Influencer Bijak ala Denny Siregar - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

16 January 2019

Influencer Bijak ala Denny Siregar

Bagaimana cara kamu menggunakan media sosial? Apakah hanya untuk berbagi foto dan menjadi kenangan, atau memanfaatkannya dan membantu ringankan keuangan?

Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung bagaimana memaksimalkan media sosial. Bahkan, mungkin juga ada yang tidak kepikiran soal peluang besar dari alat komunikasi dalam jaringan (daring) tersebut.

Namun, ketahuilah, media sosial bukan hanya platform biasa. "Media sosial (adalah) media penyampai gagasan," begitu kata Denny Siregar, salah satu influencer yang cukup terkenal di Indonesia.

Cara jadi influencer, cara jadi influencer politik, influencer politik bijak, influencer denny siregar, tips denny siregar, tips jadi influencer, bijak di media sosial


Denny, memang begitu tenar dengan gagasan-gagasannya. Pemikirannya yang unik dan sedikit menggelitik, membuatnya mudah diingat banyak orang.

Seorang bapak yang besar di Bandung dan berkuliah di Surabaya ini memang kerap mengomentari masalah politik di blog maupun media sosialnya. Bahkan, beberapa kali tulisannya menjadi masalah dan menyebabkan adu argumen. Salah satunya dengan Rocky Gerung, seorang filsuf, akademisi dan intelektual publik yang kerap tampil di televisi mengomentari masalah perpolitikan di Indonesia.

Namun, bukan masalah itu yang ingin Tuminesia bahas. Kami ingin membahas tips yang diberikan oleh Denny Siregar soal bagaimana cara menjadi influencer bijak di media sosial.

Berikut 6 cara menjadi influencer bijak versi Denny Siregar, seperti dirangkum Tuminesia.com dari Moneysmart.id:

1. Jangan Niat jadi Influencer


Lho kok jangan niat jadi influencer? Ya, untuk langkah pertama, jangan fokus menjadi influencernya, melainkan buatlah karya-karyamu terlebih dahulu.

Awalnya, Denny hanya menulis pemikiran-pemikirannya di statsu Facebook. Sampai suatu saat, Denny mendapat tips membuat blog dari temannya, sehingga munculah blognya, Dennysiregar.com.

Pada awal blognya rilis pada 2012, ia lebih sering menulis soal spiritual. Bahkan, ia sampai membuat buku dengan judul Tuhan dalam Secangkir Kopi, Bukan Manusia Angka, dan Ngopi Bareng Denny Siregar.

Baca Juga: Mahasiswa dan Freelancer, Apakah Bisa?

Berdasarkan pengalamannya tersebut, Denny menyarankan untuk perbanyak ilmu terlebih dahulu agar bisa menyajikan konten yang konsisten. Ia ogah melakukan tindakan konyol hanya demi terkenal, seperti menyebar hoax, dan mengeksploitasi diri.

Adapun bacaan Denny Siregar untuk memperkaya ilmunya ialah Majalah Tempo. Sementara untuk video yang sering ia tonton adalah Dunia Dalam Berita.

2. Jadi Provokatif


Setelah konsisten membuat sejumlah konten, selipkanlah konten-konten provokatif. Sedikit nakal, banyak akalah kira-kira.

Denny tak memungkiri bahwa netizen memang sangat tertarik pada headline-headline menggigit. Terpenting, kalian tidak menyampaikan konten busuk (zonk) alias tidak nyambung dengan judul artikelmu.

3. Punya Ciri Khas

Cara jadi influencer, cara jadi influencer politik, influencer politik bijak, influencer denny siregar, tips denny siregar, tips jadi influencer, bijak di media sosial
Foto Denny Siregar #10yearschallenge (Sumber: Instagram)

Adapun ciri khas dari Denny Siregar ialah "Write what you talk" alias "bahasa ngomong". Jadi, ia menuliskan sejumlah meme sampai artikel dengan bahasa lisan. Itulah ciri khasnya.

Gaya tulisannya itu didapatkan karena ia pernah bekerja sampingan di salah satu radio di Surabaya sebagai jurnalis. Saat itu, selain menulis, ia juga membacakan beritanya kepada para pendengar.

Baca Juga: Hanya 24 Jam Influencer ini Cetak Rp56 Miliar

Dari bahasa ngomong itu pula, tulisannya mudah dimengerti berbagai kalangan. Baik anak muda, ibu-ibu, sampai kakek-kakek pun paham, karena tulisannya seperti mengobrol langsung dengan pembaca.

Jika kalian sudah punya karakter, maka kalau tulisan kalian di copy paste, orang-orang sudah tahu bahwa itu tulisan kalian. Maka, itulah pentingnya berkarakter, yaitu agar mudah diingat dan tidak mudah dibajak.

4. Jadi Influencer Politik tanpa Jadi Politikus


Jika kalian ingin menjadi influencer politik, kalian tidak perlu terjun menjadi politikus. Bagi Denny, independen itu nilai yang harus dijaga.

“Saya gak mau masuk di dalam tim. Kalau saya di dalam, saya tidak clear. Jadi kader, hal yang saya hindari. Kalau saya jadi anggota partai, orang gak bakal melihat saya sebagai orang yang independen. Independen itu nilai," kata Denny.

5. Tidak Perlu Debat


Meskipun Denny pernah bermasalah dengan Rocky Gerung, ia menyarankan kalian para calon influencer terkenal untuk tidak debat soal politik. Abaikan saja komentar-komentar negatif soal dirimu.

Namun, buatlah postingan terbaru yang menjawab komentar negatif tersebut. Sehingga terjadilah pencerahan terhadap pembaca dan keberimbangan antara kalian dengan orang yang berkomentar negatif tersebut.

6. Pakai Medsos untuk Kesempatan Lain

Influencer Bijak ala Denny Siregar
Denny bersama Arcandra Tahar (foto: Instagram Dennysiregar)


Maksudnya ialah, jika kalian sudah terkenal di media sosial, pakailah nama kalian untuk projek-projek lain. Denny mengaku, tidak banyak uang yang ia raih dari media sosial, melainkan paling banyak dari dunia nyata.

“Pendapatan saya sebenarnya gak banyak dari sebagai influencer (red: media sosial). Pendapatan saya malah lebih banyak dari bisnis yang lain. Saya sebenarnya lebih ke mengkapitalisasi nama saya sendiri,” paparnya.

Baca Juga: Instagramer: Antisosial, Egois, Ogah Bergaul? 

Beberapa kesempatan yang kini diperoleh oleh Denny, antara lain jadi konsultan di bidang politik. Kemudian, dia juga menulis untuk media online dan kini tengah membangun startup di bidang penerbitan buku.

Katanya, bisnis Denny kali ini bahkan terbilang jauh sekali dari karakter Denny Siregar yang ditangkap masyarakat. Denny sedang membangun startup self-publishing bernama Baboo. Startup tersebut sudah hadir sekitar setahunan lalu.
Pria kelahiran Medan itu mengungkapkan, Baboo telah diramaikan 14 ribu user.

Itu dia 6 tips menjadi influencer versi Denny Siregar. Buat kamu yang ingin menjadi influencer politik, boleh banget nih jadi acuan. Semoga kamu bisa mewujudkannya jadi nyata ya.

Semangat sobat tumi!

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!