Hal-hal Klasik saat Menyentuh Dunia Kerja - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

13 May 2018

Hal-hal Klasik saat Menyentuh Dunia Kerja

Umumnya setelah kuliah, seseorang ingin segera mendapatkan pekerjaan. Mungkin agar punya uang sendiri dan hidup mandiri, atau ingin menggapai mimpi.

ilustrasi (foto: hukumonline.com)


Tapi, apakah kalian tahu? 

Jika saat pertama kali kamu masuk dalam dunia kerja, ada beberapa hal klasik yang akan kamu rasakan. Mulai dari kebingungan, kesulitan, bahkan rasa tidak nyaman dalam bekerja.

Lebih lengkapnya, baca rangkuman tuminesia berikut ini:

1. Bingung Tentukan Nominal Gaji

Tampak tegang (foto: genmuda.com)

Bingung menentukan nominal gaji merupakan hal biasa yang dirasakan karyawan baru. Hal ini bisa terjadi karena minim pengalaman bahkan tak pernah bekerja.

Umumnya fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja hanya meminta gaji sesuai dengan UMR. Padahal jika kamu lulusan dari universitas negeri ternama, apalagi dengan IPK tinggi (cum laude), kamu berhak meminta gaji yang lebih tinggi. Untuk itu, jangan takut menentukan nominal ya kawan.


2. Gajian Pertama Terasa Sangat Lama

Hari pertama nih (foto: qerja.com)

Saat pertama kali masuk dunia kerja, tentu kamu tidak langsung mendapatkan gaji. Kamu harus bekerja dulu selama satu bulan, baru setelah itu menerima gaji di akhir bulan.

Pada saat pertama kali kamu masuk dunia kerja, satu bulan pertama ini akan terasa sangat lama dan melelahkan. Tapi kamu jangan patah semangat, pada akhirnya gaji itu akan datang dan ingat, jangan boros ya.

3. Jenuh dan Lelah jadi Karyawan Bergaji Rendah

Ilustrasi capek (foto: megancorker.com)
Selalu merasa kurang adalah sifat umum yang dimiliki setiap manusia. Hal ini juga akan kamu rasakan pada saat masuk dunia kerja.

Ada saat saat kamu mulai terbesit bagaimana caranya untuk dapat menghasilkan uang lebih, membangun bisnis sendiri dan berhenti bekerja. Jika sudah begini, jangan terlalu gegabah, pikirkan matang-matang untuk langkah selanjutnya.

4. Terpaksa Irit

Ilustrasi hitung-hitungan (foto: loop.co.id)
Ketika sudah merasakan sulitnya mencari uang, kamu akan lebih menghargai uang. Kamu akan mulai memikirkan bagaimana membagi gaji yang pas-pasan.

Mungkin, apa saja bisa kamu lakukan untuk mengirit pengeluaran itu. Mulai dari masak sendiri, mengurangi uang jajan, sampai yang paling parah: tinggal dikantor sendiri.


5. Minder dengan Teman yang Posisinya Lebih Tinggi


Ilustrasi terpuruk (foto: sidomi.com)

Hal ini sebetulnya menyesakkan jiwa. Tapi tenang, tidak sedikit yang mengalaminya.

Terkadang kamu akan merasa aneh jika ada beberapa temanmu yang baru masuk kerja tapi cepat naik jabatan. Apalagi dia mendapatkan gaji yang lebih besar dari kamu.

Jika sudah seperti ini, baiknya kamu bersabar dan percaya setiap orang punya jalan masing-masing dan waktu masing-masing. Sabar dan lakukan yang terbaik. 

Nah! itu dia 5 hal klasik yang bakal kamu rasain setelah menyentuh dunia kerja. Menurut kalian, apa lagi sih hal klasik yang bakal dirasakan seorang pekerja? Yuk saling berbagi dan komen dibawah.

=================

Artikel ini ditulis oleh kontributor: Ignatius Bimo

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!