Youtube-Wikipedia Melawan Teori Konspirasi - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

14 March 2018

Youtube-Wikipedia Melawan Teori Konspirasi

Dalam beberapa pekan mendatang, Youtube segera memperkenalkan tool baru yang dapat melawan teori konspirasi. Perusahaan yang 'lebih dari TV itu' merangkul Wikipedia untuk mewujudkannya.

Teori Konspirasi
Gambar: ulamasedunia.org

CEO YouTube, Susan Wojcicki, mengatakan pihaknya akan menambahkan teks fakta dari Wikipedia pada video-video teori konspirasi. Biasanya, video konspirasi itu tentang kejadian-kejadian pendaratan di bulan dan bumi datar.

Youtube Wikipedia melawan Teori Konspirasi
Mendarat di bulan
Video-video yang memaparkan kejadian-kejadian umum akan disertai kotak teks yang terhubung langsung dengan pihak ketiga termasuk Wikipedia. Sebelum menentukan kebijakan ini, YouTube telah memantau selama berbulan-bulan untuk membuktikan keberadaan informasi menyesatkan.

“Tujuan kami dimulai dengan daftar konspirasi dalam internet, dimana ada banyak diskusi aktif,” ujar Wojcicki dalam konferensi South by Southwest di Austin, Texas, seperti dikutip Tuminesia dari Bloomberg, Rabu (14/3/2018).

Menurutnya, ini merupakan langkah terbaru yang diupayakan situs video Google tersebut untuk menghentikan penyebaran informasi yang keliru (misinformasi).

“Fitur-fitur ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang,” terang juru bicara tersebut dalam sebuah email.

Youtube dan Wikipedia melawan Konspirasi
Logo Youtube dan Wikipedia (gambar: www.extension.zone)

Untuk diketahui, sebuah video konspirasi kembali muncul baru-baru ini. Video itu mengangkat sebuah teori konspirasi tentang penembakan sekolah di Parkland, Florida.

Sialnya, video itu menjadi trending teratas di Youtube selama beberapa jam. Tapi akhirnya, Youtube berhasil menghapusnya.

2 comments:

  1. Kedua platform ini seakan ketakutan aib Amerika terbongkar, terutama soal bumi itu bulat. Padahal banyak bukti yang menyatakan bahwa bumi itu datar bahkan sejak dulu.

    Youtube semakin berlebihan. Sementara Wikipedia, sudah jelas tidak bisa dipercaya sejak dulu karena bisa diubah oleh orang-orang. Hanya bermodalkan bahasa ilmiah dan fakta buatan yang dikemas meyakinkan, maka teori gila pun muncul di sana. Miris

    ReplyDelete
  2. Bila masa pula BUMI ini menjadi datar? hehe ... lihat sahaja BULAN, lihat sahaja planet2 dan bintang2 lain, semuanya BULAT, satu pun tak ada yang DATAR.

    Dan paling JELAS, lihat sahaja BAYANG BUMI pada bulan. Kalau bumi ini datar tak akan menjadi BAYANG sebegitu kerana bumi ini berpusing pada paksinya.

    Bumi datar hanyalah PROPAGANDA barat untuk mencari cara memburukkan Al-Quran. Wallahu a'lam :-)

    ReplyDelete

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!