Traveling Hemat ke Luar Negeri ala Mahasiswa - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

04 September 2018

Traveling Hemat ke Luar Negeri ala Mahasiswa

Bagi beberapa orang, traveling merupakan suatu cara untuk membahagiakan diri sendiri. Selain mendamaikan urusan pribadi, kegiatan traveling juga jadi sebuah pemenuhan gaya hidup masa kini.

Traveling bisa dilakukan ke mana saja. Namun, akan makin mengasyikkan bila pergi ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi, misalnya luar negeri. Anda akan mendapatkan pengalaman dan pelajaran baru dari negara tersebut. Apalagi jika negara yang dikunjungi memiliki beberapa perbedaan dengan negara Anda berasal.

Tentunya terasa menyenangkan sekaligus menantang, bukan?


Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri
Ilustrasi liburan ke luar negeri (Foto Instagram: @bachtiaradiguna)

Namun, hal tersebut akan berbanding terbalik apabila Anda kurang berhati-hati dalam merencanakannya. Bukannya membuat hati senang, kegiatan traveling malah jadi beban.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang patut diperhatikan ketika akan melakukan traveling, khususnya untuk tujuan ke luar negeri.

Bachtiar Adiguna, seorang mahasiswa yang sering menghabiskan waktu liburannya sebagai traveler, membagikan ceritanya kepada Tuminesia.com tentang tips berpergian ke luar negeri. Berikut tipsnya di bawah ini.

1. Selalu Bawa Adaptor Extension

Tips Traveling ke Luar Negeri ala Bachtiar - Adaptor Extension
Ilustrasi Adaptor Extension (foto: mad4tools.com)

Mungkin Anda tidak akan merasa khawatir apabila tidak membawa adaptor extension kala berlibur di ranah sendiri, namun Anda akan menyesal apabila lupa membawa barang tersebut saat hendak traveling ke luar negeri.

Menurut Bachtiar, atau yang biasa disapa Tiar, setiap negara memiliki standar colokan yang berbeda-beda. Jadi ia menyarankan Anda membawa adaptor extension ketika traveling keliling Asia atau Eropa, sehingga kegiatan jalan-jalan Anda tidak akan terganggu.

2. Siapkan Botol Minuman Kosong


Tips Traveling (on budget) ke Luar Negeri ala Bachtiar Adiguna
Ilustrasi bawa tempat minum (foto: tirto.id)


Tips ini berlaku untuk perjalanan ke mana saja. Namun pada umumnya, di bandara internasional dan titik tempat wisata tertentu seperti Jerman, Belanda, hingga Malaysia, telah menyiapkan tempat isi ulang air minum.

"Daripada harus beli, mengapa tidak memanfaatkan fasilitas yang ada?" ucap Tiar.

3. Boost The Energy

Tips Traveling (on budget) ke Luar Negeri ala Bachtiar Adiguna
Ilustrasi bugar bahagia (foto: lifehackbootcamp.com)

Berdasarkan pengalaman lelaki yang sudah menginjakkan kakinya di Negeri Eropa, melakukan kegiatan traveling harus dalam keadaan bugar dan mood yang baik.

"Kalau selama perjalanan tubuh dalam keadaan sakit, apalagi mood sedang tidak bagus, maka jalan-jalan cuma buang-buang uang," ungkap Tiar.

Baca Juga: Cara Mudah Menjadi Pengusaha Tour Travel hanya dengan 1 Aplikasi HP

Selain itu, tubuh juga harus beradaptasi dengan iklim negara yang Anda kunjungi, terutama yang beriklim non-tropis. Oleh karena itu, diperlukan kondisi tubuh dan mood yang baik saat hendak traveling.

Tiar menyarankan, saat hendak memulai perjalanan, coba lakukan sesuatu yang bisa meningkatkan mood. Contohnya, minum kopi di pagi hari. Menurut Tiar, tidak minum kopi sama saja dengan tidak hidup. Bagaimana dengan Anda?

4. Manfaatkan Alat Transportasi

Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri
Ilustrasi (Foto @bachtiaradiguna)
Hal ini tak bisa diabaikan, yang namanya berpergian ke tempat wisata satu ke tempat wisat lain pasti memerlukan moda transportasi. Biasanya, traveler yang memiliki banyak uang memilih cara praktis untuk menyewa mobil. Namun, bagi traveler on budget tentunya akan berpikir dua kali untuk melakukan itu.  Lebih baik uangnya diakomodasikan ke hal lain, ya bukan? 

Jadi, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini ialah dengan menaiki angkutan umum. Tiar menjelaskan, di beberapa negara kini banyak yang menyediakan paket transportasi khusus turis dengan harga promo yang lebih terjangkau, maka manfaatkanlah!

5. Menginap di Hostel Murah

Tips Traveling ke Luar Negeri
Ilustrasi Hostel (foto: revistaenfoque.cl)

Bagi traveler yang memiliki uang banyak pasti akan memilih hotel sebagai tempat peristirahatan yang nyaman, namun bagi Anda yang merupakan traveler on budget, memilih hotel sebagai tempat mengisi daya tubuh akan terdengar boros dan menguras kantong. Maka dari itu, cara menyiasatinya ialah dengan menginap di hostel.

Apa itu hostel?


Hostel merupakan tempat penginapan yang mirip asrama. Anda akan berbagi ruangan bersama penginap lain yang tidak Anda kenal. Bukan hanya ruangan, fasilitas yang disediakan juga untuk bersama alias umum.

Namun, tenang!

Kasur tetap untuk sendiri-sendiri, kok. Tiar mengatakan, walaupun biayanya murah, menginap di hostel tetap terasa nyaman dan seru.

"Apalagi bisa sambil berkenalan dengan penginap lain dan mendapatkan teman baru," katanya.

Tiar pun menjelaskan bahwa fasilitas hostel tidak terbilang buruk. Rata-rata sudah disediakan wi-fi, AC, dispenser sekaligus teh dan kopi yang bisa Anda nikmati secara gratis.

6. Manfaatkan Aplikasi Maps di Smartphone

Tips Traveling (on budget) ke Luar Negeri ala Bachtiar Adiguna
Ilustrasi Maps App (foto: mshcdn.com)

Tidak perlu takut tersasar jika traveling ke luar negeri. Manfaatkan teknologi di zaman yang serba digital ini.

Tiar mengatakan, daripada menyewa tour guide, lebih baik manfaatkan aplikasi seperti google untuk mencari tahu informasi terkait yang Anda inginkan.

"Gue ke mana pun modal Google Maps, apalagi sekarang banyak banget orang yang sudah pakai Google. Semua review tentang lokasi wisata juga ada," pungkasnya.


Sebenarnya masih banyak tips-tips traveling ke luar negeri yang bisa dibagikan oleh Tiar. Namun hal-hal ini sudah cukup untuk jadi pertimbangan demi indahnya liburan.

Jika Anda ingin tahu lebih lengkap soal tips traveling lainnya, Anda bisa langsung mengontak Tiar di Instagram, dengan nama akun @bachtiaradiguna

Baca Juga: 
Mahasiswa dan Freelancer, Apakah Bisa?
Bincang Bareng Jocelyn Valencia, Sukses Muda itu Bisa
================================
Artikel ini ditulis oleh: Maharani Sabillah

Ikuti terus artikel-artikel di Tuminesia.com - Media Baru juga Cerdas :)

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!