Bincang Bareng Jocelyn Valencia, Sukses Muda itu Bisa - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

26 March 2018

Bincang Bareng Jocelyn Valencia, Sukses Muda itu Bisa

Jocelyn Valencia, remaja perempuan yang masih duduk di bangku SMA. Tidak hanya duduk, ia juga belajar dan memikirkan kesibukan lainnya menjadi presenter TV hingga MC di berbagai acara.

Jocelyn Valencia (foto Instagram @jocelynv_1)

Tuminesia berkesempatan berbincang dengan remaja inspiratif ini. Ia begitu ramah dan terlihat ceria dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kami.

Kemampuan komunikasinya yang di atas rata-rata anak remaja, mampu membuat suasana wawancara ini menjadi lebih berwarna. Berikut hasil wawancaranya:

Mengapa Jocelyn memilih broadcasting?

"Aku memilih broadcasting karena kupikir bahwa memang inilah duniaku. Aku adalah orang yang ‘talkative’. Aku pikir, kenapa aku tidak menggunakan kecerewetan itu untuk berbagi sesuatu yang positif dengan orang-orang lain,"

Bagi kamu, broadcasting itu sepenting apa sih?

"Bagi aku sendiri, broadcasting itu ibaratkan garpu dengan sendok. Jika mereka tidak digunakan bersamaan, mereka tidak akan lengkap. Sama halnya denganku, jika aku lepas dari dunia broadcasting aku merasa ada sesuatu yang kurang dalam diriku."





Asik tidak, berkecimpung di dunia broadcasting?

"Broadcasting sendiri menurutku asik. Dan di dunia inilah seseorang dapat bersosialisasi dengan baik. Ilmu yang dipelajari disini merupakan dasar bagi setiap orang, dalam bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari."

Selama berkarir sebagai presenter dan MC, pernah tampil di mana saja?

"Pernah di hotel-hotel, mall seperti Ciputra, Pakuwon, BG Junction, Marvell City, dan lain-lain. Biasanya juga nge-MC di acara-acara gereja. Selain itu, sebagai presenter aku pernah di TVRI acara Xpresi Kabaret, dan BBS TV, acara Teenizen Journalism. Selebihnya kunjungan-kunjungan seperti ke DJfm, Metro TV, dan SBO."

Kamu kan masih muda, gak minder dengan presenter-presenter usia 20-an yang juga sedang merintis karirnya seperti kamu?

"Kalau rasa minder nggak ada sih, soalnya aku sendiri membangun mindset, bahwa meskipun umur kitaa masih kecil, kita sama aja kaya mereka yang sama-sama ngerintis karir. Kemarin aku dapat partner yang usia nyaa 37 tahun. Jauh banget sama aku, tapi dari sana aku juga bisa lebih banyak pengalaman, ngobrol-ngobrol kenal sama orang yang jauh lebih dewasa"


Selain broadcasting, kamu kan juga mendalami dunia jurnalistik nih, mengapa kamu mau bergerak di bidang jurnalistik? 

"Kalau bergerak di bidang jurnalistik, soalnya aku suka aja menulis, buat-buat kalimat yang ada majas dan lain-lain. Selain itu aku juga banyak dapat nasehat, kalau MC atau Presenter juga butuh pengetahuan luas. Dari membaca atau pun menulis”

Jadi, kamu mendalami dunia jurnalistik karena rasa ingin tahu kamu yang tinggi?

"Iya, biasanya aku langsung cari-cari di Google informasi-informasi yang buat aku penasaran,"

Kamu kan masih muda, apasih rahasianya bisa sesukses ini?

"Walaupun masih muda, kita juga bisa menjadi orang yang sukses. Aku percaya, setiap pemuda memiliki potensi yang mengagumkan. Potensi itu harus dilatih sebaik-baiknya, sekonsisten-konsistennya. Aku sendiri mengetahui potensiku ketika join di sebuah ekstrakurikuler ‘ bidang ‘broadcasting’ kelas 4 SD"




Joe, ada tips dari kamu gak untuk anak-anak muda di Indonesia?

"Jangan berada di zona nyaman. Masa muda baiknya dimanfaatkan untuk melangkah ke luar dan menghadapi setiap tantangan.

Tantangan itu layaknya latihan yang bisa melatih mental dan kesiapan untuk meraih mimpi. Harus yakin bahwa tak ada hasil yang mengkhianati kerja keras.

Janganlah berpangku tangan. Lakukan hal-hal positif yang dapat membuat masa depan kalian cerah! Jika tidak sekarang, kapan lagi?

Kita adalah generasi penerus bangsa. Di tahun 2030 nantinya, pastikan bahwa kita lah yang berperan penting bagi Indonesia."

Mengapa 2030?

"Seperti yang kita tahu bahwa semakin maju dunia, maka dampak-dampak negatif dari luar juga akan semakin bermunculan. Kita harus siap dengan berbagai perubahan yang terjadi.

Untuk itu sebagai anak-anak Muda yang nantinya akan memimpin di tahun tersebut, kita harus bisa bersikap selektif dan tetap mengharumkan nama Indonesia melalui kelebihan didalam diri kita."

Baca juga: Menjawab Indonesia Bubar tahun 2030

1 comment:

  1. Paket lengkap nih, udah cantik berbakat lagi.. hehe

    ReplyDelete

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!