Baru Terbit

Sehatkan Raga dan Jiwa dengan Hidup di Desa

27 February 2019
Sehatkan Raga dan Jiwa dengan Hidup di Desa
Ilustrasi kehidupan desa (foto: boredpanda.com)

Kamu punya masalah jiwa dan raga? Sebaiknya kamu tinggal di desa untuk waktu yang lama. Ada banyak manfaat yang bisa kalian terima, serta kebahagiaan jiwa yang mungkin tak terlupakan.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Universitas Aarhus di Denmark membuktikan bahwa anak-anak yang dibesarkan di pedesaan menghadapi risiko depresi 55% lebih rendah di kemudian hari ketimbang anak kota.

Penelitian ini dilakukan terhadap 1 juta anak di Denmark. Menurut ketua tim peneliti, Dr Kristine Engemann, dari Departemen Bloscience, tumbuh dewasa di perdesaan dapat melindungi kesehatan mental saat dewasa. Sebab, ruang hijau membantu menciptakan komunitas yang ramah serta mendorong orang untuk berolahraga.

Baca Juga: Teori 'Receh' Soal Korelasi Porsi Makan dan Usia

Hasil penelitian tersebut pun dimuat di jurnal Prosiding National Academy of Sciences. "Ini kemudian meningkatkan perkembangan kognitif anak, yang dapat berdampak positif bagi kesehatan mental mereka," ujar Engemann

Jauh Dari Penyakit


Selain lebih sehat jiwanya, para warga yang hidup di desa juga lebih sehat raganya. Salah satu penyakit yang jauh dari orang-orang desa adalah penyakit asma.

Udara bersih membuat siapapun yang besar di desa jauh lebih sehat ketimbang orang kota. Bahkan, jika orang kota punya penyakit asma dan tinggal di desa dalam jangka waktu lama, peluang sembuhnya akan semakin besar.

Sehatkan Raga dan Jiwa dengan Hidup di Desa
Ilustrasi kehidupan desa (foto: boredpanda.com)

Tidak hanya itu, menurut Profesor Carole Ober dari Chicago University, seseorang yang tinggal di desa memiliki umur yang lebih panjang. "Kehidupan di desa lebih memungkinkan seseorang hidup dengan bahagia, nyaman dan sehat," kata Carole, seperti dilansir tuminesia.com.

Menurut Carole, hidup di desa dan bekerja sebagai petani dapat melatih kekebalan tubuh jauh lebih optimal.

Studi di New England Journal Of Medicine yang telah meneliti masyarakat Amish di Amerika Serikat juga membuktikan bahwa orang yang memilih tinggal di desa bisa lebih sehat karena jarang menggunakan alat-alat elektronik.

Baca Juga: Lihat Masalah Kesehatan Anda Hanya Lewat Kepribadian

Tidak hanya itu, masyarakat desa juga jauh dari aktivitas industri seperti pabrik yang menghasilkan banyak polusi.

Faktor-faktor tersebut menjadi jawaban kuat mengapa banyak orang-orang desa lebih sehat. Belum lagi tumbuhan, hewan dan segala yang ada di desa setidaknya mampu mendukung kesehatan setiap anak untuk menjadi lebih baik, kebal dan mengagumkan di masa depan..

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!