"Ladang Basah" Dunia Creator Sticker LINE Indonesia - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

06 May 2018

"Ladang Basah" Dunia Creator Sticker LINE Indonesia

Stiker di aplikasi LINE memang sangat menggemaskan. Ada yang bentuknya aneh, lucu, mewakili perasaan, mewakili golongan, dan bahkan mewakili tren masa kini.

Tapi tahukah kamu, bahwa para pembuat sticker juga mendapatkan uang yang jumlahnya sangat menggemaskan?

Gemas ingin memilikinya, gemas ingin meraihnya, dan gemas-gemas-gemas karena sakin banyaknya. Selayaknya ladang basah, dunia creator sticker LINE rupanya cukup menjanjikan untuk panen keuntungan.

Mungkin rata-rata harga sticker di aplikasi LINE hanya sekira Rp2.000-Rp12.000, tapi dari harga semurah itulah para creator sticker LINE bisa sukses bukan main. Kata pihak LINE sendiri, ada yang bisa naik haji, beli rumah, wujudkan mimpi keliling Indonesia, dan lain-lain.

"Bisa menafkahi 15 karyawan lah," kata Faza Meonk, founder Pionicon Sticker dan creator karakter komik dan sticker Si Juki Hoki.

Faza Meonk (kanan) dan Ridlo (tengah) di acara LINE Crators Roadshow - Jakarta (5/5/2018)

Mari Tenggelam ke Dunia Creator Sticker


Fenomena suksesnya creator sticker LINE ini menjadi salah satu bukti berkembangnya industri kreatif di Indonesia. Memang sebelumnya, sudah banyak prediksi yang mengatakan bahwa industri kreatif adalah tulang punggung Indonesia di masa mendatang.

Industri kreatif sendiri ada banyak. Mulai dari iklan, game, musik, gambar, desain grafis, dan salah satunya sticker LINE ini.

Untuk itu, tuminesia.com akan mengajak kamu menyelami bagaimana para creator sticker LINE dapat meraup banyak keuntungan.

Dimulai dari Pendaftaran


Tahap paling awal yang "ya iyalah" harus dilakuin adalah daftar menjadi creator sticker LINE di: https://creator.line.me/id.

Saat mendaftar, kamu harus ingat ID dan Password akun LINE pribadi kamu. Karena kamu harus login menggunakan kedua itu.

Setelahnya, kamu harus ke account setting untuk mengisi tab basic information, email setting, dan transfer information untuk verifikasi.

Di kolom transfer information, kamu harus mengisinya dengan akun Paypal. Maka buat dulu di sini: https://www.paypal.com/id/webapps/mpp/account-selection.

Kalau tidak diisi, berarti jangan harap bisa sukses seperti bang Faza Meonk. Soalnya tab ini yang dilihat LINE untuk membayar kamu.

Setelah itu, kamu sudah bisa mengunggah sticker buatan kamu di tab New Submission - Sticker. Pada halaman ini, kamu wajib menjelaskan sticker kamu itu tipenya apa, judulnya, dan bahasanya apa. Jika sudah, verifikasi dan klik save.

Proses Verifikasi


Jika kamu sudah menggunggah sticker kamu. Pihak LINE di Jepang (pusatnya) akan menilai kelayakannya.

Adapun yang dinilai yaitu tidak menyinggung SARA, tidak mendukung LGBT, dan tidak vulgar (menggambarkan pacaran berlebihan).

Pihak LINE sendiri akan cukup ketat memberi penilaian tersebut. Bahkan, kata Ridlo, creator sticker Kirana The Happy Girl, di-reject itu hal biasa.

A post shared by d l o ! (@dlo.9o) on

"Reject itu wajar. Kalau saya sih, semakin di-reject semakin penasaran," kata Ridlo yang juga creator sticker Rhabbit 'n Kelly, Uncle Nohair, dan banyak lainnya di akun LINE: @dlo.90.

Proses verifikasi sendiri memakan waktu paling lama 2-3 minggu. Jika ditolak, bisa direvisi lagi layaknya skripsi.

Bagaimana cara membuat stickernya?

Kamu bisa secara manual maupun digital. Kalau secara manual, kamu bisa gambar di kertas lalu scan dan edit di Photoshop. Sementara untuk digital, kamu bisa menggunakan Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop langsung.

"Kalau bisa menggunakan drawing pad," kata Faza Meonk.

Atau kalu kamu bingung, kamu bisa ke situs LINE ini: KLIK. Atau nonton video ini:


Lalu apa yang membuat para creator sticker LINE survive bahkan sukses luar biasa?

Kuncinya marketing dan kreativitas.

Sebuah sticker tidak akan dibeli jika tak dipasarkan. "Tak kenal maka tak sayang" begitu mungkin istilahnya.

Para creator sticker LINE, harus cermat memasarkan karyanya. Berbagai cara bisa dilakukan seperti dijelaskan Ridlo dan Faza Meonk berikut ini:

1. Share di Sosial Media

Umumkan sticker kamu ke semua sosial media. Seperti Friendster kalau masih ada penghuninya.

Apalagi sekarang sudah ada LINE Square, tempat diskusi para penyuka hobi tertentu. Akan semakin mudah memasarkannya.

2. Giveaway

Kamu harus rela mengorbankan uang untuk membeli sticker-mu sendiri. Setelah dibeli, bagikan sticker itu sebagai hadiah ke teman-teman atau para influencer yang berpengaruh.

Kamu bisa mencari para endorse, artis, atau selebgram. Semuanya berpengaruh. Tinggal kamu mau yang mana.

3. Iklan tertarget

Beriklanlah di sejumlah sosial media, seperti Facebook dan lain-lain. Cari orang-orang yang sesuai dengan gaya sticker kamu.

Misal sticker kamu tentang boyband Korea, maka share sticker kamu di fanpage pecinta boyband Korea. Kalau sticker kamu soal ojek online, maka share di grup ojek online. Begitu seterusnya untuk sticker tema lainnya.

Targetnya pun harus spesifik. Misal anak SMA, maka harus lebih spesifik lagi anak SMA seperti apa. Mungkin anak SMA nakal, anak SMA alim, atau anak SMA labil.

Setelah semua itu direncakan, hitunglah biaya yang akan dikeluarkan. Jika terlalu berlebih, maka sortir sesuai kemampuan.

Jika iklan kamu berhasil, maka kemungkinan besar masuk 10 atau 20 besar sticker populer LINE. Kalau sudah begini kamu bisa tenang, karena pemasaran semakin mudah.

Untuk diketahui, Faza Meonk sendiri merelakan 100 sampai 150 stickernya untuk dibagikan secara gratis ke fanbase dan para influencer.

Jika ingin lebih mudah memasarkannya, kamu bisa bekerjasama dengan perusahaan tertentu atau orang tertentu. Misal seperti Ridlo yang bekerjasama dengan keluarga Kirana dan kitabisa.com.



Bagaimana jika kehabisan ide?


Caranya mudah. Kamu bisa melihat apa yang sedang tren belakangan di sekitar kamu atau media sosial. Jika sudah dapat, kamu bisa buat dalam bentuk sticker. Misal sticker kata-kata slang seperti: "Kuy" atau "Yakeles", dan lain-lain.

Kamu juga bisa melihat sticker-sticker top sebagai referensi. "ATM: Amati, Tiru, Modifikasi," kata Faza Meonk.

Namun yang terpenting dari semua itu ialah, bekerjalah dengan passion. Nikmati proses pembuatan stikernya, jelek tak mengapa, lama-lama akan bagus juga.

Tetap berstrategi dan jangan menyerah.

=========================

Untuk diketahui, LINE Indonesia sedang mengadakan kompetisi untuk para creator sticker. Siapapun bisa ikut, asal bisa membuat sticker bergerak dan sesuai syarat dan ketentuan.

4 pemenang berhak meraih trip ke Jepang, dan kalaupun tidak menang, ada gadget canggih yang juga menarik, seperti ponsel pintar dan drawing pad. Selengkapnya, baca di sini: https://linecreators.kumparan.com/

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!