Dua Sisi Akibat Nonton Film Horor - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

31 March 2018

Dua Sisi Akibat Nonton Film Horor

Film bergenre horor selalu mendapat perhatian tersendiri di hati penggemarnya. Walaupun kental dengan adegan yang bisa bikin jantung terasa ingin lepas, tak bisa mengelak bahwa sensasi itulah yang dicari-cari penikmatnya.

Dua Sisi Film Horor
Ilustrasi (foto: Bloody Disgusting)


Melansir dari WebMD, Profesor Komunikasi Glenn Sparks mempelajari dampak dari film horor pada fisiologi orang yang menontonnya. Hasilnya, professor asal Purdue University tersebut menjabarkan bahwa saat menonton film horor, denyut jantung akan meningkat 15 kali per menit, suhu tubuh turun beberapa derajat, otot menegang, dan tekanan darah meningkat.

Lantas dari penjelasan yang telah disebutkan di atas, apakah menonton film horor memberi pengaruh yang baik bagi kesehatan? Ataukah buruk?

Sebuah penelitian telah dilakukan untuk mengetahui dampak menonton film horor. Penelitian ini berhasil menyimpulkan dua sisi film horor, yakni dampak positif dan sebagian lain membawa efek negatif. Mau tahu lebih jelasnya? Berikut ulasannya:

Dimulai dari manfaat menonton film horor



  • Meningkatkan Aktivitas Otak


Menonton film bergenre horor ternyata bisa meningkatkan aktivitas kerja otak. Hal ini karena otak menghasilkan senyawa kimia, seperti dopamine, serotonin, dan glutamat. Hormon tersebut dianggap bagus karena memang hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya saja serotonin yang berfungsi sebagai perasaan nyaman dan senang.

  • Meluapkan Emosi


Saat sedang stress akan suatu hal, tubuh selalu mencari pelampiasan agar bisa menemukan kesenangan kembali. Salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan menonton film horor. Mengapa? Sebab saat adegan menyeramkan tengah berlangsung maka akan selalu berakhir dengan kejutan yang bisa bikin mulut berteriak histeris. Nah, momen itulah yang tidak bisa dilewatkan untuk meluapkan emosi.

  • Membakar Kalori


Berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of Westminster menunjukkan bahwa menonton film horor dapat membakar kalori yang ada di tubuh. Hal ini disebabkan karena hormon adrenalin yang dikeluarkan saat menonton film horor meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Dengan begitu, energi yang tersimpan di dalam tubuh jadi lebih cepat terbakar. Dipercaya bahwa menonton film horor selama 90 menit dapat membakar 113 kalori.

Baca juga: Horor Indonesia Sejak 1934

Lalu, apa bahayanya? Berikut bahaya menonton film horor



  • Meningkatkan Risiko Jantung


Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung, lebih baik berhati-hati dalam menonton film horor. Sebab, saat tubuh merasa ketakutan maka hormon adrenalin menjadi meningkat. Hal ini justru membuat pembuluh darah menyempit. Dengan demikian, kerja jantung menjadi lebih ekstra dalam memompa darah.

  • Takut Dunia Gaib

Agama menganjurkan agar setiap orang tidak memusatkan perhatian kepada hal-hal yang gaib atau mahluk halus. Dengan banyaknya film-film bertemakan rumah hantu atau orang yang kerasukan, penonton seakan-akan dijejali dengan pikiran yang mendewakan hal-hal seperti itu. Pikiran itu bisa berdampak buruk dan mendesak pikiran-pikiran positif. Hal inilah yang akan memengaruhi kehidupan penontonnya.

  • Hati Jadi Keras

Memang bukan film horor yang menciptakan pembunuh berantai seperti Ted Bundy. Namun tidak dapat disangkal bahwa film-film horor seperti Chainsaw Masacre atau film zombie yang penuh darah itu membuat orang terbiasa melihat kekerasan di layar lebar. Film seperti ini dapat mengilhami orang berbuat kekerasan yang serupa.

Mungkin dari semua manfaat baik atau buruk di atas Anda bisa mempertimbangkan lagi untuk menonton horor. Bijaklah akan tontonan Anda, agar tak mudah terpengaruh fiksi yang dibuat hanya untuk hiburan.



Artikel ini karya kontributor Tuminesia.com: Maharani Putri S


Sumber: Keluarga

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!