru Terbit

Batas Following Instagram per Hari Tahun 2019

28 March 2019
Follow to follow adalah kebiasaan yang sering dilakukan para pemilik akun bisnis atau akun-akun hiburan di Instagram. Metode ini, dianggap masih berhasil sampai sekarang. Namun, berapa sih batas following di Instagram dalam sehari tahun 2019 ini? Mari baca ulasannya:

Batas Follow Instagram per Hari 2019
Ilustrasi (Sprout Social)
Kegiatan ikut-mengikuti selalu menjadi hal yang lumrah bagi mereka penggiat Instagram. Hal ini dipercaya dapat menambah jumlah followers, cepat atau lambat. Meskipun hasilnya tidak lagi seampuh 1-2 tahun lalu, metode ini terbukti masih berlaku sampai sekarang.

Berbagai pedagang di Instagram mengaku, metode ini masih berhasil, meskipun hanya bertambah 5-20 followers per hari. Paling tidak, ada yang bertambah bukan?

Baca Juga: Instagramer: Antisosial, Egois, Ogah Bergaul?

Sebelumnya, bagi yang tidak tahu bagaimana metode ini berjalan, berikut penjelasannya:

Jadi, metode follow to follow dilakukan dengan cara mem-follow akun orang lain, dengan harapan orang itu akan mem-follow balik. Jika sudah di-follow balik, biasanya pemilik akun akan men-unfollow akun-akun yang sebelumnya di-follow, usai followingnya mencapai 7000 akun (atau angka maksimal untuk following di Instagram).

Terdengar licik ya? Hahaha. Tampaknya seperti itu. Tapi metode ini ibarat orang-orang yang membagi brosur di jalan. Dia menawarkan jualannya melalui aktifitas follow to follow. Dengan begitu, harapannya orang akan tertarik dan melihat-lihat produknya dan membeli.

Follow to Follow Mulai Tidak Efektif

Namun belakangan, banyak ahli-ahli Instagram yang mengatakan bahwa metode ini sudah tidak lagi efektif. Banyak dari mereka yang menggunakan metode lain untuk mencari followers, salah satunya dengan DM Group.

Baca Juga: Hanya 24 Jam Influencer ini Cetak Rp56 Miliar

Tetapi, pada kenyataannya, berdasarkan apa yang sudah dijalani, metode ini masih terasa kok khasiatnya. Bahkan, banyak orang yang berbisnis via Instagram pun masih melakukannya. Jadi, metode ini masih berlaku. Titik.

Batas Follow Instagram per Hari 2019


Batas Follow Instagram per Hari Tahun 2019
Ilustrasi (Teen Vogue)


Namun, kalaupun metode ini masih berhasil, bukan berarti pemilik akun dapat melakukan follow to follow dengan leluasa saat ini. Metode follow 40 akun per jam rupanya tak lagi berlaku seperti awal tahun 2019 atau pada tahun 2018 lalu.

Instagram telah memperketat aturannya via algoritma semenjak pertengahan tahun 2019 ini. Ada yang mengatakan bahwa follow to follow yang aman adalah 30 akun per jam. Namun, setelah beberapa pebisnis Instagram mencoba, hasilnya mereka terkena shadow banned. Akunnya tidak bisa digunakan untuk sementara, atau tidak bisa menulis caption, dan lain-lain.

Banyak hukuman dari Instagram yang kadang kita sendiri tidak sadari.

Nah, kami pernah mencoba 30 akun per jam. Hasilnya sih aman-aman saja. Namun, suatu saat akun kami terkena imbasnya, visitors di akun kami pun menurun drastis! Ternyata, akun kami dihapuskan dari pencarian Instagram untuk sementara! hahaha.

Yasudahlah, diamkan dulu selama beberapa hari, sampai kembali normal seperti semula.

Nah, setelah normal, kami coba lagi dengan rentan waktu yang lebih panjang yaitu 30 akun per 2 jam, menggunakan Gramcaster (tools auto follow yang bisa ditinggal tidur, baca selengkapnya di sini: KLIK).

Hasilnya, cukup aman. Bahkan sampai sekarang masih tidak ada masalah pada akun kami.

Baca Juga: 51 Selebgram Bakal Kena Pajak

Belum puas, kami pun mencoba metode lain yaitu menggunakan Gramatic. Ini adalah tools berbayar untuk membantu kamu mengoptimasi Instagram dengan lebih cerdas.

Nah, saat kami memakai fitur auto follow dan like di Gramatic, kami mengatur waktu follow per akun menjadi 90 detik - 120 detik. Jadi kami akan men-follow akun orang lain setiap 90 detik sekali minimal, dan maksimal 120 detik sekali.

INFO TERBARU: GRAMATIC SUDAH TIDAK WORK

Tapi, kami tidak menganjurkan menggunakan Gramatic, karena harus di-setting manual dan laptop atau komputer harus menyala (tak bisa ditinggal). Sebaiknya menggunakan Gramcaster yang bisa ditinggal tidur alias otomatis. (Baca selengkapnya di sini: KLIK).

Adapun jumlah akun yang kami follow adalah 100 akun.

Ternyata, metode ini sangat aman, bahkan sampai sekarang masih kami pakai. Mungkin karena rentan waktu yang tidak terlalu cepat dalam men-follow satu akun, sehingga Instagram menganggap itu adalah kegiatan manusia, padahal robot Gramcaster.

Jadi, berapa batas follow Instagram per hari pada tahun 2019 ini? Jika dihitung 30 akun per 2 jam, maka jumlahnya sekira 360 akun per hari. Ingat, ini dengan catatan 30 akun per 2 jam yang dilakukan teratur ya.

Kalaupun Anda masih terkena shadow banned juga, Anda bisa kurangi jumlah follow-nya per 2 jam. Mungkin 20 per 2 jam, atau bahkan 10 per 2 jam. Apapun itu, cobalah bereksperimen kawan.

Artikel ini dibuat oleh Hotlas Mora (Social Media Marketer & Branding Enthusiast). Baca tulisan Hotlas Mora lainnya di sini.

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!