Tarif Pajak Kosmetik Impor Naik, Yuk Pakai ‘Gincu’ Dalam Negeri! - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

11 September 2018

Tarif Pajak Kosmetik Impor Naik, Yuk Pakai ‘Gincu’ Dalam Negeri!


instagram.com/polkacosmetics

Tertanda sejak awal bulan September, Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI), Sri Mulyani mengeluarkan kebijakan dalam Peraturan Menteri Keuangan tentang Pajak Penghasilan (PPh) barang impor.  Tercatat ada 1.147 barang impor yang tarif pajaknya naik, dan salah satu jenisnya ialah barang-barang kosmetik. Dilansir oleh tempo.co bahwa alasan Sri Mulyani menaikkan PPh barang impor ialah untuk mendorong (membantu) adanya penggunaan produk-produk hasil dalam negeri. 

Kebijakan tersebut tentu berdampak untuk para pecinta make-up atau yang sering disebut sebagai Make-Up Enthusiast. Terlebih, kini terhitung banyak produk dari luar negeri yang menjadi favorit bahkan kebutuhan bagi perempuan Indonesia. Terutama untuk gincu atau lipstik sebagai salah satu hal terpenting dalam make-up, semenjak tren kecantikan semakin berkembang, produk lipstik dari luar negeri pun berhasil merajai pasar kosmetik di Indonesia.

Naiknya tarif pajak impor berarti semakin mahalnya harga kosmetik merek luar negeri, termasuk harga lipstik. Eits! Tapi tenang saja, ada alternatif bagi kamu yang ingin tetap cantik dan gaya namun dompet tetap aman, yaitu dengan membeli produk dalam negeri. Selain menjaga keutuhan isi dompet, hal ini bisa juga membantu untuk memperkuat ekonomi Indonesia.

Terjamin kualitasnya, berikut sembilan gincu dalam negeri yang dapat kamu coba.

1. Polka
instagram.com/polkacosmetics

Berdiri atas inisiasi dari empat wanita Indonesia, yakni Tiara Adikusumah, Fitri Reksoprodjo, Astrid Rahma, dan Desty Uwais. Rilis pada tahun 2015, produk lokal ini sudah berhasil meraup pasar internasional, yaitu Malaysia, Filipina, Australia bahkan Amerika! Dengan menghadirkan suasana yang cheerful dan colorful, Polka hadir dengan warna yang cukup variatif, dari warna yang bernuansa nude hingga yang berani. Selain lipstik, Polka juga mengeluarkan produk untuk alis, lho.

2. Wardah

Rasanya produk yang satu ini sudah menjadi sahabat bagi para perempuan Indonesia. Selain mengeluarkan lipstik, Wardah juga menyajikan berbagai jenis produk make-up dan skincare yang cukup lengkap. Selain murah, kualitas Wardah sudah terjamin bagus terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diraih.

3. Mizzu
instagram.com/mizzucosmetics

Meskipun baru, merek lipstik lokal ini sudah sangat terkenal. Dikemas dengan warna monokrom, membuat Mizzu terlihat beda dan menarik dari kemasan lipstik biasanya. Tersedia banyak varian seperti Velvet Matte, Divine Gloss sampai Metallic Matte.

4. CORA Beauty

Merek lipstik ini hadir menjadi alternatif untuk si penyuka warna-warna antagonis seperti merah marun, coklat, dan ungu. Nggak perlu jauh-jauh pakai produk luar negeri untuk mendapatkan gothic look atau bold look, CORA Beauty bisa menjadi salah satu solusi paling tepat dan mudah untuk didapatkan. 

5. Looké

Jangan tertipu! Dari namanya memang terlihat seperti produk luar, namun faktanya Looke adalah produk asli Indonesia. Merek ini menghadirkan berbagai macam lip product seperti lip cream, lip balm dan lip polish. Khusus untuk yang detail dan sangat hati-hati dalam memilih kosmetik, Looke menjamin cruelty free dan tidak memakai paraben. Aman.

6. They Talk About

Merek pakai bahasa inggris belum tentu produk luar negeri, coba cek dulu keterangan pada kemasannya! Seperti They Talk About yang terbukti merek lipstik asal Indonesia. Tapi untuk kualitas, nggak beda jauh sama merek lipstik impor. Dengan menjamin hasil yang matte dan tahan lama, lipstik ini cocok untuk dipakai beraktivitas seharian.

7. Just Miss
instagram.com/justmiss.id
Murah dan bagus? Just miss, jawabannya! Hanya dibanderol dari harga Rp15.000,00 hingga Rp40.000,00, lipstik yang super matte ini bisa didapatkan. Selain harganya yang super affordable, lipstik ini juga tergolong sangat mudah untuk didapatkan. Bukan hanya tersedia di toko-toko besar saja, lipstik ini juga hadir di toko kosmetik biasa.

8. LT Pro

LT adalah singkatan dari La Tulipe, merek kosmetik lokal yang sudah terkenal dari dulu di Indonesia. LT Pro memang nama make-up line dari koleksi La Tulipe Cosmetique. Kemasan yang elegan dan nama yang catchy membuat pembeli sering salah menduga bahwa LT Pro merupakan produk impor.

9. Make Over

Sering dipakai oleh Make-up Artist ternama, Make Over menjadi salah satu merek kosmetik lokal yang paling disukai di Indonesia. Dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau, Make Over bisa jadi alternatif pilihan yang tepat. Produk lipstiknya pun bervariasi mulai dari formula liquid lip sampai lip gloss.


========================================================================

Ditulis oleh : Shintya Maharani

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!