BPK-Blogger Bersinergi untuk Pertama Kalinya - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

16 March 2018

BPK-Blogger Bersinergi untuk Pertama Kalinya

Kemarin, 15 Maret 2018, Tuminesia berkesempatan meliput acara Kumpul Blogger yang digelar Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Acara ini menjadi tanda dimulainya sinergi BPK dengan para blogger untuk pertama kalinya.

Ketua BPK membuka Kumpul Blogger
Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara, membuka acara dengan memukul gong


Dengan tema "Blogger Kawal Harta Negara", para blogger diharapkan dapat membantu BPK dalam mengawal harta negara. Semua ini dilakukan demi mewujudkan kesejahteraan rakyat yang lebih baik.

Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara, mengatakan bahwa pihaknya tak dapat berjalan sendiri mengawal harta negara yang besar jumlahnya. Untuk itu, BPK butuh bantuan para blogger.

"Tulisan dari para blogger ini bisa menjadi salah satu sumber informasi dan inspirasi bagi seluruh masyarakat," ujar Moermahadi, dalam sambutannya di Auditorium Kantor Pusat BPK, Jakarta.


Pengumuman Lomba Blog BPK


Dalam acara kumpul blogger tersebut, juga diumumkan pemenang Kompetisi Penulisan Blog soal BPK RI yang digelar sejak akhir 2017. Ada lima orang yang berhasil menjuarai lomba tersebut.

Juara pertama diraih oleh Alexander Arie, dengan tulisan berjudul "BPK Kawal Harta Negara dengan mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara". Sementara juara kedua adalah Yesi Hendriyani Suparto, dengan tulisan "Peran Generasi Milenial Kawal Harta Negara".

Adapun juara ketiga dan favorit pertama diborong Lalu Alfian Rifa'i. Pria asal Lombok ini menulis artikel yang dipadukan komik dengan judul "Ikut berpartisipasi mau bantu BPK Kawal Harta Negara!".

para pemenang lomba blog BPK
Para pemenang bersama juri dan pihak BPK

Sisanya, juara favorit kedua oleh Bayu Satria Utama dengan tulisan "Tantangan Era Diskripsi: SIPADU membangun Kolaborasi Masyarakat dan BPK Kawal Harta Negara" dan juara favorit ketiga, Saiful Rijal Yunus dengan tulisan berjudul "Harta, Tahta, dan BPK".

Para pemenang tersebut berhasil menjelaskan tentang peran dan kiprah BPK dalam mengawal harta negara. Penghargaan diberikan oleh Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara, yang sangat berterimakasih atas partisipasi para blogger.

Ada 315 Peserta


Meski baru digelar pertama kali oleh BPK, peserta lomba blog mereka sudah mencapai 315 orang. Para juri sampai pusing menyaring tulisan para peserta hingga tersisa 241 orang.

Adapun para juri terdiri dari Hery Trianto (Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Uni Lubis (Pemimpin Redaksi IDN Times), Roso Daras (Wartawan Senior), Aulia Halimatussadiah (Blogger & Chief Content Zetta Media), serta Gunarwanto (Kepala Direktorat Litbang BPK), memiliki kriteria penilaian tersendiri.

Suasana kumpul blogger di auditorium BPK
Suasana Kumpul Blogger di Auditorium BPK

Mereka menyeleksi dengan melihat kesesuaian tulisan dengan tema dan pemahaman penulis tentang BPK serta validitasnya. Selain itu juga kedalaman pesan tulisan dan dampaknya bagi publik.

Gaya penyajian bahasa, struktur, dan grafis juga dipertimbangkan. Hingga tersisa 20 nominator dan terpilih enam tulisan unggul. Para peserta yang aktif menulis di blog juga diutamakan. Apalagi yang punya pembaca aktif, semakin bagus.

Sebelumnya


BPK menggelar kompetisi menulis via blog dengan total hadiah Rp35 juta. Lomba diperuntukan kepada para pelajar, mahasiswa, umum, dan wartawan dengan tema utama BPK Kawal Harta Negara.

Tema tersebut dipecah menjadi 3 subtema, yaitu:

- Peran BPK dalam Mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara

- Peran Serta Masyarakat dalam Mengawal Harta Negara

- BPK dan Kesejahteraan Rakyat

Peserta cukup menuliskan artikelnya ke blog pribadi dengan ketentuan panjang artikel minimal 500 kata. Kemudian link artikel tersebut didaftarkan ke BPK sebagai peserta lomba menulis dan dikirimkan ke hubunganlnp@bpk.go.id.

Adapun rincian hadiahnya sebagai berikut:

- Juara I berhadiah Rp10.000.000

- Juara II berhadiah Rp7.500.000

- Juara III berhadiah Rp5.000.000

- 3 Juara Favorit masing-masing mendapatkan hadiah Rp2.500.000

Bagi yang belum menang, jangan kecil hati. Sementara yang belum ikutan, jangan takut! Lakukan yang terbaik meski kamu tahu kamu akan kalah.


Hotlas Mora bersama Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara
Saya (kanan) bersama ketua BPK (kiri)

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!