Ada Mudik Gratis dari Kemenhub bagi Pengendara Motor - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

28 March 2018

Ada Mudik Gratis dari Kemenhub bagi Pengendara Motor

Kementeriaan Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan program mudik gratis lewat transportasi darat dan laut. Jika tahun lalu hanya melalui darat (berupa bus) kini calon pemudik yang memiliki kendaraan bermotor juga bisa menikmati mudik gratis menggunakan kapal laut.


Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menuturkan adanya peningkatan kuota penumpang dari tahun sebelumnya. Tahun lalu 46 ribu orang, tahun ini naik menjadi 87 ribu.  Hal serupa juga terjadi pada total pengguna motor yang akan diangkut, dari 19 ribu, sekarang menjadi 39 ribu.

"Kita ingin ngajak masyarakat itu mudik bareng gratis dari pemerintah," - kata Budi Karya Sumadi, seperti diliput Tuminesia, saat launching mudik gratis hari pertama di Stasiun Besar Jakarta Kota, Minggu siang (25/3/2018) lalu.

Berdasarkan data Kemenhub, terdapat 3.150 unit motor yang diangkut dengan truk melalui program mudik gratis ini. Sedangkan yang akan diangkut dengan bus dalam program ini adalah 50.850 orang.

Moda kapal penyeberangan pun disiapkan. Tersedia Kapal Ro-Ro (Roll On Roll Off) pada tiga lintasan yaitu, Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Lampung.

Kuota sepeda motor dalam program mudik gratis pemerintah dengan moda angkutan kapal Ro-Ro itu ialah 3.000 unit. Sedangkan kuota untuk penumpang ialah 6000 orang.

Gratis Mudik dari Kemenhub bagi Pengendara Motor
gambar http://mudikgratis.dephub.go.id/

Adapun di program mudik gratis dengan moda angkutan kapal laut, tersedia kuota untuk 30.400 penumpang. Sementara untuk sepeda motor, tersedia kuota 15.200 unit. Jumlah kuota itu naik 5-6 kali lipat dibanding tahun lalu.

Program mudik gratis tersebut tersedia untuk rute Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang PP. Untuk arus mudik, keberangkatan pada 9-13 Juni 2018 dan untuk arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas keberangkatan pada 18-22 Juni 2018.

Untuk program mudik gratis 2018, Kemenhub menganggarkan sekitar Rp90 miliar. Rinciannya, Rp36 milyar untuk angkutan darat, Rp34 milyar untuk angkutan laut dan Rp20 miliar untuk angkutan kereta.

"Bagi saudara-saudara kita yang ingin pulang, ini disediakan mudik gratis," ajak Budi, saat launching mudik gratis yang dihadiri juga oleh Dirjen Transportasi Darat, Laut, Udara, dan Dirjen Kereta Api.

Bagaimana Cara Daftarnya?


Dinas Perhubungan membagi alur pendaftaran menjadi dua bagian, Dirjen Transportasi Darat dan Laut. Pendaftaran dibuka melalui dua alternatif, offline dan online.

Pendaftaran online dibuka sejak 25 Maret sampai 19 Mei 2018 melalui website http://mudikgratis.dephub.go.id/. Sedangkan pendaftaran offline sudah dibuka sejak 20 Maret sampai 31 Mei 2018.

Para calon pemudik dapat mengunjungi tim mobile offline di spot-spot berikut :
[ ] Kemenhub Jakarta
[ ] Dishub Kota Bogor
[ ] Dishub Kota Depok
[ ] Dishub Kabupaten Tangerang
[ ] Dishub Kabupaten Bekasi

Jadwal pemberangkatan moda transportasi laut dimulai dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta-Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 9 - 13 Juni 2018.

Selengkapnya bisa lihat atau unduh gambar-gambar berikut ini:

Mudik Gratis dari Kemenhub bagi Pengendara Motor
Foto: dokumentasi kontributor tuminesia.com (Fitratun Komariah)

Mudik Gratis dari Kemenhub bagi Pengendara Motor
Foto: dokumentasi kontributor tuminesia.com (Fitratun Komariah)

Mudik Gratis dari Kemenhub bagi Pengendara Motor
Foto: dokumentasi kontributor tuminesia.com (Fitratun Komariah)

Info Tambahan, Makanan Gratis Saat Launching


Saat acara pembukaan hari pertama Mudik Gratis 2018, 25 Maret 2018 lalu, Dinas Perhubungan juga menyuguhkan berbagai aneka makanan dan minuman pedagang kaki lima yang berjualan di stasiun Kota. Makanan dan minuman itu disajikan gratis dan ditujukan kepada warga.


Paara pengamen jalanan juga diajak meramaikan pembukaan acara ini. Menhub Budi Karya sempat memainkan sejumlah lagu bersama mereka. "Saya berjanji, kalau nyanyi selalu diiringi mereka, supaya kelihatan bagus," ucap Budi.



Berita ini hasil liputan: Fitratun Komariah.

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!