Baru Terbit

Tolong Kurangi Jibunnya Sampah Plastik

28 February 2019
Mengurangi Sampah Plastik Dimulai Dari Diri Sendiri


Semakin hari semakin buruk, semakin lama semakin ada-ada saja, itulah permasalahan lingkungan di Indonesia. Salah satu masalah yang dihadapi negeri ini ialah bejibunnya jumlah sampah plastik.
Sampah jenis ini merupakan momok bagi kelangsungan lingkungan.

Sifat sampah plastik yang sulit terurai menyebabkan permasalahan pada tanah. Kesuburan tanahnya akan berkurang dan tidak lagi seperti lagu Koes Plus yang "Kolam Susu".

"Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman"

Tidak lagi seperti itu ya kawan....

Apalagi, masyarakat masih saja suka membuang plastik sembarangan, seperti di sungai misalnya. Belakangan kan ada yang viral tuh, seorang warga buang sampah di depan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Seperti itulah kira-kira sifat warga Indonesia yang senang menghapus pengertian empati dan simpati di pikirannya.

Padahal, sampah itu akan mengalir ke laut dan dapat mengganggu kelangsungan ekosistem. Belum lagi sampah plastik bisa menyebabkan kebanjiran. Nanti marah-marah deh ke pemerintah karena kebanjiran. Woy! aliran di sungai terhambat itu karena sampah-sampah kalian juga.

Baca Juga: Sehatkan Raga dan Jiwa dengan Hidup di Desa

Tak dapat dimungkiri semakin lama penggunaan plastik semakin masif. Mulai dari bungkus makanan, kantong belanja, sedotan, dan sebagainya. Memang, sampah plastik sangat praktis digunakan dan tahan lama, makanya kampanye anti sedotan seperti kurang terasa ya?

Namun, tolonglah sadar, penggunaan plastik yang berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan Indonesia. Tidak hanya Indonesia, bahkan dunia.

Mulai Dari Diri Sendiri




Menciptakan Indonesia yang bersih dari sampah plastik merupakan tanggung jawab seluruh komponen. Baik pemerintah, swasta, masyarakat, terutama diri kita sendiri.

Kita harus sadar, penggunaan plastik yang berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan Indonesia. Mengurangi penggunaan plastik dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang penting mulai biasakanlah tidak menggunakan bahan ini.

Salah satu caranya dengan membawa kantong yang ramah lingkungan dari rumah saat hendak berbelanja. Lalu cara lainnya dengan menggunakan botol minuman yang bukan dari kemasan plastik, serta pakailah sesuatu yang ramah lingkungan.

Gerakan Indonesia bersih penggunaan sampah plastik dapat terealisasikan jika ada komitmen dari diri kita. Semua dimulai dari diri sendiri.

Jika sudah cukup kuat menahan penggunaan plastik, coba mulai menyadarkan teman-temanmu untuk tidak menggunakan plastik juga. Langkah awal untuk tetap menjaga lingkungan Indonesia bersih dari sampah kantong plastik pun dapat terelisasikan dengan cukup baik. Kapan lagi, Indonesia punya lingkungan sehat kalau tidak dimulai dari diri kita sendiri? Yuk jaga kelangsungan ekosistem dan hidup lebih positif.

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!