Lelaki Perlu Tes Kesehatan Sesuai Usianya - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

16 April 2018

Lelaki Perlu Tes Kesehatan Sesuai Usianya

Kesehatan bisa dibilang sebagai hal yang paling penting dalam menjalani kehidupan. Jika sakit, hidup pasti tidak produktif. Dalam hal ini, tuminesia ingin membahas soal kesehatan lelaki.

Penting bagi lelaki untuk selalu mengecek kesehatannya secara berkala ke dokter, karena punya tanggung jawab yang cukup krusial dalam keluarga. Lebih baik berjaga-jaga daripada sakit lebih parah nantinya.

Bukan menakut-nakuti, tapi dengan deteksi dini, beberapa penyakit bisa jadi lebih mudah disembuhkan atau dicegah. Apalagi mengingat gaya hidup pria yang cenderung kurang sehat jika dibanding wanita.

Melansir dari Health, lelaki sebaiknya melakukan beberapa tes kesehatan yang sesuai faktor usia dan risikonya. Apa saja tes itu? Baca penjelasannya di bawah ini:

Tes Diabetes untuk Lelaki >45

Ilustrasi tes kadar gula darah (sumber: adusehat.com)

Jika Anda pria berusia di atas 45 tahun dan memiliki berat badan berlebih, maka tes glukosa plasma atau tes A1C adalah ide yang bagus. Melakukan salah satu dari dua tes tersebut berguna untuk mengetahui setinggi apa kadar glukosa di dalam darah.

Jika hasilnya tinggi, maka bisa jadi tubuh Anda menunjukkan penyakit diabetes.

Tes Kolestrol untuk Lelaki >20

Tes kadar kolesterol (sumber foto: familydoctor.org)

American Heart Association mengecek kolestrolnya setiap empat sampai enam tahun sekali setelah mereka berusia 20 tahun.

“Pria memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi secara keseluruhan daripada wanita. Dan kolestrol tinggi seringkali menjadi faktor penyebab penyakit itu,” kata Dr Polsley.

Kolestrol sendiri diukur dengan tes darah. Umumnya, tes ini akan mengukur tingkat kolestrol total, yakni kolestrol HDL (kolestrol baik), kolestrol LDL (kolestrol jahat), dan trigliserida (lemak lainnya)

Tes Tekanan Darah untuk Lelaki >40

Ilustrasi tes tekanan darah (sumber: thestar.com.my)


Sama halnya dengan kolestrol tinggi, tekanan darah seringkali merupakan kondisi gejalanya tak terlihat. Karena tidak memiliki gejala, penting sekali bagi lelaki untuk mengecek tekanan darah ke dokter secara berkala.

Terutama bagi lelaki yang berusia lebih dari 40 tahun. Bahkan, Dr Polsley menyarankan agar memeriksa tekanan darah dimulai pada usia 18 tahun.

Tes Prostat

Ilustrasi cek kanker prostat (sumber: doganhastanesi.com)

Kanker prostat adalah kanker yang paling umum ditemukan pada pria Amerika seelah kanker kulit. Kanker ini cenderung tumbuh lamban, tetapi ada juga tipe yang agresif dan cepat membesar.

Dengan memeriksa penyakit ini lebih awal sebelum gejala berkembang, pengobatannya akan menjadi lebih efektif ke depannya.

Tes Kolonoskopi untuk Lelaki >50

Ilustrasi cek kolonoskopi (sumber: merdeka.com)

Semua pria berusia 50 tahun ke atas harus melakukan pemeriksaan kolonoskopi untuk mencegah datangnya kanker usus yang lebih serius. Namun hal ini menjadi wajib bagi pria yang memiliki riwayat keluarga penyakit kanker usus.

Meskipun pemeriksaan ini tergolong menyeramkan, karena harus memasukkan kamera kecil ke dalam anus, Dr Polsley mengatakan jika itu tidak seburuk yang terdengar. Justru dengan mengetahui penyakit ini lebih awal maka pengobatannya bisa lebih efektif.

Tes IMS untuk Lelaki >50

Ilustrasi tes laboratorium (sumber: klikdokter.com)

Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah seorang lelaki mengidap hepatitis C atau tidak. Dr Polsley sangat meganjurkan tes ini bagi pria, khususnya yang berusia lebih dari 50  tahun, terlepas dari faktor risiko.

“Percaya atau tidak, ada banyak kasus hepatitis C di luar sana di mana orang tidak memiliki gejala,” kata Dr Polsley. Maka dari itu, memeriksa IMS adalah sesuatu yang sangat dianjurkan bagi Anda.



Sumber: Health 

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!