Sedikit Mengenang Gogon, "Life Must Gogon" - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

15 May 2018

Sedikit Mengenang Gogon, "Life Must Gogon"

Sempat mengeluh lemas sampai akhirnya dilarikan ke rumah sakit, pelawak Margono alias Gogon meninggal dunia pada Selasa (15/5/2018), pukul 05.00 di rumah Sakit Kota Bumi, Lampung.

Padahal ia baru saja manggung bersama penyanyi Didi Kempot, di Lampung, Senin (14/5/2018) kemarin.

Gogon memang memiliki riwayat sakit jantung, kata sahabatnya, Kadir. Namun selama ini, pria yang identik dengan rambut dan kumis nyentrik itu selalu menolak untuk dioperasi.

"Sakit jantung dia. Napasnya ngos-ngosan terus. Mestinya kan operasi, tapi nggak mau," katanya saat dihubungi Detik, Selasa (15/5/2018).

Kata Kadir, sahabatnya itu sudah sempat diperiksa dan dinyatakan ada penyumbatan jantung. Jika tidak cepat dipasangi ring (cincin), otot jantungnya kemungkinan besar rusak. Tapi tetap saja, Gogon menolak untuk dipasangi ring tanpa sebab yang jelas.

Sedikit Mengenang Gogon

martoart.wordpress.com
Tampil nyentrik dengan rambut irit dan tingkah kocaknya, Gogon memang kerap menghibur publik Indonesia dengan lawakan khasnya. Pria kelahiran Surakarta, 31 Desember 1960, itu selalu menghadirkan tawa baik tampil sendiri maupun bersama Srimulat.

Sejak bergabung bersama Srimulat pada 1970-an, Gogon seringkali bermain bersama Tarzan, Tessy, Timbul, Kadir, Nunung dan Doyok. Perjalanan karirnya terus meningkat hingga kerap tampil di TVRI dan sejumlah televisi swasta.

Gogon dengan baju garis jingga (foto: youtube.com)
Namun pada 22 Agustus 2007, Gogon kesandung masalah. Ia ditangkap polisi saat tengah menggunakan narkoba bersama perempuan yang menjadi pasangan hidupnya, Tri Kusni Handayani (37).  Ia baru keluar dari penjara pada 20 Maret 2010 lalu.

Meski sempat terjerat narkoba, kebaikan Gogon tak pernah dilupakan para sahabatnya. Salah satunya Doyok, yang mengaku dibantu bangkit oleh Gogon saat terpuruk karena narkoba.

Dilansir dari Kompas, Doyok menuturkan saat itu ia baru saja bebas dari penjara atas kasus penyalahgunaan narkoba. Gogon tiba-tiba menghubunginya untuk mengajak Doyok kembali melawak. 

"Gogon telepon. Ayok ikut saya ada acara di perusahaan kimia," kata Doyok saat dihubungi wartawan, Selasa (15/5/2018). 

Doyok yang belum percaya diri pun mencoba menolak tawaran Gogon. Tapi apa daya, paksaan Gogon begitu kuat terhadapnya. "Saya bilang gimana ngadepinya. Kata dia 'enggak apa-apa. Saya keluar duluan nanti tak panggil'," ucap Doyok. 

Saat itu, Doyok pun menangis sebelum naik panggung. "Gogon duluan baru saya keluar. Saya enggak ngelawak, tapi nangis dulu saya, semua standing, berdiri semua pejabat," katanya. 

Selesai manggung, Doyok pun memeluk Gogon. "Makasih ya Gon," imbuhnya. 

Doyok pun heran dengan kepergian Gogon, ia sangat sedih mengetahuinya. Tak hanya Doyok, seorang penulis dan pengisi acara 'Indonesia Lawak Klub', Maman Suherman, pun menceritakan kenangannya bersama Gogon.

Maman bercerita, suka ditraktir Gogon kopi dan pisang goreng. "Selamat jalan Mas Gogon, tak pernah kulupa kebaikanmu, traktiran kopi dan pisang goreng, saat saya menjadi jurnalis yg sering nongkrong di belakang panggung Srimulat di Taman Ria Senayan puluhan tahun lalu, bersama Mas Gepeng, Mas Asmuni, Mas Triman, Mas Polo, Mas Mamiek," kicau Maman, seperti dikutip tuminesia, Selasa (15/5/2018).

Life must Gogon kerap dijadikan meme oleh netizen (foto: pinterest.co.uk)

Untuk Diketahui

Jenazah almarhum Gogon 'Srimulat', akan dibawa dari Lampung ke Solo, Jawa Tengah hari ini Selasa (15/5/2018). Rencananya ia akan dikebumikan pada Selasa sore.

Sebelumnya, pada Senin (14/5/2018) kemarin, Gogon masih mengisi sebuah acara kampanye untuk salah seorang bupati setempat.

Baca Juga:  Biografi Stephen Hawking Telah Usai

Namun pada Selasa pagi, ia ditemukan pingsan di kamar hotel. Didi Kempot, yang turut mengisi kampanye bersama Gogon pun segera memanggil ambulan.

Gogon dibawa ke rumah sakit. Didi segera ke bandara. 

Setelah Didi di bandara, ia dapat kabar Gogon meninggal dunia. Akhirnya Didi membatalkan penerbangannya dan mundur jam 10 (pagi), untuk sekalian memastikan almarhum Gogon dibawa ke Solo.

Untuk kalian yang rindu Gogon, bisa tonton video berikut ini:


No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!