Mari Ketahui Apa itu 'Hamil Anggur' Sebenarnya - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

10 March 2018

Mari Ketahui Apa itu 'Hamil Anggur' Sebenarnya

Pasti pernah mendengar kasus tentang “Hamil Anggur” atau kehamilan yang gagal, kan? Sebenarnya hamil anggur hanyalah istilah untuk kehamilan yang tumbuh secara tidak normal dan janin hanya bertahan sampai sebesar anggur.

Adapun kasus ini disebut sebagai Kehamilan Molar.



npr.org
 
Kehamilan molar adalah kehamilan yang terjadi pada saat sel telur yang telah dibuahi tidak tumbuh dengan normal. Kehamilan molar dapat terjadi ketika muncul masalah tertentu di kromosom pada sel telur yang telah dibuahi. 

Pada kehamilan normal, sel telur yang dibuahi mengandung 23 kromosom dari pria dan 23 kromosom dari perempuan. Namun, di kehamilan molar hal ini tidak terjadi. Sel telur yang telah dibuahi mengandung kromosom dari pria namun tidak dari perempuan.


Kehamilan molar tidak mengandung embrio, kantung ketuban atau jaringan plasenta yang normal. Kasus kehamilan molar sebenarnya jarang terjadi yakni hanya 1 dari setiap 1000 kehamilan. 

Kehamilan molar dalam dunia medis Indonesia disebut mola hidatidosa.

Gejala yang ditampilkan oleh kehamilan molar ini serupa dengan kehamilan biasa. Pada beberapa kasus, kehamilan molar baru dapat diketahui setelah usia kandungan mencapai 14 minggu dengan pemeriksaan rutin. 




hanakomama.jpg

Hal yang harus dilakukan jika mengalami kasus ini ialah melakukan operasi pengangkatan jaringan abnormal tersebut. Rahim harus menjadi bersih kembali, karena jika masih terdapat jaringan yang tertinggal dan dapat berkembang, maka akan menimbulkan penyakit baru yakni Gestational Trophoblastic Disease (GTD) --kehamilan abnormal yang mengandung tumor ganas.

Jadi sudah tahu ya apa arti dan penjelasan dari hamil anggur. Bukan berarti mengandung buah anggur lho, ya! Hehe..

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!