Logistik dan e-Commerce Berjodoh lewat Alfatrex - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

10 May 2018

Logistik dan e-Commerce Berjodoh lewat Alfatrex



Masalah sistem logistik Indonesia sangat kompleks. Berbagai faktor, mulai dari keragaman komoditas, luas wilayah, kondisi geografis, infrastruktur, dan sebagainya menjadi permasalahan serius jika negara ini ingin tetap hidup.

Semua itu semakin rumit karena Indonesia negara kepulauan.

Faktor lainnya pun bisa datang dari pihak-pihak terkait dengan berbagai kepentingan, seperti kementerian, instansi pusat, pemerintah daerah, BUMN, perusahaan swasta, dan lainnya.

Padahal logistik sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Kinerja logistik suatu negara dalam mendukung perdagangan, baik domestik maupun internasional, menjadi sangat penting kalau sudah begini.

Padahal tingkat pertumbuhan e-commerce di Indonesia begitu pesat sejak tahun lalu

Menurut penelitian Popescu dan Sipos (2014) tentang hubungan antara kinerja logistik dengan PDB (Produk Domestik Bruto) di 28 negara Uni Eropa, menunjukkan bahwa ada ikatan cukup kuat antara logistik dan PDB per kapita. 

Negara-negara dengan PDB per kapita yang rendah cenderung mempunyai kinerja logistik yang rendah dan masih memerlukan perbaikan pada aspek pembentuk kinerja logistik dalam LPI.

Sebelumnya, apasih logistik itu?

Logistik adalah bagian dari manajemen rantai pasok yang menangani arus barang, arus informasi, dan arus uang secara aman, efektif dan efisien.

Semua itu harus diawasi mulai dari titik asal sampai dengan titik tujuan melalui serangkaian proses pengadaan, penyimpanan, transportasi, distribusi dan pelayanan pengantaran sesuai dengan jenis, kualitas, jumlah, waktu dan tempat yang dikehendaki konsumen.

Rumit ya?

Simplenya logistik yang menjamin sampai atau tidaknya barang dari pengirim ke penerima. Namun tak bisa lepas pada hal-hal seperti pergudangan, manajemen inventori, penagihan, pengemasan, label, pengiriman, cash on delivery, hingga pembayaran.

Logistik Jodoh e-Commerce

Ilustrasi Logistik dan e-commerce (foto: mhlnews.com)


Apa maksudnya logistik jodoh e-commerce? Maksudnya, logistik bisa membantu e-commerce untuk berkembang, dan begitu pun sebaliknya.

Situs e-commerce yang saat ini semakin banyak, memudahkan masyarakat untuk meraih barang atau jasa tanpa perlu mengunjungi tempat penjualan barang atau jasa tersebut.

Konsumen cukup meng-klik untuk memilih barang, lalu klik lagi untuk memasukkan ke keranjang belanja, dan klik lagi untuk membayar. Setelah itu, pembeli harus memilih metode pengiriman, maka barang yang dipesan langsung diproses pengirimannya ke tempat tujuan.

Setelah itu, pemilik usaha akan memberikan tugas mengantarkan barang kepada perusahaan logistik, di sinilah letak keromantisan mereka berdua.

Namun pada kenyataaanya, banyak masalah dan kendala yang sering terjadi dalam proses romantis tersebut. Ketakutan seperti bagaimana jika pembayaran tidak terverifikasi, bagaimana jika barang yang dipesan rusak atau tidak sampai ke tangan konsumen, bagaimana jika masalahnya pada proses distribusi barang ke konsumen, bagaimana cara menanganinya, dan banyak lagi.

Pelaku e-commerce pun mulai panik karena barang tak kunjung sampai. Ia hanya bisa menjawab:

"Maaf bu, mungkin pihak logistiknya mengalami sejumlah kendala. Jika barang sudah dikirim, itu di luar kendali kami,"

Menurut Zaroni, dalam buku Logistik dan Supply Chain Management (2017), umumnya kegiatan inti dari logistik e-commerce mencakup:

1. Processing, meliputi aktivitas sortir dan cross–docking kiriman.

2. Transporting, meliputi transportasi kiriman baik transportasi dari dan antar processing center sebagai hub, dan dari processing center ke delivery center sebagai spoke.

3. Delivery, meliputi aktivitas pengantaran barang ke alamat tujuan penerima.

Untuk dapat meningkatkan kinerja tersebut, perusahaan e-commerce perlu menerapkan supply chain management karena inti dari logistik adalah transportasi dan pergudangan. Sementara untuk melakukan pemindahan barang atau kiriman dari satu titik asal ke titik tujuan kuncinya adalah: quality, cost, dan time.

Hingga akhirnya Alfatrex Hadir


Rumitnya permasalahan logistik tersebut, membuat Alfamart membentuk Alfatrex yang diresmikan pada Senin (7/5/2018) lalu. Dengan tiga semboyan utama yaitu kecepatan, ketepatan, dan terpercaya, Alfatrex ingin menjadi "jodoh" e-commerce dengan layanan logistiknya.

"Sekarang zamannya kolaborasi, sharing economy, dan transparansi," kata Bambang Setiawan, Direktur Alfamart, dalam sambutannya saat peresmian Alfatrex di SCBD De Pallas, Sudirman, Jakarta Pusat.

Para petinggi Alfamart bersama pasukan logistik Alfatrex (foto: istimewa)

Tak tanggung-tanggung, Alfatrex hadir dengan 4 keunggulan produk jasa logistik, seperti:

1. Same Day Service (SDS).

SDS adalah produk unggulan dari Alfatrex. Paket dijamin sampai ke tempat tujuan hanya kurang dari 15 jam.

2. Next Day Service (NDS)

NDS adalah produk unggulan ke dua dari Alfatrex. Bedanya, layanan ini menjamin barang sampai kurang dari 48 jam.

3. Reguler Service (RGS),

Produk ini menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan tarif terjangkau.

4. Economy Service (ECS)

Paket ini berfungsi bagi mereka yang ingin mengirim dalam jumlah besar.

Penjelasan lebih lengkap soal SDS, NDS, dan RGS


Dengan empat paket itu, Alfatrex yakin menjadi market leader. Hal ini karena mereka unggul dalam kejelasan tempat terima barang, yaitu 13.500 toko Alfamart di seluruh Indonesia. Sehingga pengiriman dari toko ke toko Alfamart (Store to Store) dapat berjalan dengan lancar.

Namun bukan berarti hanya dari toko ke toko, Alfatrex juga mempunyai layanan pengiriman lainnya seperti door to door, store to door, door to store.

Dengan semua keunggulan tersebut, Alfatrex yakin menjadi pilihan konsumen sesuai dengan apa yang dicanangkan Alfamart dalam program kerja tahun 2018: "Menangkan hati konsumen".

Mengutip kata Albert Einstein, yaitu "Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving,", begitu pun Alfamart tak mau ketinggalan transformasi era digital.

Dari lorong ini terlihat titik terang solusi permasalahan logistik Indonesia (foto: Instagram @Hotlasmora)


*Bagi kalian yang ingin menggunakan Alfatrex, bisa diunduh aplikasinya di Playstore atau di alfatrex.id. Setelah itu, kalian bisa memakai kode diskon ALFATREXLAUNCHING untuk mendapatkan gratis 3x ongkir untuk 1kg pertama.*





=====================
Sumber: Liputan, Kemenperin, Supply Chain Indonesia, Suara
Foto utama: transformingtransport.eu

3 comments:

  1. Karena suka belanja di alfamart jadi ngerasa banget layanan ini membantu..

    ReplyDelete
  2. produk dan service nya banyak banget ini alfatrex, beda banget dari yang lainnya, cinta banget euy sama alfatrex.

    ReplyDelete
  3. Technological advances in the past decade demand that your e-commerce business maximizes its presence on all social, web-based and mobile platforms.web traffic that works

    ReplyDelete

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!