Indonesia Bidik Pasar Amerika untuk Produk dan Wisata Halal - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

20 April 2018

Indonesia Bidik Pasar Amerika untuk Produk dan Wisata Halal

Ada berita peristiwa dari Chicago -  KJRI Chicago menggelar pameran bertajuk I Heart Halal, demi membidik pasar Amerika Serikat (AS). Indonesia menargetkan produk dan wisata halal Indonesia semakin dikenal negeri Paman Sam tersebut.

KJRI Chicago menggelar pameran itu di Chicago, kota dengan penduduk Muslim terbesar setelah New York dan Detroit. Salah satu produk khas Indonesia yang dipamerkan berasal dari Sumatera Barat.

Tak tanggung-tanggung, Gubernur Sumbar pun langsung mengirim rendang, keripik balado dan sugon dari Padang. 

Pengunjung melihat produk asal Indonesia. (Foto: Dok. KJRI Chicago)

Konjen RI untuk Chicago, Rosmalawati Chalid, mengatakan masyarakat Muslim dan non Muslim AS semakin sadar pentingnya mengkonsumsi makanan halal yang sesuai dengan Hukum Islam. Meski memang, segmen pasar produk halal masih lebih kecil dibandingkan dengan produk organik dan kosher.

Baca Juga: UNESCO Pilih Ciletuh Pelabuhanratu Jadi Global Geopark 

"Produk-produk halal Indonesia yang dipromosikan di acara ini sudah dijual di sejumlah supermarket besar di Chicago dan online seperti indomie, keripik kentang, ubi, singkong dan talas, permen, biskuit, dan lain sebagainya termasuk batik," kata Konjen Rosmalawati dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/4/2018).

Menurutnya, jika melihat animo pengunjung pameran terhadap produk halal Indonesia, Indonesia tidak akan kalah saing dengan produk negara lainnya.

Wisata Halal Juga

Tak hanya produk halal asli Indonesia, Konjen Rosmalawati juga mempromosikan keunggulan wisata halal Indonesia. Promosi dilakukan melalui diskusi panel yang dihadiri oleh sekitar 150 orang.

Wisata halal Indonesia ini mengedepankan pariwisata ramah untuk keluarga muslim dengan mengunggulkan layanan makanan bersertifikat halal. Selain itu juga toilet yang ramah dengan adanya air, fasilitas ibadah, dan layanan objek pariwisata yang kondusif.



Berbagai paket wisata ke Sumbar, Aceh dan Lombok serta paket wisata lainnya dibagikan kepada pengunjung stand Indonesia. Menurut Rosmalawati, banyak pengunjung yang terkesan dengan adanya wisata halal di Indonesia.

Untuk diketahui, Indonesia telah naik peringkat menjadi ke-2 tahun ini dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) Ranking. Indonesia berhasil menggeser Malaysia yang kini menempati posisi ke-3.

Adapun GMTI Ranking merupakan indeks paling komprehensif untuk mengukur kualitas dan kuantitas wisata halal di berbagai negara.

Baca Juga: E-Commerce 2027 Menjatuhkan Ritel 

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!