Baru Terbit

Tanda-tanda Hamil Muda Yang Harus Kalian Pahami

01 February 2019
Pasangan suami istri mana sih di dunia yang tidak akan bahagia saat dikaruniai seorang anak? Tentu saja mereka akan merasa bahagia dengan hadirnya si buah hati ke dunia. Itu sebabnya, mengapa kehamilan menjadi momen yang paling dinanti-nanti oleh setiap pasangan suami istri.

Saat hamil muda, ada beberapa jenis kuliner yang tidak boleh kita konsumsi. Ya, kuliner tersebut diantaranya adalah daging mentah, keju mentah, buah nanas, buah pepaya muda, daun pepaya, makanan laut yang mengandung merkuri, makanan berlemak, minuman beralkohol, dan minuman bersoda.

Hamil muda, ciri-ciri hamil muda, perempuan hamil muda
Ilustrasi (foto: Doktersehat)
Pada trimester kehamilan pertama, biasanya terdapat beberapa ciri-cirinya. Namun, tidak semua dari kita dapat mengetahui ciri-ciri tersebut.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan mengulas seputar beberapa ciri ciri hamil muda. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Morning Sickness


Tanda-tanda hamil muda yang pertama dan yang harus kalian pahami, yakni adanya morning sickness. Apa sih yang dimaksud dengan morning sickness? Morning sickness ini merupakan sebuah kondisi mual-mual dan muntah-muntah, yang kerap terjadi di pagi hari. Selain terjadi di pagi hari, kondisi yang satu ini juga bisa terjadi pada siang, sore, dan malam hari. Meskipun tidak semua ibu hamil akan mengalami morning sickness, namun kebanyakan dari mereka selalu dihadapkan pada kondisi morning sickness ini. Menurut para dokter kandungan, kondisi morning sickness ini disebabkan karena adanya perubahan hormone estergogen dalam tubuh.

2. Indera Penciuman Menjadi Sensitif


Sama halnya dengan kondisi morning sickness, perubahan hormone esterogen dalam tubuh juga mengakibatkan indera penciuman kita menjadi lebih sensitive. Itu sebabnya, mengapa kita akan merasakan mual-mual saat mencium aroma yang terlalu menusuk seperti aroma parfum, aroma masakan, aroma daging, dan lain sebagainya.

3. Muncul Flek Darah Yang Disertai Kram Pada Perut


Meskipun kita sedang tidak menstruasi, namun akan ada bercak atau flek darah yang keluar dari organ intim. Kondisi ini pun dikarenakan embiro tengah menempel pada bagian dinding rahim, sehingga memicu bercak darah yang keluar melalui organ intim. Biasanya, bercak darah tersebut akan muncul sebelum 8 – 10 hari mentruasi, atau setelah terjadinya ovulasi. Selain muncul bercak darah, kondisi ini juga akan diikuti dengan kondisi kram pada bagian perut lho. Namun setelah memasuki trimester kehamilan kedua, kondisi ini pun akan hilang dengan sendirinya.

4. Ngidam Pada Makanan-makanan Tertentu


Inilah salah satu tanda-tanda yang paling sering kita jumpai pada wanita hamil muda, dimana mereka kerap ngidam dan ingin memakan makanan-makanan tertentu. Ya, biasanya kita akan ngidam pada makanan-makanan yang segar seperti rujak, bakso, mie ayam, dan lain sebagainya.

5. Sering Buang Air Kecil


Tanda-tanda berikutnya dari hamil muda yang harus kalian pahami, yaitu sering buang air kecil. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ya, hal itu dikarenakan janin dalam rahim sedang menekan kantung kemih, sehingga memicu peningkatan frekuensi pada air seni.

6. Mudah Lelah dan Mudah Mengantuk


Di trimester kehamilan pertama, maka akan ada perubahan pada hormone estorogen dan progesterone. Nah, perubahan hormone tersebutlah yang membuat tubuh kita menjadi mudah lelah dan mudah mengantuk.

Baca Juga: Berikut ini Nama Bayi Laki-Laki yang Unik

Itulah beberapa tanda-tanda hamil muda yang harus kalian pahami selama masa kehamilan. Tak hana itu saja, kalian juga tidak boleh lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi selama kehamilan.

6 comments:

  1. Hamil muda setiap individu berbeda beda ya. Ada yang terkesan "menyulitkan" ada yang biasa biasa saja bahkan nyaris tidak bikin "ulah" sama sekali.

    Semoga sehat selalu saja buat yang sedang hamil muda. Lancar sampai lahiran dan bahagia semuanya menyambut kehadiran si buah hati.

    ReplyDelete
  2. Banyak ya tanda-tanda kehamilan itu. Jadi ibu tidak mudah, begitu juga menjadi suami. Suami harus selalu siaga dan sigap dalam segala situasi

    ReplyDelete
  3. Ibu harus tahu bahwa kehamilan akan memiliki efek langsung dan tidak langsung. Dukungan suami dan keluarga terdekat jadi support terbaik

    ReplyDelete
  4. Wah nomor satu aku ngalaminnya luanya luar biasa tuh. Salah satunya malas mandii haha

    ReplyDelete
  5. Hamil muda tiap2 orang ciri2nya berbeda2 ya.. Malah ada suaminya yang justru ngidam..

    ReplyDelete
  6. sebagai calon suami, perlu juga nih tahu tanda-tanda ketika istri hamil muda, saya tahunya cuma ngidam saja, hehee

    ReplyDelete

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!