Takut Tua? Makanlah Jeruk ~ Tuminesia - Media Inspiratif Indonesia //-----Scripts Komen Facebook -------
//---------


Baru Terbit

Takut Tua? Makanlah Jeruk

18 October 2018
Jeruk biasa ditemukan banyak orang di kondangan-kondangan. Namun sayang seribu sayang, manfaatnya malah sering terabaikan.

Makan buah jeruk, apalagi yang manis, memang mengasyikkan. Ditambah kandungan vitamin C yang tinggi, membuat buah ini semakin sulit ditolak untuk dimakan.

Makanlah Buah Jeruk Manis

Tapi tahukah kamu? Buah jeruk ternyata bisa bikin kamu awet muda. Ya awet muda!

Sangat cocok buat kamu yang mengingini kulit kencang dan sehat di hari tua kelak. Paling tidak, umur 35 masih bisa dipanggil kakak.

Kandungan buah jeruk yang bernutrisi tinggi, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit serius. Termasuk kanker dan penyakit jantung.

Dr Sarah Brewer dan Juliette Kellow, ahli nutrisi dalam bukunya yang berjudul Eat Better, Live Longer: Understand What Your Body Needs to Stay Healthy, menyebutkan bahwa makan jeruk adalah salah satu kunci untuk memiliki umur panjang.

Direkomendasikan, konsumsilah satu buah jeruk setiap harinya. Dengan begitu, manfaat buah jeruk semakin optimal terasa.

Baca Juga: Lelaki Perlu Tes Kesehatan Sesuai Usianya

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk adalah komponen penting dalam pembentukan kolagen. Adapun kolagen, dapat membantu memperbaiki jaringan, menyembuhkan luka, dan membuat kulit terlihat lebih halus.

Seperti dilansir dari Metro.co.uk, terdapat studi yang menganalisis 115 ribu orang dewasa, mulai dari sering memakan jeruk dan sampai tidak pernah memakan jeruk. Dari studi itu, ditemukan bahwa individu yang mengonsumsi buah jeruk dengan porsi tinggi, memiliki penurunan risiko stroke sebesar 28 persen.

Tidak hanya baik untuk kulit, manfaat buah jeruk juga berperan menurunkan kadar kolesterol.

Lebih Baik Makan Jeruk Langsung


Manfaat buah jeruk manis
Jeruk dengan benang putih (foto: pixnio.com)
Menurut Brewer dan Kellow, sebaiknya kita mengonsumsi jeruk secara utuh daripada mengolahnya menjadi jus. Hal ini karena kandungan hesperidin, zat yang bisa menurunkan kolesterol, banyak terdapat pada benang-benang putih yang menempel pada daging jeruk. Kalaupun dibuat jus, maka mintalah benang-benang putih itu tidak dibuang, sehingga total khasiat jeruk utuh.


Tidak hanya daging dan benang putihnya yang berkhasiat, ternyata kulit jeruk juga memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada buah jeruk itu sendiri. Sehingga, menurut Brewer dan Kellow, kita bisa menambahkan parutan kulit jeruk pada masakan.

Baca Juga: 5 Cara agar Tubuhmu Lebih Ideal

Lebih lanjut, Brewer dan Kellow menyarankan kita untuk menyimpan jeruk sebelum dikonsumsi. Sebaiknya, jeruk diletakkan pada suhu ruang karena jeruk akan menghasilkan air yang lebih banyak jika disimpan pada suhu hangat.

Jadi, sudah paham kan manfaat jeruk apa saja? Jangan malas mengonsumsi buah manis bercampur asam ini. Sayang khasiatnya, sayang tubuh Anda.

Salam sehat sobat tuminesia :). Temukan artikel gaya hidup lainnya di kanal semarak.