Cara Mengurangi Buruknya Dampak Polusi - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

02 March 2018

Cara Mengurangi Buruknya Dampak Polusi

Mengurangi dampak polusi perlu dilakukan demi kesehatan bumi mapupun tubuh Anda. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengurangi dampak polusi udara yang lengkap dengan zat-zat kontaminan berbahayanya.

Ilustrasi (foto: hindustantimes.com)
Jika Anda mau tahu dampaknya? Baca artikel berjudul Bejalanlah di Tengah Polusi Udara ini (klik). Polusi akan mengancam tubuh Anda, bahkan saat Anda berjalan-jalan 'sehat' di tengahnya.

Polusi sendiri tidak hanya pada udara. Melainkan juga polusi air, polusi lingkungan, dan suara. Semua polusi punya bahanya masing-masing.

Bahaya-bahaya itu membuat Tuminesia ingin merangkum sejumlah cara untuk Anda. Cara yang cukup baik untuk mengurangi dampak polusi itu sendiri. Berikut cara-caranya:

1. Gunakan Kendaraan Umum

Berhenti menggunakan kendaraan pribadi adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan. Dengan begitu, Anda telah berperan dalam mengurangi polusi udara.

Anda bisa memanfaatkan bus, kereta, atau ojek online untuk bepergian. Semua transportasi itu dapat membantu Anda untuk tidak menyumbang emisi karbon ke bumi.

Transjakarta (foto: agunkzscreamo.blogspot.com)
Dengan menggunakan kendaraan umum, Anda tidak perlu repot-repot lagi memerhatikan jalan. Saat seperti ini bisa dimanfaatkan untuk membaca, mengikuti berita terbaru, atau bersantai memperhatikan jalan.

Namun jika cara ini begitu berat untuk dilakukan, paling tidak perhatikanlah kondisi kendaraan Anda. Ganti oli setiap tiga bulan sekali dan ganti penyaring bahan bakar. Wujudkan rekomendasi yang sesuai untuk kendaraan Anda. Dengan begitu, Anda juga berperan mengurangi emisi karbon kendaraan Anda.

2. Jangan Sering Order Makanan

Ilustrasi (foto: BundaAsraf.com)

Dengan mengorder makanan, seorang kurir harus mengantarkan pesanan Anda. Ia harus menempuh jarak yang cukup jauh hanya untuk memberi Anda makan. Kurir masa kini pasti menggunakan kendaraan bermotor, yang berarti akan berkontribusi memperburuk polusi.

Jadi cobalah masak sendiri, atau paling tidak, beli di warung terdekat. Anda bisa makan di tempat-tempat nikmat seperti warung tegal, warung nasi padang, dan warung-warung nasi lainnya.

3. Pilih Energi Ramah Lingkungan


Padamkan lampu dan aliran listrik jika memang tidak digunakan. Lakukan hal-hal kecil yang bisa menghemat energi listrik Anda.

Ilustrasi (foto: wikiHow)

Anda bisa melakukannya dengan memilih lampu yang hemat energi, tidak sering menonton televisi, atau menggunakan satu soket listrik. Untuk diketahui, satu soket listrik dapat mempermudah Anda untuk mematikan aliran listrik karena tinggal sekali klik. Namun begitu, tetaplah perhatikan seberapa besar alirannya agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan.

4. Beli Barang Bekas

Ilustrasi (foto: malesbanget.com)

Satu cara yang jarang dilakukan untuk mengurangi dampak polusi yaitu membeli barang-barang bekas. Dengan membeli barang bekas, Anda membantu mengurangi permintaan bahan baru untuk produksi. Selain itu, harganya pun murah, Anda bisa menghemat keuangan karenanya.

Periksalah toko loak, mebel bekas, dan perabot bekas di dekat rumah, dan cek iklan-iklan lokal untuk menemukan barang-barang bekas tersebut. Belilah barang yang bisa digunakan kembali. Banyak limbah yang dihasilkan dari cangkir, piring, perabot, dan kotak-kotak makanan yang dibuang.

5. Pilih Produk Berkemasan Mini

Styrofoam (foto: classroom.synonym.com)
Dengan memilih produk yang kemasannya mini atau kecil, Anda telah mengurangi dampak sampah. Kalaupun harus menggunakan kemasan besar, hindari penggunaan styrofoam yang sulit didaur ulang. Kemasan jenis ini punya kontribusi besar terhadap polusi melalui pelepasan hidrokarbon.

6. Ajak Orang-Orang untuk Ikut Mengurangi Polusi

Setelah Anda mengetahui dampak polusi dan bagaimana caranya, langkah baik selanjutnya adalah mengajak orang lain untuk mengurangi polusi juga. Semakin banyak orang yang paham dampak polusi, semakin besar kesempatan untuk mewujudkan lingkungan yang lebih sehat.


Ilustrasi (foto: fanpop.com)
Perbanyak pengetahuan Anda soal polusi lewat buku-buku di perpustakaan, internet, diskusi-diskusi atau seminar. Dengan begitu, Anda akan semakin mantap untuk membincangkannya dengan orang-orang di sekitar Anda.

Setiap orang dapat bertindak menjaga kebersihan lingkungan. Gulunglah lengan baju Anda, lalu bersihkan sampah-sampah di sekitar Anda. Bumi ini indah, maka jangan rusak dengan polusi-polusi yang dipaksa ada.

 

Sumber: WikiHow

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!