Demi Berbagi Jaringan Dunia Maya 240 GB - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

01 May 2018

Demi Berbagi Jaringan Dunia Maya 240 GB

Udara masih begitu sejuk pada pagi pukul tujuh, Senin (30/4/2018). Namun saya sudah berpacu melawan waktu, menelusuri Ancol mencari Darmaga 10.

Jalanan nampak sepi, hanya ada tukang sapu dan sejumlah satpam berjaga diri. "Pak, Dermaga 10 di mana ya," tanya saya ke petugas kebersihan. Mungkin dia orang kesembilan yang saya tanyai hal serupa.

Tampak menahan tawa, bapak itu langsung mengarahkan saya "Lah ini dermaga 10"

Saya yang malu langsung memarkir motor dan bertemu rombongan Gerakan Donasi Kuota (GDK) yang katanya sejak pukul 6 pagi sudah di sana. Saya pun berkenalan dengan Hendra Dotulong, selaku Generan Manager Sales Operation XL Axiata Jabodetabek, dan sejumlah rekan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) lainnya.

Tanpa menunggu lama, kami pun segera masuk ke motorboat yang beberapa menit kemudian berangkat. Laut masih tenang dan saya bersama sejumlah wartawan sampai dengan selamat.

Rencananya, XL Axiata akan membagikan kuota ke SMAN 69 Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Mereka akan membantu pemerintah meningkatkan kualitas dan digitalisasi pendidikan melalui program Sisternet. Saya hadir di sini sebagai perwakilan tuminesia, untuk memberitakan niat baik mereka.

Kami pun disambut oleh sejumlah pihak sekolah, termasuk Kasudin Pendidikan Administrasi Kepulauan Seribu, Ade Yulia Narun; Sekretaris Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Eric Pahlevi Zakaria Lumbun; dan Kepala Sekolah SMAN 69, Sunaryo.

Ade Yulia Narun (paling kiri) dan Hendra Dotulong (paling kanan).
Sebuah ruangan kelas pun telah disiapkan untuk Gerakan Donasi Kuota (GDK) tersebut. Kali ini, ternyata XL Axiata bekerjasama dengan Wardah Cosmetics. Wajar saja, jika di sana ada Manager Public Relation Wardah Cosmetics, Suci Hendrina.
 
Mereka berkolaborasi untuk mengedukasi para guru, siswa, serta perwakilan dari sejumlah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Tujuannya untuk meningkatkan kualitas serta memperkuat kapasitas pendidikan di Kepulauan Seribu. 
 
SMAN 69 Terlihat lebih modern dibanding SMA saya dulu

"Kami sangat senang dapat turut mengambil bagian dalam program pengembangan infrastruktur di Kepulauan Seribu bersama XL Axiata. Dengan infrastruktur yang memadai, akses internet akan lebih merata, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi terkini. Hal tersebut selanjutnya akan berdampak positif pula pada kemajuan pendidikan di Indonesia," kata Suci Hendrina.

Pada kegiatan ini, XL Axiata melalui Sisternet bersama Wardah Cosmetics , memberikan sejumlah pelatihan. Antara lain Internet Bagi Guru, Komunikasi Efektif dalam Belajar dan Bagaimana bergaul secara positif di Sosial Media.

Penyerahan simbolis Gerakan Donasi Kuota

Hendra Dotulong mengatakan, "XL Axiata sejak awal berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan masyarakat untuk memasuki era digital,"

Adapun pembicara Komunikasi Efektif dalam Proses Belajar Mengajar diisi oleh Analisa Widyaningrum. Perempuan cantik lulusan psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, mampu menghipnotis para peserta untuk fokus menyerap materi yang dibawakan.

Analisa Widyaningrum mengajak para peserta Workshop sedikit bersenang-senang

Setelah itu, Wardah Fajri mengisi materi Internet Bantu Guru. Selama workshop berlangsung, para peserta juga dibekali perangkat digital berupa kartu perdana Sisternet yang telah dilengkapi dengan paket data internet serta fitur XL Tunai (e-Money).

Kuota 240 Gigabyte (GB)


SMAN 69 merupakan satu dari 9 sekolah dan 2 PKBM di Kepulauan Seribu yang juga mendapat bantuan terkoneksi ke dunia maya. Setiap sekolah penerima donasi mendapatkan kuota data sebesar 20 GB per bulan selama 12 bulan, yang jika ditotal, hasilnya sebesar 240 GB.

Tak hanya itu, setiap sekolah juga mendapatkan satu unit router XL Home berkecepatan tinggi yang dapat diakses 32 siswa. Dengan begitu, setiap sekolah tak perlu pusing soal keperluan koneksi internet. Sehingga kegiatan belajar dan mengajar dapat semakin variatif dan kekinian.

Adapun 9 sekolah itu ialah: 

1. SMPN 133 (Pulau Pramuka),
2. SMAN 69 (Pulau Pramuka),
3. SMPN 241 (Pulau Tidung),
4. SMKN 61 (Pulau Tidung),
5. SMPN 260 (Pulau Harapan),
6. SMPN 285 (Pulau Untung Jawa),
7. SMPN 288 (Pulau Lancang),
8. SMPN Satu Atap 01 (Pulau Pari),
9. SMPN Satu Atap 02 (Pulau Sabira).

Sementara PKBM masing-masing berada di Pulau Pramuka dan Pulau Untung Jawa.

Saat ini, di Kabupaten Kepulauan Seribu telah terpasang sedikitnya 19 BTS 3G dan 7 BTS 4G di sejumlah pulau. Adapun jaringan internet cepat 4G pertama kali dipasang di wilayah tersebut pada Juni 2017 lalu.

Untuk diketahui, sepanjang 2017 lalu XL Axiata sudah menyalurkan donasi akses internet ke 170 SMA/SMK di wilayah Jabodetabek dan Banten. Rencananya, menurut siaran pers yang diterima oleh tuminesia, XL Axiata akan kembali menyalurkan donasi kuota untuk 102 SMA/SMK di DKI Jakarta selama sebulan ke depan.

Sementara itu, secara nasional, donasi kuota telah disalurkan ke 280 sekolah yang manfaatnya bisa didapatkan oleh sekitar 122 ribu siswa.

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!