7 Cara Cepat Dapat Kerja versi Tuminesia - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

07 May 2018

7 Cara Cepat Dapat Kerja versi Tuminesia

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat lapangan pekerjaan semakin bervariatif. Namun bukan berarti perusahaan menjadi lebih royal memberi pekerjaan. Bahkan mereka jauh lebih spesifik mencari orang yang minimal bisa multitasking.

Hal ini tentu membuat banyak orang semakin sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Bukan hanya lulusan SMA atau sederajat saja, sarjana pun banyak yang menganggur dan tidak mendapatkan pekerjaan. Kalau sudah begitu, akan menjadi hal yang cukup memalukan jika seorang sarjana menganggur.

Ilustrasi pekerja senang (foto: rekrutmen.net)

Namun tenang, hal tersebut bukan karena kamu sial tinggal di zaman seperti sekarang. Jangan menangis ya.

Sebenarnya, perlu kamu camkan, penyebab kamu tidak mendapat pekerjaan adalah kurangnya niat mencari tahu. Kamu harus lebih berusaha dan jangan terlalu pemilih. Selama masih ada kesempatan, ambil saja, sambil belajar hal-hal baru.

Dengan kata lain: Jangan sombong kalau belum sukses.

Nah melihat masalah itu, tuminesia.com berusaha merangkum sejumlah cara terbaik agar kamu dapat pekerjaan. Kamu akan tahu bagaimana caranya supaya kamu bisa langsug bekerja. Yuk disimak:

1. Kirim Lamaran via Situs Pencari Kerja Online

Ilustrasi kirim CV (foto: lifestyle.kompas.com)

Hal ini adalah cara yang paling mudah nih guys, kita tahu bahwa sekarang ini banyak situs-situs yang memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan. Contohnya Jobs DB atau Jobs Street.

Nah kamu bisa kirim lamaran via online ke situs-situs tersebut. Kirim yang banyak berdasarkan kriteria kamu. Dari 10 yang kamu lamar, pasti ada aja yang manggil untuk interview.

2. Latihan Interview


Doi lagi latihan interview kayaknya (foto: gaya.tempo.co)

Setelah melamar, maka kamu akan di-interview atau diwawancara. Tahap ini merupakan salah satu yang berbahaya, karena banyak salah bicara sehingga tak diterima kerja.

Tapi pada dasarnya, semua tergantung ke sikap dan kepercayaan diri kalian. Berpikirlah visioner, karena perusahaan mau pekerja yang punya visi dan misi.

Tidak perlu takut dianggap tidak setia kalau misalnya target kamu 2 tahun keluar dari perusahaan dan pergi keliling Indonesia. Karena justru, dengan kamu jujur mau pergi ke mana, perusahaan bisa mempersiapkan siapa penggantimu kelak.

Untuk lolos sesi interview pun bisa dipelajari. Sekarang sudah ada Youtube dan Google, gudangnya tips-tips.

Kamu bisa berlatih menghadapi para HRD. Jadi baiknya kalian lihat video-video tutorial dan mempraktikannya sebelum interview.

3. Mengikuti Event Job Fair.


Antre panjang juga (foto: juragancipir.com)


Semakin banyaknya perusahaan baru, maka semakin banyak event job fair. Itulah yang terjadi saat ini. Perusahaan-perusahaan start up mulai bermunculan di Indonesia, maka ikutilah kabar dari mereka, salah satunya lewat job fair.

Pastinya tempat ini sangat potensial bagi kamu yang ingin segera mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, karena mereka butuh para tenaga-tenaga segar. Di zaman ini, para pemudalah yang bersuara. Contoh Lazada, yang CEO dan CMO-nya saja para pemuda usia 25-an. Jadi jangan minder meskipun kalian baru lulus kuliah.

4. Perluas Relasi


Asik banget mereka, kita tak diajak (foto: mamikos.com)
Jangan malu malu menanyakan informasi lowongan pekerjaan ke teman-teman kamu. Selain itu, jangan takut berkenalan dengan orang-orang baru.

Bisa jadi ditempat mereka bekerja masih butuh karyawan. Dengan begitu, kamu bisa direkomendasikan oleh teman kamu untuk dipekerjakan. Kalau kami prediksi, peluang masuk kamu bisa sampai 80% jika sudah memiliki relasi yang kuat.

5. Buat CV yang Informatif



Contoh CV keren (foto: cvkreatif.wordpress.com)
Jangan membuat CV yang asal-asalan dan tidak rapih, karena hal ini akan membuat HRD malas untuk membacanya. Jangan juga menulis CV terlalu panjang, karena sebenarnya HRD juga tidak punya waktu untuk membaca dongeng kamu.

Tulis saja hal-hal yang bersifat informatif tentang diri kamu dan yang berkaitan dengan lowongan yang kamu lamar.

Serta yang paling penting! 

Tulis tentang apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan. Contohnya: “Saya harap kemampuan marketing saya dapat berguna bagi perusahaan Anda”.

Cara ini menurut kami sangat ampuh. Jadi jangan lupa tulis ya.

6. Latih Bahasa Inggris Kamu


Jackie Chan pusing (foto: terjemahinggrisindonesia.com)
Kemampuan bahasa Inggris telah menjadi pertimbangan penting perusahaan-perusahaan saat ini. Mengingat mulai semakin pesatnya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), maka kamu harus bisa bersaing dengan pekerja-pekerja dari luar negeri juga. Jika kamu sudah menguasai Bahasa Inggris, ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi kamu.


7. Jangan Terlalu Pemilih



Ilustrasi calon pekerja milih-milih (foto: rijal09.com)
Sekali lagi kami ingatkan, jangan terlalu pemilih. Jika kamu ingin cepat mendapatkan pekerjaan, cobalah lamar di mana saja yang kira-kira bisa kamu kerjakan. Manfaatkan semua lowongan yang ada, dan lakukan yang terbaik. Dijamin, kesuksesan menantimu di masa depan.

Oke, manfaatkan 7 cara tersebut ya sobat. Tetap berusaha, jangan merasa diri paling menderita. Semangat, setiap orang punya rezekinya masing-masing.


==============

Artikel ini ditulis oleh: Ignatius Bimo

4 comments:

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!