Sorak-Serak Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Medan - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

24 September 2018

Sorak-Serak Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Medan

Dentuman teratur marching band memecah keheningan Minggu pagi (23/9/2018) kemarin di Medan, Sumatera Utara. Barisan rapih pasukan orkestra itu seakan melindungi api obor Asian Para Games 2018 yang sedang diarak menuju Lapangan Benteng, tempat digelarnya perayaan torch relay Asian Para Games 2018.

Menatap dari udara, saya mengikuti pawai obor Asian Para Games 2018 tersebut menggunakan bantuan drone. Tampak barisan pawai tertata cukup rapih, diikuti maskot Asian Para Games 2018, Momo.

Momo digambarkan sebagai seekor elang bondol kebanggaan Jakarta maupun Indonesia. Ia terlihat memakai sarung yang melilit di lehernya, khas gaya orang Betawi.

Pada pawai obor kali ini, meskipun punya sayap, Momo lebih memilih berjalan kaki bersama para pemegang obor Asian Para Games 2018. Ia tampaknya lebih ingin menjaga api bersejarah itu dari dekat, sampai kembali ke Lapangan Benteng, kalau bisa sampai Jakarta.

Tidak hanya Momo yang punya semangat menjaga api Asian Para Games 2018. Masyarakat Medan pun meneriakkan yel-yel penuh harapan dengan semangat yang sama: agar Asian Para Games 2018 sukses terselenggara di Jakarta dan Bogor.

Sorak-Serak Pawai Obor Asian Para Games 2018





Saut-menyaut biasa terdengar pada pawai kali ini. Setiap ada teriakan "INAPGOC", warga langsung bersorak "Inspiring", lalu "Spirit", dan "Sukses" untuk teriakan INAPGOC yang ke tiga. Sorakan itu pun bervariasi, bergema, sejak pawai berlangsung sampai di pos terakhir, Lapangan Benteng.

Mungkin jika saya teliti mengecek satu per satu, ada yang menderita serak atau suara parau, karena terlalu bergelora.

Namun begitu, pawai ini tidak hanya berisi soal sorak sampai serak, melainkan juga berisi berbagai hal-hal unik yang sengaja dibuat.

Mulai dari barisan mobil tua milik Volkswagen Combi 63, lalu mobil gagah JEEP CJ7, sampai barisan umbul-umbul peserta Asian Para Games 2018, yang ikut diarak ke tiap pos torch relay berada.

Baca Juga: Tarian nan Indah Sambut Obor Asian Para Games 2018 di Medan

Jika ditotal, ada 42 bendera yang dibawa dalam barisan pawai obor Asian Para Games 2018 kemarin. Mulai dari bendera Afganistan, Bahrain, Banglades, Brunei, Kamboja, China, Taiwan, Hong Kong, India, dan tentu Indonesia.

Selain itu sisanya adalah negara lain seperti Iran, Irak, Jepang, Jordania, Kazakhstan, Korea Selatan, Kuwait, Kirgistan, Laos, Lebanon, Makau, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Nepal, Korea Utara, Oman, Pakistan, Palestina, dan Filipina. Lalu Qatar, Arab Saudi, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, dan terakhir Vietnam.


Kegiatan Warga juga Semarak



Melihat bendera-bendera peserta Asian Para Games, membuat kepala saya cukup pusing akibat terlalu banyak. Saya pun mengalihkan perhatian ke kegiatan para warga di sekeliling pawai obor.

Ada yang mengikuti dengan berjalan kaki saja, ada juga bocah-bocah yang mengikuti dengan sepeda roda dua, sampai tidak sedikit yang masih berseragam dinas, maupun seragam sekolah. Luar biasa adalah kata yang tepat untuk menggambarkan semangat mereka.

Masyarakat begitu setia berpawai ria dari pos ke pos, mulai dari wilayah Lapangan Benteng ke Jalan Raden Saleh, lalu Jalan Merdeka ke Jalan Kereta Api, Jalan Masjid Raya ke Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso ke Jalan Pemuda, Jalan A. Yani ke Jalan Perdana Simpang Imam Bonjol, sampai kembali lagi ke Lapangan Benteng, tempat semula.

Tampak jelas, ada yang mengabadikan moment bersejarah ini lewat ingatan, dan adapula yang mengabadikan lewat lensa kamera. Ya, peristiwa semacam ini belum tentu terulang di masa yang akan datang.

Zainul Kahfi (tengah), membawa obor Asian Para Games 2018 di Medan, Sumatera Utara (dok: spesial)
Zainul Kahfi (tengah), membawa obor Asian Para Games 2018 di Medan, Sumatera Utara (dok: spesial)


"Tidak semua daerah, tidak semua kota, mendapatkan kehormatan seperti ini. Belum tentu 20 tahun yang akan datang, Kota Medan akan kedatangan obor spesial seperti ini," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.

Pawai Obor Asian Para Games 2018 Inspiring, Spirit, Sukses


Setelah dioper melewati 11 titik pos, obor pun sampai di Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Mendikbud Muhadjir Effendy, menjadi penyerah terakhir obor tersebut.

"INAPGOC Inspiring, INAPGOC Spirit, INAPGOC Sukses," begitu teriak Edy Rahmayadi, yang juga Ketua Umum PSSI, disambut sautan serupa para warga usai ia menerima api obor yang langsung disimpan dalam wadah khusus.

Panggung bertenda putih dengan layar digital canggih menjadi tempat berkumpulnya para orang penting pawai obor Asian Para Games 2018 ini. Mereka di antaranya, Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto, atlet tenis meja Bahder Johar Harahap, Walikota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S, M.SI dan juga Duta PBB Disabilitas, Sikdam Hasim.

Dari sekian banyak pidato, ada satu kata sambutan yang cukup melekat diingatan saya, yaitu perkataan Mendikbud Muhadjir Effendy. Ia menyinggung bahwa moment ini mungkin tak terulang 20 tahun ke depan di Medan, jadi nikmatilah.

"Karena itu kita (patut) bersyukur, mudah-mudahan dengan kehadiran obor semangat Asian Para Games 2018 dari Medan, Sumatera Utara, bisa jadi pupuk, memperkokoh semangat persatuan, persaudaraan, dan kerukunan juga kerja keras untuk seluruh rakyat Medan dan Sumatera Utara," lanjutnya saat berpidato di Lapangan Benteng, Medan, Minggu (23/9/2018).

Persatuan akan perbedaan menjadi satu hal yang terus ditonjolkan. Bahkan, tagline peletakan api obor Asian Para Games 2018 ini juga berisi soal semangat menghargai disabilitas.

Baik atlet, pemerintah, maupun masyarakat, baiknya turut meneriakkan semangat yang sama, dengan berjanji mendukung kompetisi Asian Para Games 2018.



Mengapa Belum Berakhir


Usai peletakkan Obor Asian Para Games 2018 telah usai di Medan, rupanya masih ada serangkaian kegiatan lain. Kegiatan itu tidak kalah serunya dibanding pawai obor yang telah berlangsung. Benak saya bertanya: "Mengapa belum berakhir?"

Rupanya panitia tak ingin hari ini berakhir begitu saja. Semua sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari, khusus menghibur masyarakat Medan.

Bayu Rahadian, sekjen INAPGOC, mengaku bangga dengan respon masyarakat Sumatera Utara khususnya Medan. Ia berterimakasih kepada banyak pihak yang tentunya mendukung acara ini, seperti Kemenpora, Kemendikbud, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dan lain-lain yang tak kalah pentingnya.

Semua dilakukan, kata Bayu, demi terselenggaranya Asian Para Games 2018 yang meriah. 

"Sukses prestasi, sukses administrasi, dan paling penting bagi kami, sukses legacy melalui semangat peduli disabilitas," kata Bayu.

Penyanyi papan atas, Sammy Simorangkir, hadir menghibur para pengunjung Asian Para Games Torch Relay 2018 di Lapangan Benteng hari itu. Tidak sendiri, Govinda Band pun juga rela bernyanyi untuk memeriahkan acara bersejarah ini.

Sulit menolak untuk tidak bernyanyi. Lagu-lagu Sammy yang sendu nan familiar, juga lagu Govinda Band yang seru ingin bergoyang, membuat para pengunjung tidak bisa diam.

Seluruh booth bazaar yang ada di Lapangan Benteng pun semakin laris dagangannya. Tidak sia-sia kata mereka, memasang booth di acara ini.

Acara pun berlangsung sampai malam. Keriangan terbagi, pecah, hingga sorak menjadi serak mungkin sudah biasa. 

Terpenting di balik semuanya, para atlet Asian Para Games 2018 dapat bertanding dengan semangat menggelora, dengan dukungan seluruh masyarakat Indonesia. Ayo dukung Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Bogor pada 6 hingga 13 Oktober.

Ada 18 cabang olahraga Asian Para Games 2018 yang ditandingkan. Apa saja cabang olarhaga itu? Berapa jumlah negara dan pesertanya? Ini daftarnya:

1. Atletik (39 negara, 714 atlet) 
2. Bulu tangkis (18, 156) 
3. Panahan (21, 128) 
4. Boccia (14, 83) 
5. Catur (10, 90) 
6. Balap sepeda (11, 60) 
7. Goal ball (10, 89) 
8. Judo (16, 113) 
9. Lawn ball (6, 54) 
10. Angkat berat (27, 166) 
11. Menembak (19, 109) 
12. Renang (26, 275) 
13. Boling (11, 134) 
14. Tenis meja (25, 253) 
15. Basket kursi roda (12, 190) 
16. Anggar duduk (10, 77) 
17. Voli duduk (10, 145) 
18. Tenis kursi roda (9, 52)


18 comments:

  1. Berutung ya Medan dilewati momen penting dan langka. Dan saya baru tahu lho kalau Asian Para Games ini ada pawai obornya juga.

    ReplyDelete
  2. Melihat foto dan videonya semarak dan gempita, senang rasanya...

    semoga para atlet dari Indonesia khususnya bisa membawa harum nama bangsa kita dengan prestasi terbaiknya ya. Amin...

    ReplyDelete
  3. ikut seneng saya liatnya, jadi merasakan ada disana juga hehehe

    ReplyDelete
  4. semarak sekali memang kalau saya lihat videonya, sayang saya nggak bisa lihat langsung...kalau deket mungkin saya bela2in kesana untuk melihat... event keren soalnya

    ReplyDelete
  5. kota yang pengen aku kunjungin nih medan. Ikut bangga juga kota ini jadi masuk daftar yang dilewati obor asian games ya

    ReplyDelete
  6. Wah meriah sekali ya 😊 tiap melihat cuplikan acara perayaan asian games saya selalu terharu dan bangga

    ReplyDelete
  7. kemarin juga waktu di Pontianak rame banget. Berasa banget keseruannya dan berharap ajang ini juga ngga kalah dengan Asian games. semoga Indonesia bisa menunjukkan sinarnya kembali. keren abis

    ReplyDelete
  8. Saya menanti pertandingann asian para games oktober nanti di Jakarta,sangat salut dengan para atlet nya. Pawai obor nya meriah banget yaa di Medan , antusiasnya luar biasaa...

    ReplyDelete
  9. Asian Games memang membangkitkan energi yang luar biasa ya, bersyukur negeri ini pernah menjadi tuan rumah

    ReplyDelete
  10. Nggak sabar nungguin Asian para games, berharap indonesia bisa jadi juara umum

    ReplyDelete
  11. Indonesia Para Games ini benar-benar ajang yang saya tunggu-tunggu karena dari mereka banyak pelajaran hidup yang bisa kita terima, meski dalam keterbatasan namun tetap mampu berprestasi. Salut!

    ReplyDelete
  12. Keren. Warga Medan juga antusias banget menyambut pesta olahraga ini ya? :D
    Moga penyelenggaraan Asian Para Games sesukses Asian Games.

    ReplyDelete
  13. Wow, turut bangga Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah dua event Olahraga se-Asia dan sukses. Horee..😁

    ReplyDelete
  14. Aku salut banget sama atlet Asian para games, mereka sungguh menginsapirasi dari keterbatasannya.

    ReplyDelete
  15. Sukses untuk para asian games yang akan bertanding, dan turut bangga karena Indonesia jadi tuan rumahnya

    ReplyDelete
  16. Masih terhanyut dalam eforia Asian Games, kini sudah Para Games, semoga eforia kebanggaan tidak luntur dan acara berjalan dengan lancar dan sukses

    ReplyDelete
  17. Dari mulai ASEAN GAMES samai ASEAN para games gak ada berhentinya ya serunya. Semoga ASEAN para games kali ini sukses dan Indonesia semakin cemerlang prestasinya.Aamiin

    ReplyDelete
  18. Semarak Asian games yang lalu masih menyisakan dihati..dane.berikan semangat bagi pecinta olah raga....

    Dan apa pun itu ..tetap bisa menjadi memperkokoh persatuan dan kebersamaan

    ReplyDelete

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!