Paruh Waktu, Penuh Waktu atau Pengusaha? - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

01 September 2018

Paruh Waktu, Penuh Waktu atau Pengusaha?


Media Baru juga Cerdas
Ilustasi (foto: cnet.com)
Bukan sebuah klise, pepatah “Hidup adalah Pilihan” pasti sudah akrab terdengar di telinga kita. Terjadinya masa depan yang gemilang, tentu didasari usaha yang besar, doa yang kuat dan juga pilihan yang tepat.

Setelah lulus sekolah atau kuliah, ada tiga hal yang membayangi untuk segera ditentukan, menjadi karyawan perusahaan atau pekerja kantoran, pekerja paruh waktu atau freelancer, atau justru menjadi pengusaha?

Memilih melanjutkan hidup sebagai karyawan di salah satu perusahaan yang keren dan ternama, memang suatu hal yang patut dibanggakan. Gaji yang mumpuni, jabatan yang pasti, work at office hour dan ruang kerja yang super nyaman. Tapi, apa benar ini adalah pilihan yang tepat?

Freelance Penuh Waktu atau Pengusaha?
source : Pinterest

Menjadi karyawan sudah otomatis menjadi seseorang yang bekerja dibawah perintah atasan. Tidak dapat membantah apalagi menolak. Hal itu bergulir setiap hari dan akan membuat hidupmu menjadi monoton.

Bosan?

Yap, itu sudah menjadi risiko pasti bagi karyawan kantoran. Situasi seperti ini akan membuatmu sukar dalam mengekplorasi diri. Ketekunan lebih dibutuhkan daripada ide kreatifmu.

Di sisi lain, freelancer juga menjadi pilihan banyak orang setelah lulus sekolah. Namun, menjadi freelancer juga bukan tanpa resiko.
- Mudah Menghasilkan Uang dari Internet Meski Anda Gaptek
Panduan Lolos Interview

Seorang freelancer bisa dikatakan tidak mempunyai kerja yang pasti, frekuensi kerja yang tidak menentu tentu akan berpengaruh kepada penghasilan, menjadi tidak tetap dan tidak ada kenaikan gaji.

Penghasilan freelancer bergantung kepada usaha dan kreativitas. Semakin banyak pekerjaan yang diambil dan semakin kreatifnya seorang freelancer, maka penghasilan akan semakin besar. Selain itu, jam kerja freelancer pun tidak menentu. Bisa lebih atau kurang dari delapan jam, bebas.

Tetapi, keuntungan menjadi freelancer pun tidak kalah menarik, asal fokus! Karena sesuai dengan namanya, free-mengindikasikan adanya kebebasan. Terutama dalam mengeksplorasi pemikiran dan ide.

Situasi sebagai seorang freelancer juga memungkinkan untuk bekerja di berbagai perusahaan dengan segala macam bidang, asal mampu!

Freelancer Penuh Waktu atau Pengusaha?
source : Pinterest

Pilihan terakhir yakni,  pengusaha muda. Dengan segala keuntungan yang menjanjikan, menjadi pengusaha juga memberikan segala risiko yang berat. Memperoleh pendapatan yang tidak pasti dan jam kerja yang panjang akan menjadi rutinitas yang dijalani sehari-hari. 

Sedangkan keuntungan memutuskan menjadi pengusaha muda pun tidak main-main. Peluang untuk menjadi seorang bos pun terbuka lebar, selain itu seluruh kemampuan dam potensi pun akan tereksplorasi dengan baik. Tidak hanya itu, jika usahanya sukses dan berhasil maka seorang pengusaha akan meraup penghasilan yang luar biasa lebih dari karyawan kantoran ataupun freelancer.

Jadi dari tiga pilihan di atas, akan menjadi apa kamu nanti? Putuskan sekarang, ya!

====================================================

Artikel ini ditulis oleh : Shintya Maharani 

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!