Baru Terbit

5 Cara Hemat saat Kuliah versi Tuminesia

08 January 2019
Studi di perguruan tinggi, memang perlu biaya yang cukup tinggi. Selain biaya kuliah dan perlengkapannya, membeli buku atau praktikum, ada juga sejumlah hal yang bisa membuat kantong bolong. Misalnya terlalu sering nongkrong dengan teman atau melakukan kegiatan hiburan lainnya.

Tips hemat kuliah, hemat mahasiswa, mahasiswa hemat, kuliah hemat
Ilustrasi
Sebagai usaha untuk bisa tetap kuliah tanpa harus terkendala biaya, banyak mahasiswa mencari beasiswa, bekerja paruh waktu, atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Tapi, Tuminesia merangkum sejumlah cara menjadi 5 saja. Apa saja? Baca berikut ini:

1. Minimalisir Buku


Teknologi saat ini sudah cukup maju, buku tidak lagi melulu berbentuk fisik, beberapa ada yang dibuat dalam format digital (e-book maupun audiobook) dan disediakan dengan cuma-cuma. Hal ini bisa menekan pengeluaran kamu.

Kalaupun buku yang diperlukan hanya tersedia dalam bentuk fisik, coba cari buku tersebut di pasar loak yang menjual buku-buku bekas. Selagi berburu buku, di tempat ini kamu juga bisa menjual buku-buku yang dirasa sudah tidak relevan atau tidak dibutuhkan pada masa mendatang.

2. Buat Catatan Pengeluaran


Buatlah catatan pengeluaran yang terperinci. Kamu bisa membuat buku catatan keuangan itu sesuai periode, misal sebulan sekali, seminggu sekali, atau bahkan sehari sekali. Dengan cara ini, kamu bisa memantau dan memilah pengeluaran yang berlebihan. Sehingga, kamu akan mudah menentukan modal yang lebih bijak.

3. Sisishkan Uang Tiap Bulan


Kuliah hemat, duit hemat, mahasiswa hemat, hemat, kampus
Ilustrasi (foto: brilio.net)


Sisihkan uang minimal 5% dari uang jajanmu setiap bulan untuk ditabung. Jika dilakukan rutin, walaupun tabunganmu sedikit, lama-lama akan menjadi bukit. Masih ingat kan pepatah klise itu, hahaha. Masih berlaku lho sampai kapanpun.

Baca Juga:
Mahasiswa dan Freelancer, Apakah Bisa?
Traveling Hemat ke Luar Negeri ala Mahasiswa
Paruh Waktu, Penuh Waktu atau Pengusaha?


Usahakan tabunganmu ini tidak diganggu atau diambil seenaknya. Kecuali, ada keperluan yang sangat mendesak, barulah kamu boleh ambil.

4. Kurangi Nongkrong


Kumpul sama teman dan ngobrol ngalor-ngidul memang perlu dilakukan untuk menjada relasi dan keakraban. Namun, acap kali aktivitas ini membuat kamu mengeluarkan uang yang sebetulnya tidak perlu. Misal, membeli makanan ringan, minuman ringan, dan bermacam hal lain yang kelihatannya murah, tapi kerasa juga lama-lama.

Untuk menyiasati hal ini, buat acara sekreatif mungkin supaya teman-teman bisa berkumpul tanpa harus mengeluarkan uang cukup banyak. Tak perlu keluar rumah, acara tersebut juga bisa dilakukan di dalam rumah.

5. Jangan Murahan


Jangan murahan artinya jangan mudah tergiur pada berbagai macam tawaran. Apapun itu, pikirkan sampai 4 kali, apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut. Jawablah minimal 4 pertanyaan, kenapa harus membeli, bagaimana akibatnya, apakah ini penting, dan berapa modal yang harus dikeluarkan.

Itulah, beberapa tips buat kamu para mahasiswa. Uang dijaga, karena mencarinya pun susah payah haha.

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!