Pemprov DKI Bersiap Demi Perayaan Nyepi - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

12 March 2018

Pemprov DKI Bersiap Demi Perayaan Nyepi

Ada 4 tahapan Nyepi yang disiapkan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Setiap tahapan itu saling terkait satu sama lain.

Untuk mewujudkan itu, Pemprov DKI telah membentuk Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi. Mereka akan berusaha mewujudkan keempat tahapan tersebut.

Perayaan Nyepi DKI
Ilustrasi (foto: mytravellicious)
Adapun tahapan pertama, menurut siaran pers yang diterima Minggu (11/3/2018), yaitu penyelenggaraan prosesi Melasti atau upacara penyucian diri (Bhuana Alit).

Melasti dilaksanakan sebelum Nyepi, dipusatkan di Pura Segara Cilincing, Jakarta Utara, pada 11 Maret 2018 dari pukul 11.00 WIB sampai selesai. Diperkirakan, proses Melasti diikuti sekitar 5.000 umat Hindu dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Sementara tahapan kedua, penyelenggaraan prosesi Tawur Kesanga atau upacara penyucian semesta (Bhuana Agung), dilaksanakan sehari sebelum Nyepi tepatnya pada 16 Maret 2018.  Tawur Kesanga dipusatkan di Pura Aditya Jaya Rawamangun, Jakarta Timur, dari pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Tahapan ketiga, adalah puncak kegiatan yaitu Nyepi. Untuk diketahui, Nyepi akan jatuh pada 17  Pemprov DKI telah memben tuk Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi. Mereka akan berusaha mewujudkan keempat tahapan tersebut.Maret 2018. Adapun kegiatan Nyepi bertujuan untuk renungan, kilas balik, evaluasi, introspeksi, dan retrospeksi.

Keempat, tahapan Ngembak Geni yang jatuh pada sehari setelah Nyepi atau tepatnya 18 Maret 2018. Acara ini dilaksanakan dengan bertemu sanak keluarga untuk saling memaafkan (silaturahmi).

Demi semua itu, Pemprov DKI Jakarta memberikan dukungan penuh dengan menyiapkan bantuan aspek kesehatan seperti tenaga medis dan ambulans selama acara berlangsung. Selain itu, untuk mendukung kelancaran akses jalan raya, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan merekayasa lalu lintas.

Sementara di sisi lain, Bank Indonesia sedang menyiapkan uang kas senilai Rp5,8 triliun untuk disalurkan ke perbankan selama perayaan Nyepi di Bali yang jatuh pada Sabtu (17/3/2018). Hal ini bertujuan untuk mengakomodasi perputaran uang selama perayaan Nyepi di Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali, Causa Iman Karana, mengatakan jumlah uang kas yang disiapkan ini nilainya dua kali lipat dari pengeluaran Nyepi pada tahun lalu yang hanya sebanyak Rp2,7 triliun.

"Selain untuk konsumsi rumah tangga selama Nyepi, kita juga sediakan dua kali lipat sebagai antisipasi proyek-proyek infrastruktur jelang IMF," katanya pada pekan lalu.



Sumber: Bisnis

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!