Takut Tua? Makanlah Jeruk - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

18 October 2018

Takut Tua? Makanlah Jeruk

Jeruk biasa ditemukan banyak orang di kondangan-kondangan. Namun sayang seribu sayang, manfaatnya malah sering terabaikan.

Makan buah jeruk, apalagi yang manis, memang mengasyikkan. Ditambah kandungan vitamin C yang tinggi, membuat buah ini semakin sulit ditolak untuk dimakan.

Makanlah Buah Jeruk Manis

Tapi tahukah kamu? Buah jeruk ternyata bisa bikin kamu awet muda. Ya awet muda!

Sangat cocok buat kamu yang mengingini kulit kencang dan sehat di hari tua kelak. Paling tidak, umur 35 masih bisa dipanggil kakak.

Kandungan buah jeruk yang bernutrisi tinggi, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit serius. Termasuk kanker dan penyakit jantung.

Dr Sarah Brewer dan Juliette Kellow, ahli nutrisi dalam bukunya yang berjudul Eat Better, Live Longer: Understand What Your Body Needs to Stay Healthy, menyebutkan bahwa makan jeruk adalah salah satu kunci untuk memiliki umur panjang.

Direkomendasikan, konsumsilah satu buah jeruk setiap harinya. Dengan begitu, manfaat buah jeruk semakin optimal terasa.

Baca Juga: Lelaki Perlu Tes Kesehatan Sesuai Usianya

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk adalah komponen penting dalam pembentukan kolagen. Adapun kolagen, dapat membantu memperbaiki jaringan, menyembuhkan luka, dan membuat kulit terlihat lebih halus.

Seperti dilansir dari Metro.co.uk, terdapat studi yang menganalisis 115 ribu orang dewasa, mulai dari sering memakan jeruk dan sampai tidak pernah memakan jeruk. Dari studi itu, ditemukan bahwa individu yang mengonsumsi buah jeruk dengan porsi tinggi, memiliki penurunan risiko stroke sebesar 28 persen.

Tidak hanya baik untuk kulit, manfaat buah jeruk juga berperan menurunkan kadar kolesterol.

Lebih Baik Makan Jeruk Langsung


Manfaat buah jeruk manis
Jeruk dengan benang putih (foto: pixnio.com)
Menurut Brewer dan Kellow, sebaiknya kita mengonsumsi jeruk secara utuh daripada mengolahnya menjadi jus. Hal ini karena kandungan hesperidin, zat yang bisa menurunkan kolesterol, banyak terdapat pada benang-benang putih yang menempel pada daging jeruk. Kalaupun dibuat jus, maka mintalah benang-benang putih itu tidak dibuang, sehingga total khasiat jeruk utuh.


Tidak hanya daging dan benang putihnya yang berkhasiat, ternyata kulit jeruk juga memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada buah jeruk itu sendiri. Sehingga, menurut Brewer dan Kellow, kita bisa menambahkan parutan kulit jeruk pada masakan.

Baca Juga: 5 Cara agar Tubuhmu Lebih Ideal

Lebih lanjut, Brewer dan Kellow menyarankan kita untuk menyimpan jeruk sebelum dikonsumsi. Sebaiknya, jeruk diletakkan pada suhu ruang karena jeruk akan menghasilkan air yang lebih banyak jika disimpan pada suhu hangat.

Jadi, sudah paham kan manfaat jeruk apa saja? Jangan malas mengonsumsi buah manis bercampur asam ini. Sayang khasiatnya, sayang tubuh Anda.

Salam sehat sobat tuminesia :). Temukan artikel gaya hidup lainnya di kanal semarak.

14 comments:

  1. Wah selama ini suka makan buah jeruk itu benang putihnya malah suka dibuangin. Hikz! Padahal ternyata itu sangat berkhasiat ya. Trims infonya Sob...
    Harus diperbaiki nih cara makan keroknya kalau gitu.

    ReplyDelete
  2. Yes, aku penggemar jeruk, jeruk apa saja, baik yang rasanya masam, maupun yang manis, hehehe.
    Kerasa banget jeruk memang enak di bodi

    ReplyDelete
  3. Huaaaa.... buah tropis yang akusuka, gampang didapat dan murah serta menyimpan banyak manfaat. Aku mah emang sering beli jeruk, di tempatku kalau musim panen raya cuman 5rb sekilo... bahagiaaa makannya

    ReplyDelete
  4. Jeruk adalah salah satu buah favorit saya. Tapi lebih suka jeruk yang manis sih. Kalau yang rasanya asem kurang suka. Soalnya selain nyegerin, jeruk juga bermanfaat banget buat kesehatan.

    ReplyDelete
  5. Buah jeruk favorit aku dan anak-anak, gampang belinya, selalu sedia di pasar, rasa asamnya seger apalagi kalau asam-asam manis gitu, kandungan vitamin C memang banyak manfaatnya untuk kesehatan ya

    ReplyDelete
  6. Oke dehhh makan jeruk aja ya setiap hari biar sehat dan awet muda terus ga peelu skin care lagi deh hehe.

    ReplyDelete
  7. Aku makan jeruk jarang sih dibukain benang putihnya krn memamg tdk mengganggu ternyata bermanfaat banget ya...:)

    ReplyDelete
  8. Waktu belum tau kalau makan jeruk suka dibuangin tuh benang-benang putihnya, sekarang sih langasung lep deh. Dan ternyata jeruk ini khasiatnya luar dalam ya, sampai kulitnya pun punya manfaat sendiri. Ckckckckck, luar biasa.

    ReplyDelete
  9. Saya juga suka buah jeruk, dan saya klo makan buah jeruk iyu benang putihnya suka saya buang-buang, padahal itu bagus juga buat kesehatan ya. Baiklah nanti tidak akan saya buang-buang lagi. Makasiih sharingnya. :)

    ReplyDelete
  10. Saya percaya manfaat dari makan buah-buahan, apalagi jeruk yang kaya akan vitamin c, dan makan buah itu sehat, baik untuk kulit, jadi untuk manfaat awet mudanya bisa banget terwujud

    ReplyDelete
  11. Aku suka banget makan buah jeruk. Apalagi jeruk medan rasanya manis banget. Kalau asem tuh aku kurang suka

    ReplyDelete
  12. Wahh baru tahu nih kalo jeruk bikin awet muda. Aku taunya cuma kandungan vit C aja. Oke deh cuss kupas jeruk hehe

    ReplyDelete
  13. wahhh harus lebih rajin lagi makan jeruk nih biar awet muda, hehehe. hmmm, ternyata benang putihnya itu jangan dibuang yaa, noted, soalnya selama ini saya suka buang

    ReplyDelete
  14. wahhhhhhhh, kalau iniii mahhh buah favorit segala umat nih. ternyata manfaatnya luar biasa yaaa xD

    ReplyDelete

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!