Ada 7 Faktor Prematur yang Wajib Diketahui - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

10 March 2018

Ada 7 Faktor Prematur yang Wajib Diketahui

Banyak orang bilang bahwa kelahiran prematur adalah kelahiran dalam waktu yang tidak normal dengan risiko yang sangat riskan. Namun, sedikit yang tahu penyebab dari masalah ini.

Untuk diketahui, kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi tiga minggu atau lebih sebelum waktu kelahiran normal. Pada kondisi normal, kelahiran akan berlansung setelah kandungan mencapai usia 40 minggu atau 9 bulan 10 hari.



imferblog.com
 
Pada minggu terakhir kehamilan, terdapat proses yang subtansial pada pertumbuhan janin, khususnya otak dan paru-paru. Oleh karena itu, bayi yang terlanjur lahir secara prematur harus ditangani oleh medis secara lebih intensif dan harus dirawat di rumah sakit lebih lama dari bayi dengan persalinan sesuai waktu normal.

Lalu, apasih penyebab kelahiran prematur? Berikut ini, Tuminesia telah merangkum tujuh faktor kelahiran prematur, yuk ketahui:

1. Banyak pikiran

Mengalami stres atau banyak pikiran selama masa kehamilan akan membuat peluang proses kelahiran prematur lebih besar. Untuk itu, pada proses kehamilan dibutuhkan ketenangan dan pemikiran positif demi lancarnya proses kehamilan yang normal.

2.  Mengonsumsi obat-obatan

Segala sesuatu atau makanan yang masuk ke dalam tubuh pada masa kehamilan sangat penting untuk diperhatikan. Sangat tidak dianjurkan ibu hamil mengonsumsi alkohol dan narkoba. Selain menjadi faktor kelahiran prematur, hal ini juga sangat berbahaya dan berisiko untuk ibu dan janin yang di kandung.

3. Gangguan kesehatan

Mama yang mempunyai penyakit pada saat hamil juga bisa menjadi faktor dari kelahiran prematur seperti mempunyai tekanan darah tinggi atau diabetes.

4. Jeda waktu yang singkat

Jeda kehamilan yang sangat singkat dari kehamilan sebelumnya juga menyebabkan kelahiran prematur.

5. Sering merokok

Seperti yang diketahui, rokok memang berbahaya bagi siapapun yang mengonsumsinya bahkan hanya sekadar menghirup asapnya. Sering merokok baik sebelum maupun saat hamil akan menganggu kesehatan janin dan menyebabkan adanya kelahiran prematur.

6. Terlilit tali pusar

Jika bayi dalam rahim mengalami kondisi terlilit tali pusar, maka mau tidak mau harus segera dilahirkan. Karena jika sampai terlambat, maka bayi tidak dapat menerima asupan makanan sehat dan mengalami sulit bernafas. Kelahiran prematur dilakukan untuk menyelamatkan nyawa sang bayi dan risiko kesehatan bagi ibunya.

7. Kehamilan bayi kembar

Mengandung bayi kembar juga berpotensi untuk melahirkan secara prematur. Kondisi ini membuat rahim merenggang lebih lebar daripada kehamilan tunggal. Hal ini tentu akan menyakitkan bagi ibu jika terus dibiarkan. Maka, kelahiran prematur adalah cara untuk menyelamatkan bayi dan juga kesehatan ibunya.





americanpregnancy.com

Untuk bayi yang dilahirkan secara prematur, biasanya dokter akan memberikan aturan dan pedoman perawatan yang lebih detail untuk sang bayi. Hal ini bertujuan agar bayi dapat berkembang dengan normal dan sehat. 

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!